6 Manfaat Bengkoang yang Penting bagi Kesehatan yang perlu Anda Ketahui!

Manfaat Bengkoang yang Penting bagi Kesehatan yang perlu Anda Ketahui! - Bengkuang atau Bengkoang adalah salah satu tanaman yang ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, manfaat kesehatan Bengkoang juga tidak sedikit, mulai dari memperlancar pencernaan, menurunkan risiko kanker hingga menjaga kesehatan jantung dan otak. 

Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan


Manfaat Bengkoang bagi Kesehatan

Bengkoang (Pachyrhizus spp) dikenal luas oleh masyarakat Indonesia sebagai campuran Rujak. Selain Rujak, Bengkoang juga enak saat dikonsumsi langsung. Selain rasanya yang menyegarkan karena mengandung banyak air, Bengkoang juga memiliki banyak manfaat kesehatan.  

Kandungan Nutrisi Bengkoang  


Bengkoang terkenal dengan kandungan seratnya yang cukup melimpah. Setiap 100 gram kano mengandung sekitar 4,9-5 gram serat dan sekitar 40 kalori. Jumlah serat ini sesuai dengan 10-15% dari kebutuhan serat harian orang dewasa.  

Selain serat, ada sejumlah nutrisi lain yang dimiliki Bengkoang yang juga penting bagi kesehatan Anda. Di bawah ini adalah beberapa nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram kano: Vitamin C: 20 mg Protein: 0,7 gram Karbohidrat: 8,8 gram kalsium: 12 gram magnesium: 12 gram kalium: 200 mg Fosfor: 18 mg seng: 0,16 mg  

Selain beberapa nutrisi di atas, bengkoang juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan zat besi dalam jumlah kecil. Ketahui Manfaat Kesehatan Yang Berbeda dari Bengkoang  

Berbagai nutrisi yang sudah disebutkan membuat Bengkoang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut adalah 6 manfaat Bengkoang yang penting bagi kesehatan tubuh: 

1. Menjaga kesehatan jantung  


Kandungan serat di Bengkoang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan serat yang cukup dapat menghambat penyerapan dan mengurangi jumlah kolesterol, sehingga baik untuk mengatasi kolesterol tinggi.  

Efek dari pengurangan kolesterol ini dapat mencegah pembentukan plak atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung. 

2. Pencernaan yang lembut  


Salah satu manfaat utama bengkoang adalah inisiasi pencernaan. Karena serat di Bengkoang dapat melembutkan tinja dan bergerak dengan mudah melalui saluran pencernaan.  

Selain serat, nutrisi lain yang terkandung dalam Bengkoang yang juga berguna untuk memulai sistem pencernaan adalah air dan inulin. Menurut penelitian, kandungan inulin di Bengkoang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar sebesar 31% jika mengalami sembelit.

3. Mencegah dehidrasi  


Seperti yang dijelaskan di awal, Bengkoang kaya akan kandungan air. Sekitar 85% air terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi bengkoang tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sehingga Anda diselamatkan dari dehidrasi. 

4. Mengurangi risiko kanker  


Menurut penelitian, paparan sejumlah besar radikal bebas meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kesehatan yang serius seperti diabetes dan kanker.  

Bengkoang mengandung antioksidan seperti vitamin C, yang berperan dalam menangkal paparan radikal bebas. Selain bertahan melawan radikal bebas, kandungan vitamin C di Bengkoang juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian tidak membuat Anda mudah sakit. 

5. Meningkatkan fungsi otak  


Meski dalam jumlah kecil, kandungan vitamin B6 di Bengkoang terbukti menjadi manfaat kesehatan yang besar. Vitamin ini dapat membantu otak dan saraf bekerja lebih baik. Vitamin B6 juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.  

Selain itu, kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari Bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah di otak. 

6. Menurunkan berat badan  


Jika Anda melakukan program penurunan berat badan, Anda bisa menambahkan Bengkoang ke menu diet Anda. Alasan untuk ini adalah bahwa kandungan kalori di Bengkoang relatif rendah, yaitu hanya sekitar 40 kalori per 100 gram.  

Dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi, Anda juga bisa merasa kenyang lebih lama. Efek ini membuat Bengkoang dianggap baik untuk menurunkan berat badan.  


Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, tanaman umbi ini juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin. Namun, kelebihan dari game ini masih perlu dieksplorasi lebih lanjut.  

Bengkoang memang bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak. Namun, penting untuk diingat untuk memilih Bengkoang berkualitas tinggi dan memastikan bahwa Bengkoang telah dikupas dan dibersihkan dengan sempurna sehingga bersih dan aman untuk dikonsumsi.  

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli diet sehingga Anda bisa mendapatkan petunjuk yang tepat jika Ingin memasukkan Bengkoang dalam menu hari itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel