Widget HTML Atas

30 Menu Makanan Khas Sunda yang Lezat Bikin Kamu Laper

Ada 30 Daftar Menu Makanan Khas Sunda yang Lezat Bikin Kamu Laper yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini. Di setiap daerah yang ada di Indonesia pasti ada ragam budayanya termasuk juga menu kulinernya. Dimana di masing-masing daerah memiliki kekayaan resep masakan tradisional dari leluhur mereka yang terus di pertahankan dan dilestarikan hingga sekarang.


Menu Makanan Khas Sunda Lezat Bikin Nagih


Salah satunya di daerah Sunda Jawa Barat. Dimana di daerah ini juga memiliki menu masakan kuliner yang khas dan bikin nagih kalau sudah kita memakannya. Menu masakan apa sajakah itu ? yuk mari kita intip menunya pada ulasan berikut ini.


Menu Makanan Khas Sunda Jawa Barat

Berikut ini akan saya uraikan beberapa Menu kuliner khas Suku Sunda Jawa Barat, dimana menu masakan ini sudah melegenda di Indonesia bahkan dari kalangan manca negara yang berkunjung di Rumah Makan Khas Sunda ini mayoritas mereka mengungkapkan rasa puas dan mengakui akan kelezatan menu kuliner khas dari daerah Sunda Jawa Barat.

Berikut adalah deretan menu kuliner khas Sunda Jawa Barat :

1. Nasi Timbel


Nasi Timbel khas Sunda

Menu masakan yang pertama ada Nasi Timbel. Bagi kalangan orang sunda khususnya orang Jawa Barat ya tidak asing lagi dengan menu yang satu ini, karena memang ini adalah menu kuliner mereka. Tapi buat kalian yang bukan orang sunda atau bukan orang yang berada di daerah Jawa Barat tentu penasaran dan bisa jadi belum pernah makan menu Nasi Timbel yang satu ini.

Apa sih Nasi Timbel itu ?

Jadi, Nasi Timbel adalah nasi yang di bungkus daun pisang dengan berbagai varian bentuk bisa berbentuk lonjong memanjang seperti lontong bisa juga berbentuk kubus. Adapun untuk teknis memasaknya nasi yang di bungkus daun pisang ini di kukus hingga matang. \

Konon cerita awal terciptanya Nasi Timbel ini adalah dulu ketika orang sunda sedang bertani atau bercocok tanam di kebun mereka sering berbekal Nasi Timbel. Nasi Timbel adalah nasi yang baru masak lalu di bungkus daun pisang dan digunakan untuk bekal nantinya pada waktu makan siang. 

Tetapi, seiring berkembangnya jaman banyak sudah terjadi modifikasinya baik itu penambahan bumbu dan cara penyajiannya. Bahkan Nasi Timbel ini menjadi menu favorit di resto yang ada di Kota Bandung. Seperti gambar yang sudah saya sajikan diatas dapat kita saksikan bahwa ada pelengkap dari Nasi Timbel itu sendiri seperti ayam bakar, Tahu, Sayuran Segar, Sayur bening, Sambal dan Tempe. 

Tentu akan nikmat sekali rasanya jika menu yang satu ini dinikmati di suasana pegunungan atau dikebun yang sejuk dan asri dengan di iringi suara gemerucukkanya air sungai dan alunan nyanyian burung. Nah bagi kalian yang tertarik dan ingin mencicipi menu yang satu ini silahkan datang ke Retso atau Rumah Makan yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya di wilayah Jawa Barat.

2. Nasi Liwet


Nasi Liwet Khas Sunda

Meskipun di daerah lain terdapat menu Nasi Liwet, di daerah Sunda juga ada menu Nasi Liwet yang mempunyai cita rasa khas tersendiri. Nasi Liwet adalah nasi yang cara memasaknya di campur dengan bumbu rempah rempah yang sudah di tumis seperti serai, daun salam, bawang merah, bawang putih dan cabai. Serta setelah nasi terlihat setengah matang di campur lagi dengan teri dan daun kembangi. 

