Kenali Mie Soba, Makanan Jepang yang Populer dan Sehat untuk Tubuh!

Kenali mie soba, makanan Jepang yang populer dan sehat untuk tubuh! - Makanan khas Jepang, mi soba adalah salah satu makanan yang telah menjadi global! Berikut adalah berbagai fakta dan juga jenis mi soba yang perlu diketahui!

Mie Soba

mie soba jepang

Ketika datang ke rumah makan atau kedai masakan Jepang, itu tidak akan lengkap kecuali berbicara tentang mie. Jepang adalah salah satu negara di Asia yang terkenal dengan jenis mie yang dihasilkannya. Beberapa di antaranya adalah mie ramen dan mie soba, yang populer di berbagai negara.

Tak kalah enak dari mie ramen, mie soba juga memiliki rasa yang tak kalah lezat. Selain itu, mie soba juga dikenal lebih sehat dibandingkan jenis pasta lainnya karena mengandung banyak protein, serat, beberapa vitamin dan mineral, serta rendah lemak.

Jika dilihat sekilas, mie ramen dan mie soba sangat mirip karena sama-sama disajikan kukus. Tapi ternyata kedua mie itu sebenarnya perbedaan besar, lho! Sebelum kita mengenal Mie Soba lebih lanjut, mari kita lihat perbedaan antara dua mie khas Jepang berikut ini.

Perbedaan Antara Mie Ramen dan Mie Soba

1. Bahan baku

Mie soba terbuat dari tepung soba atau gandum hitam, sehingga memiliki warna yang lebih gelap daripada mie ramen. Kandungan gluten dalam dua mie berbeda. Mie soba sebelumnya bisa disebut pure bebas gluten karena bahan baku tepung soba. Sementara mie ramen yang terbuat dari tepung terigu memiliki kandungan gluten yang lebih banyak.

2. Saus dan Kuahnya yang Berbeda

Keduanya sulit, tetapi cara mereka disajikan sangat berbeda. Saus soba tidak dicampur langsung dengan mie soba. Jadi ketika Anda memakannya, toppers harus terlebih dahulu mencelupkan mie soba ke dalam saus. Berbeda dengan mie ramen, yang sausnya disajikan langsung di mie.

3. Cara Menyajikan

Mie soba tidak hanya disajikan dalam kondisi panas atau hangat, tetapi juga bisa dimakan dengan saus dingin. Biasanya, mie soba dengan saus dingin sering disajikan dan dimakan di musim panas. Ini tidak terjadi dengan mie ramen, yang biasanya disajikan hanya dengan saus panas.

Jenis Mie Soba

1. Kake Soba

Kake soba biasanya disajikan dengan saus soba Tsuyu hangat. Cocok untuk makan saat cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh. Kake soba disajikan dengan sejumput daun bawang di atasnya untuk meningkatkan aroma mie soba.

2. Kakiage Soba

Kakiage soba adalah mie soba dengan topping telur dadar sayuran di atas mie. Kesemek terdiri dari potongan sayuran, bawang dan udang, yang dicampur dengan tepung dan kemudian digoreng. Kakiage menyerupai Bakwan, spesies ikan remaja khas Indonesia.

3. Zaru Soba

Zaru soba adalah jenis soba dingin yang biasanya dimakan selama cuaca atau musim panas.

Untuk presentasi Anda sendiri, Zaru Soba ditempatkan pada wadah bambu yang ditaburi ganggang kering. Dalam wadah lain adalah soba tsuyu alias saus, yang disajikan dingin sebagai suplemen zaru soba.

4. Okame Soba

Okame Soba sering disajikan dengan daun bayam Jepang yang disebut horenso serta beberapa topping tambahan lainnya. Terkadang ada juga topping unik untuk mie soba jenis ini seperti kue ikan atau kue ikan.

Baca Juga: 30 Menu Masakan Khas Sunda yang Bikin Ngiler!

5. Sobagaki

Sobagaki adalah adonan soba yang belum menjadi mie. Sobagaki dibuat bulat dan disajikan dengan saus hangat. Saus untuk sobagaki sama dengan jenis mi soba lainnya yang menggunakan soba tsuyu. Orang Jepang biasanya hanya menggunakan garam wasabi sebagai bumbu pelengkap mi soba jenis ini.

Kandungan dan Manfaat Mie Soba

Secara umum, rincian isi Mie Soba terdiri dari:

  • Kalori: 192
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Tiamin atau vitamin B1: 18% dari Nutritional Adequacy Rate (RDA) harian
  • Niacin (vitamin B3): 9% dari RDA harian
  • Besi 9% 11% dari RDA harian
  • Magnesium: 14% RDA harian
  • Sodium 0% dari RDA harian
  • Tembaga 7% dari RDA harian
  • Mangan 37% dari RDA harian


Manfaat Mie Soba Adalah Sebagai Berikut:


  • Menurunkan kolesterol dan trigliserida
  • Mengandung protein yang lebih mudah dicerna
  • Membantu mengontrol gula darah karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada makanan kaya karbohidrat lainnya.
  • Membantu celiac atau siapa saja yang memiliki intoleransi gluten karena mie soba bebas gluten
  • Menjaga kesehatan jantung berkat kandungan flavonoid
  • Membantu program diet karena kandungan lemaknya yang rendah

Akhir Kata

Itulah ulasan dari Mie Soba, spesialisasi asli dari Jepang yang populer! Bagi pecinta mie, mie soba maka bisa menjadi pilihan pasta sehat yang bisa dikonsumsi karena nutrisinya sangat baik untuk tubuh kita. Namun, beberapa produk mie soba masih dicampur dengan tepung terigu, sehingga Anda dapat memilih produk yang tidak mengandung terlalu banyak tepung terigu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel