4 Keuntungan Melakukan Deposito yang Perlu Anda Ketahui!

Keuntungan Melakukan Deposito - Tabungan rakyat memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Salah satu jenis produk tabungan yang aman dan paling populer di negara Indonesia adalah deposito.

Deposito adalah sebuah produk perbankan yang berisiko cukup kecil dan hanya dapat ditarik pada waktu tertentu. Meskipun hal ini tidak dapat ditarik secara bebas atau semaunya, deposito juga menawarkan jumlah pengembalian yang lebih tinggi daripada jenis tabungan biasa.

Keuntungan Melakukan Deposito

Keuntungan Melakukan Deposito

Bahkan ada beberapa jenis deposito yang mulai dari deposito berjangka, panggilan, rollover otomatis dan sertifikat deposito. Adapun untuk perbedaan dalam setiap jenis deposit biasanya terletak pada waktu dan kemungkinan pengumpulan dan melakukan deposit itu sendiri.

Manfaat Menanam Uang dalam Sistem Deposito

Ketika kita ingin berinvestasi, tentu kenyamanan dan risikolah yang menjadi faktor utama dan hal ini perlu dipertimbangkan. Jika Anda ingin berinvestasi namun ternyata caranya salah maka alih-alih tidak bisa menghasilkan keuntungan, bahkan dalam hal ini Anda benar-benar akan bisa rugi.

Oleh karena itu, dengan adanya deposito ini bisa menjadi pilihan  Anda apalagi jenis ini yang paling cocok untuk produk sebuah investasi. Bagi pemula biasanya dengan investasi diluar ini akan berisiko tinggi. Menginvestasikan uang dalam deposito memiliki potensi untuk memberikan berbagai manfaat. Apa kelebihannya? mari silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Suku Bunganya Relatif Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan jenis tabungan biasa, maka deposito mampu menghasilkan suku bunga yang lebih tinggi (return) atau keuntungan. Jumlah bunganya ini tergantung pada periode dan di mana Anda itu melakukan deposito.

Kelebihannya lagi adalah Anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan dana Anda! Karena semua kerugian bukan tanggung jawab Anda, tetapi menjadi tanggung jawab pada Lembaga Penjamin Simpanan.

2. Risiko Kerugian Lebih Kecil

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi, sebaiknya jangan takut untuk mencobanya. Karena Anda bisa mencoba dengan deposito yang memiliki risiko lebih rendah dibandingkan investasi lain seperti jual beli saham atau obligasi.

Tidak seperti investasi ekuitas, deposito menjanjikan bunga yang pasti akan Anda terima di masa depan. Anda juga tidak perlu terus memantau pergerakan harga seperti investasi saham, dalam hal ini anda hanya butuh deposit sebanyak-banyaknya sesuai dengan ketentuan.

3. Keamanan Uang yang Diamankan

Jika Anda menghemat banyak uang dan menyimpannya di rumah, Anda pasti akan gelisah dan tidak aman. Nah, Anda bisa mencoba menyimpan uang Anda di bank dengan memilih atau menggunakan produk investasi deposito.

Keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi, karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Seperti pepatah "baris sekali, dua tiga pulau menyeberang", menyimpan deposito aman dari kejahatan dan pada saat yang sama menerima suku bunga tinggi.

4. Kemudahan Akses

Apalai seperti di masa pandemi ini, dengan deposito menjadi lebih mudah dan mudah. Bahkan saatt ini ada beberapa bank telah mempermudah pelanggan mereka untuk melakukan setoran online. Jika Anda hanya mengandalkan Internet, Anda sudah bisa melakukan deposit melalui internet banking atau aplikasi Mobile Banking. Sederhana, bukan?

Selain itu, bunga dari hasil deposit juga sangat mudah untuk membayar Anda. Anda tinggal menunggu sampai periode yang ditetapkan, nantinya uang setoran dan bunga tersebut akan bisa dibayarkan secara tunai atau disetorkan ke rekening Anda.

Nah, itulah kelebihan investasi di deposito. Masih banyak instrumen investasi yang bisa Anda coba selain deposito. Salah satunya adalah reksa dana. Sama seperti deposito, berinvestasi dalam reksa dana sama amannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....