Dengan adanya pemberian bumbu rempah tersebut membuat Nasi Liwet menjadi harum dan mempunyai rasa yang nikmat. Apalagi dalam penyajiannya di tambahkan dengan sayur segar, tempe, tahu, daging ayam goreng ataupun oseng jeroan. Pasti akan lebih mantul. Jadi, buat kalian yang ingin menikmati Nasi Liwet ini bisa juga membuat sendiri karena resepnya juga sudah mudah untuk di dapatkan bahkan tutorialnya sudah ada di media Youtube, tentu kalian tidak harus jauh-jauh pergi ke Kota Bandung.

3. Karedok


Karedok khas Sunda

Karedok adalah masakan khas Sunda yang lezat dan sehat. Karena bahan dari menu yang satu ini berasal dari sayur mayur, cabai, kol, terong, timun, kacang panjang, bumbu kacang atau saos kacang dan kerupuk. Bahkan agar bisa kenyang bisa di tambahkan dengan irisan lontong dan tahu.

Pastinya dengan perpaduan sayur dan bumbu tradisional ini menjadikan menu Karedok menjadi spesial dan cocok untuk menu makan siang. Selain sehatn menu yang satu ini juga cocok untuk menu diet sehat. Untuk sekarang ini resep dalam membuat karedok sudah banyak di ulas di berbagai media sosial maupun media youtube dan juga situs atau website.

Jadi buat kalian kalau ingin menikmati menu karedok tidak harus jauh-jauh ke kota Bandung cukup diam dirumah aja sudah bisa buat menu karedok yang satu ini.


4. Nasi Tutug Oncom


Nasi Tutug Oncom khas Sunda

Nasi Tutog Oncom adalah nasi dicampur Oncom yang sudah di hancurkan, dicampur terasi dan bisa di cetak di sebuah mangkok membentuk bulat seperi pada gambar diatas. Nasi oncom ini biasa disajikan dengan menu pelengkap sperti Tahu Tempa, Sambal dan lalapan seperti ketimun, Slada, Kol dan Tomat.

Namun dalam penyajiannya tergantung selera masing-masing. Rasa nasi yang gurih dan empuk ini akan menggoyangkan lidah Anda hingga tak berhenti sebelum nasi oncom tersebut habis, karena memang rasanya nikmat sekali.


5. Ayam Bakakak


Ayam Bakakak Khas Sunda

Ayam Bakak khas Sunda adalah rasanya manis, gurih dan pedas karena bumbu yang digunakan untuk membuat ayam bakak ini adalah jahe, lengkuas, kunyit dan cabai serta di tambah bumbu rempah lainnya. Dalam proses memasaknya Ayam Kampung terlebih dulu di ungkep dengan santan kelapa, jadi ketika dibakar dagingnya sudah empuk dan masak, setelah dibakar sampai terlihat coklat dan dimakan rasanya sangat gurih karena adanya bumbu rempah serta air santan tersebut.

6. Lotek


Lotek Khas Sunda

Dari namanya saja sudah terlihat aneh ya, memang tidak sefamiliar menu makanan sunda yang lainnya. Namun kalau dilihat dari penyajiannya mirip seperti gado-gado. Tetapi apa benar Lotek ini sama dengan Gado-gado ? mari simak ulasannya berikut ini !

Dan setelah di telusuri memang Lotek ini hampir mirip dengan Gado-gado, karena saosnya menggunakan Kacang, dan ada Lontong, Tahu beserta sayur mayurnya seperti Kacang Panjang, Labu Siam, Kol, Tauge, Bayam dan Kangkung. Hanya saja Lotek ini lebih banyak menggunakan jenis sayur-sayurnya kalau Gado-gado yang sering kita jumpa adalah Lontong, Saos Kacang, Tahu, Kerupuk dan Timun. 7. Soto Bandung


Soto Bandung

Menu yang satu ini memang familiar, apalagi menu soto hampir di setiap daerah mempunyai ciri khas cita rasa masing-masing. Nah, bagaimana dengan cita rasa Soto Bandung ini apakah sama dengan soto di daerah lainnya ? yuk kita cari tahu..!

Dari sini saja kita sudah dapat membedakan dimana kalau Soto di daerah lain seperti halnya di daerah Banjarmasin Soto ini biasanya untuk lauknya berbahan daging ayam atau suwiran daging ayam, sedangkan unuk Soto Bandung ini berbahan dari Daging Sapi. 

Terus yang membedakan dari jenis soto di daerah lainnya adalah kalau Soto Bandung ini terdapat campuran Kedelai Goreng dan Lobak. Serta Soto Bandung juga bisa dimakan dengan campuran nasi hangat plus dengan kerupuk, kalau ini sih sama aja tergantung selera masing-masing. Yang jelas yang membedakannya adalah daging yang di pakai, ada kedelai goreng dan lobaknya.


8. Soto Mie




Soto mie adalah mie yang di masak dengan kuah kaldu daging sandung lamur. Mie yang di gunakan biasanya adalah mihun dengan ditambah irisan kol, daun bawang, serta irisan daging sapi dan kikil. Boleh juga di tambah dengan nasi dan krupuk. Wih, memang enak sekali menu Soto Mie ini, maka tidak heran kalau Soto Mie ini disukai oleh masyarakat Malaysia, karena Soto Mie khas Sunda ini sudah terkenal di Malaysia.


9. Mie Kocok


Mie Kocok Khas Sunda

Apa itu Mie Kocok ? apakah mie yang di kocok-kocok ?

Mie Kocok adalah mie dengan camouran daging serta kikil sapi. Mie kocok ini ada campuran dari taugenya beserta jeruk nipis dan daun bawang. Bumbu mie kocok juga terbilang sederhana ada bawang merah yang sudah di goreng serta kuah kalud sapi yang berasal dari kikil yang dibelah dua dan mengeluarkan sum-sum tersebut dan menjadikan aroma kuah atau kaldu mie kocok terasa nikmat. 10. Empal Gentong


Empal Gentong

Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Empal gentong adalah menu makanan khas daerah Cirebon. Jadi kenapa di namai dengan Empal gentong? ya karena dalam proses memasaknya daging sapi yang di buat ke dalam kuali. Jadi memasak empal gentong ini menggunakan kuali. Maka dengan begini akan menghasilkan cita rasa yang nikmat dibandingkan dimasaknya menggunakan panci, karena ini juga sudah dari tradisi para leluhur orang Cirebon.


11. Sate Maranggi


Sate Maranggi khas sunda

Pasti diantara kalian sudah pernah makan Sate. Sate adalah menu nusantara yang ada dimana-mana, bahkan tidak hanya di Indonesia di luar negeri juga ada yang namanya Sate. Namun disini ternyata ada sate spesial khas Sunda di Purwakarta. Sate khas Sunda ini rasanya gurih, manis dan asam pedas karena disini ada perpaduan bumbu rempah dengan irisan tomat. 


Sate Maranggi khas Sunda ini memang beda rasanya dari sate di daerah lainnya, karena daging kambing yang digunakan adalah daging pilihan dengan proses pembakaran juga ada cara tersendiri. Dimana sebeum daging di bakar maka di taburi bumbu rempah ulekan yaitu ada bawang merah, kunyit, bawang putih, gula merah dan ketumbar yang di taburkan ke daging sate dan di diamkan beberapa menit hingga bumbu meresap ke dalam daging.

Kalian dapat menjumpai Sate Maranggid di Rumah Makan ataupun di kedai yang ada di Jawa Barat karena di sana sudah banyak Rumah makan maupun resto menyediakan menu sate maranggi ini. 12. Geco


Geco khas Sunda

Apa itu Geco ? Geco adalah makanan khas dari Cianjur Jawa Barat, menu yang satu ini adalah menu favorit orang sunda di Cianjur. Geco ini sebenarnya singkatan dari tauge dan Tauco. Perlu kalian ketahui kalau Toge itu ya kecambah sedangkan tauco itu adalah fermentasi dari biji Kedelai.

Dalam penyajiannya Geco ini dicampuri dengan mi aci, telur rebus, kentang, dan irisan ketupat. Adapun untuk soas atau bumbu penunjangnya adalh kecap, cabai, dan cuka lahang. Menu yang satu ini sangat cocok untuk makan siang, karena sehat dan juga cukup mengenyangkan.


13. Kupat Tahu


Kupat Tahu Khas Sunda

Ketupat adalah jenis makanan nusantara, di daerah manapun di Indonesia pasti ada menu yang satu ini. Namun dalam penyajiannya di masing-masing daerah berbeda-beda. Kalau di daerah Jawa Barat khas Sunda ketupat ini disajikan dengan bumbu kacang seperti halnya sate namun di sini ada campuran tahu. Untuk saos kacangnya ada campuran asam dan santanya jadi cita rasa dari sajian Kupat Tahu khas Sunda ini sangat gurih.


14. Surabi



Surabi adalah menu makanan nusantara, tetapi di setiap daerah untuk rasa surabinya berbeda-beda. Kalau surabi khas Sunda ini rasanya manis tidak terlalu manis karena dalam makannya akan di celupkan di kuah gula merah jadi rasanya akan lebih manis dan gurih. Dalam pembuatan surabinya juga terdapat campuran kelapa jadi menghasilkan cita rasa yang gurih.


15. Tahu Sumedang



Di daerah Jawa Barat khususnya di wilayah Sumedang ada menu khas yang menjadi yang sudah terkenal dimana-mana bahkan sudah banyak cabang yang membuka menu yang satu ini, ya itu adalah Tahu Sumedang. Tahu yang mempunyai tekstur lembut dan menggelembung serta rasanya yang gurih ini membuat kita pengen nambah terus kalau sudah sekali saja makan tahu ini. Maka tak heran banyak orang memburu tahu sumedang sebagai makanan tradisional apalagi makannya di saat hujan gerimis, makin mantul.

16. Combro


Combro khas Sunda


Combro adalah menu makanan khas Sunda, dari namanya saja sudah dapat kita tebak walaupun ini memang tidak familiar. Combro adalah singkatan dari Oncom di Jero artinya isinya itu adalah Oncom. Oncom itu adalah fermentasi biji kedelai. Bahan baku dari Combro ini adalah singkong dan oncom. Jadi untuk bagian luarnya adalah singkong yang di parut atau di haluskan dan di isi dengan oncom.

Untuk menciptakan cita rasa yang lezat maka bumbu dari Combro ini ada bawang merah, bawang putih, kelapa muda, daun bawang, merica dan cabai. Combro sangat cocok di sajikan pada sore hari ataupun di pagi hari dengan bersanding teh hangat atau kopi.

17. Tahu Gejrot


Tahu Gejrot Khas Sunda

Tahu Gejrot adalah menu makanan yang berkiah pedas, jenis tahu yang digunakan untuk membuat tahu gejrot adalah Tahu Pong. Tahu Pong ini berbeda dengan tahu sumedang, kalau tahu Pong ini lebih bentuknya lebih ngembang dan lebih menarik daripada tahu sumedang. 

Dalam membuat tahu pong ada bahan-bahan yang harus di sajikan seperti : Tahu Pong, Sosis sapi, asam jawa, kecap manis, siung bawang merah, cuka, air gula, dan cabai. 18. Bapatong


Bapatong khas Sunda

Bapatong adalah singkatan dari Bakso, Kupat, Gentong artinya menu yang satu ini adalah menu masakan khas sunda. Cara penyajiannya karena di isi dengan ketupat tentu berbeda dengan bakso kuah sapi. Kalau bakso kuah sapi kan tidak menggunakan tahu.

19. Peuyeum



Peuyeum adalah fernemtasi dari singkong istilahnya kalau bahasa umumnya adalah tape singkong. Yang membedakannya adalah cara penyajiannya. Tape singkong khas jawa barat ini bisa berbentuk utuh setangkai singkongnya dan ukurannya besar-besar serta rasanya yang manis dan nikmat.

20. Sate Cungkring



Jika bahan utama sate biasanya dari daging ayam, daging kambing, daging sapi ataupun daging itik, namun disini bahan utamanya dari kulit sapi atau kikil sapi. Jadi kulit sapi yang di potong kotak-kotak. Sate Cingkrang ini adalah menu kuliner khas Bogor.


21. Dodol Garut


Dodol Garut

Siapa sih yang gak kenal Dodol Garut yang legit ini. Dodol garut memang sudah menjadi menu jajanan primadona khas Garut Jawa Barat. Varian rasa yang beragam dan rasanya yang legit manis membuat orang yang makan bikin nambah. Dodol Garut juga menu oleh-oleh khas Jawa Barat.


22. Kadedemes



Kadedemes adalah menu masakan khas sunda yang berasal dari kulit singkong. Jadi kulit singkong itu agak tebal dan di buang pada kulit luarnya dan diambil bagian kulit dalamnya yang berwarna putih lalu di iris tipis-tipis dan di tumis menggunakan bumbu tradisional seperti bawang merah, bawang putih, cabai, merica dan bumbu penyedap lainnya.
23. Gemblong


Gemblong khas Sunda

Gemblong adalah menu khas Sunda yang legit, karena luarnya di laipis dengan gula merah. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Gemblong adalah ketan putih yang di bentuk bulat kemudian di goreng. Gemblong sangat cocok di sajikan pada pagi hari sebagai sarapan dan di sore hari saat bersantai dengan disandingkan sebuah teh hangat.
24. Galendo


Galendo kha sunda

Galendo ini adalah menu makanan khas Ciamis, bahan utama dari Galendo adalah Ampas dari Kelapa. Biasanya kalau kita mengolah kelapa sebagai minyak tentu kita akan mendapati sisa-sisanya dan ini adalah Galendo. Galendo mempunyai cita rasa yang manis dan gurih. Sangat cocok disajikan pada sore hari dengan disandingkan Teh Hangat.

25. Opak


Opak Khas Sunda

Opak adalah menu makanan yang berasal dari Pasunda Jawa Barat. Bahan baku utama dari opak adalah tepung ketan ataupun tepung beras. Rasanya yang renyah serta mengenyangkan ini biasanya digunakan untuk menu pelengkap makanan seperti soto, rawon dan bakos.
26. Batagor



Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Batagor memang nikmat dan cocok di semua lidah. Selain mudah di dapat juga mudah untuk dibuat. Batagor khas Bandung ini yang enak adalah saos kacangnya, karena cara mengolahnya ada cara khusus sehingga bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda dari Batagor dari daerah lainnya.
27. Gerem Asem Ayam


Gerem Asem Ayam khas Sunda

Gerem Asem Ayam khas Sunda ini adalah bumbu rempah-rempahnya yang khas yaitu adalah yang utama untuk menciptakan rasa asemnya adalah adanya beilimbing wuluh. Bumbu yang di pakai juga mirip bumbu sup atau soto namun disini ada campuran tomatnya. Jadi cita rasa kuahnya memang asem dan gurih.
28. Ulukutek Leunca


Ulukutek Leunca khas Sunda

Ulukutek Leunca khas Sunda ini rasanya pedas karena ada cabai yang lumayan banyak serta ada oncom dan leunca atau terong pipit. Jadi semua bahan baku dijadikan satu dan ditumis dengan bumbu-bum seperti bawang merah-bawang putih, kencur, dan penyedap rasa. Tentu ditambah udang akan lebih gurih dan lezat.


29. Tutut


Tutut khas Sunda

Tutut adalah menu nusantara, artinya menu yang satu ini juga ada di daerah lain seperti di Kalimantan, karena di pulau kalimantan juga banyak tutut di persawahan. Tutut yang rasanya gurih dan pedas serrta aromanya yang harus karena ada daun sere. Tentu sangat cocok disandingkan dengan nasi hangat, apalagi kalau makannya di area persawahan akan lebih nikmat.


30. Gepuk Daging Sapi


Gepuk Daging Sapi khas Sunda

Gepuk Daging Sapi adalah menu masakan khas sunda, hampir mirip dengan masakan bumbu merah namun ini terlihat lebih sedikit untuk kuahnya. Gepuk Daging sapi yang artinya dagingnya tipis dan terlihat hancur atau di gepuk (di pukul). Rasa daging gepuk sangat empuk dan nyaman dikunyah karena sudah dimasak dengan cara khusus. Apabila kalian ingin membuatnya bisa melihat resepnya di internet jadi gak harus pergi dulu ke Jawa Barat.

Baca Juga : Cara Membuat Tahu Isi Mercon Enak Lezat


Penutup

Nah, itulah deretan menu kuliner khas Sunda Jawa Barat yang dapat saya sajikan, semoga dengan adanya ulasan ini menjadikan kita lebih cinta terhadap penu tradisional dari daerahnya masing-masing dan bisa menjaga resep dan melestarikannya hingga anak cucu kita nanti. Sekian dari saya dalam perjumpaan kali ini sampai jumpa lagi di pembahasan menu kuliner yang lainnya. Wassalam...
.....KLIK 1X (CLOSE).....