12 Prospek Karier Jurusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan!

Prospek Karier Jurusan Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan! - Ketika Anda memilih jurusan di perguruan tinggi, tentu untuk pertanyaan pertama yang sering terlinas di benak kepala "setelah lulus nanti akan jadi apa? bekerja dibidang apa?. Jadi jurusan ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang memiliki untuk saatt ini memiliki banyak prospek pekerjaan dan sering masuk jajaran jurusan yang paling dicari oleh banyak orang.

Prospek Karier Jurusan Ilmu Komunikasi

prospek kerja ilmu komunikasi

Alasan dalam hal ini adalah bahwa di dalam masyarakat atau dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari suatu komunikasi, baik itu komunikasi secara individual diri sendiri, komunikasi dengan orang lain, kelompok, organisasi, massa, untuk komunikasi dengan media, sehingga jurusan yang memiliki Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I. Kom) ini memiliki prospek karir yang luas.

Maka dalam hal ini bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di bidang media, hubungan masyarakat, televisi, acara atau radio, jurusan ini bisa menjadi pilihan. Di jurusan ini, Anda akan memiliki kemampuan untuk menulis, berbicara dan mendengarkan dengan baik. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang prospek karir seorang ilmuwan komunikasi? Simak ulasannya yang ada di bawah ini.

Prospek karir seorang ilmuwan komunikasi sangat luas dan besar. Bidang pekerjaan yang bisa ditempuh adalah seperti pada bidang media massa, penyelenggara, guru, humas, hingga banyak lainnya.

Apakah Anda tertarik masuk pada jurusan ilmu komunikasi? Mari kita cari tahu untuk beberapa prospek pekerjaannya yang sudah kami ulas di sini!

1. Master of Ceremony (MC)

Lulusan Ilmu Komunikasi tentu bisa menjadi Master of Ceremony (MC), kursus formal atau non-formal, Toppers. Alasan untuk menjadi MC tentu membutuhkan gaya bahasa yang baik, komunikasi dengan penonton dan kemampuan untuk merancang acara seperti yang diharapkan.

Untuk menjadi MC, banyak elemen komunikasi yang diterapkan langsung ke audiens, sehingga pengiriman harus dilakukan dengan benar dan benar. Biasanya, MC dengan karakteristik tertentu akan lebih diminati dalam suatu acara.

2. Penyiar

Perspektif profesional pertama yang dapat dikejar oleh lulusan ilmu komunikasi adalah penyiar. Karya ini mengacu pada seseorang yang mengirimkan informasi ke audiens melalui radio atau televisi.

Penyiar akan menjadi tuan rumah acara, menyampaikan informasi, membaca berita, dan bahkan mempromosikan produk komersial.

Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang pandai memproses kata-kata yang disusun dengan pengiriman yang menyenangkan untuk didengar, unik dan menarik.

3. Hubungan Masyarakat

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan masyarakat. Pr atau PR karyawan memiliki tugas sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan atau pihak yang berbeda. Untuk itu, seorang pr karyawan harus memahami konsep komunikasi dan juga membangun citra positif perusahaan.

Selain itu, ia juga harus mampu mengembangkan strategi komunikasi yang baik yaitu mampu membangun kerja sama dengan pelanggan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

4. Perencana Acara

Perencana acara menjadi pekerjaan yang menjadi kunci keberhasilan suatu peristiwa. Anda adalah orang atau kelompok yang mempromosikan acara, menciptakan tema acara yang menarik, mengatur acara dan mengatur segalanya untuk berjalan dengan baik.

Dalam pekerjaan ini, Anda harus gesit, berkualitas, dan mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang lain dan pelanggan.

5. Guru komunikasi

Jika Anda belajar di Departemen Ilmu Komunikasi, Anda bisa menjadi guru, Anda tahu. Sebagai dosen ilmu komunikasi, Anda akan mengajar siswa tentang bidang ilmu komunikasi, seperti.B komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, radio, televisi dan jurnalisme.

Sebagai seorang guru, Anda membutuhkan pengetahuan di bidang ilmu komunikasi yang sangat tinggi dan serius memahaminya agar diajarkan dengan baik kepada siswa Anda, Toppers.

6. Manajer Media Sosial

Kemajuan media dan teknologi sekarang berkembang pesat. Bahkan, Anda sekarang dapat bekerja hanya dengan membuka media sosial, Toppers. Pekerjaan berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah manajer media sosial. Pekerjaan ini akan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dan mempromosikan bisnis.

Sebagai manajer media sosial, Anda harus memiliki keterampilan menulis yang baik, keterampilan persuasi, dan keterampilan presentasi, dan juga membuat rencana konten media sosial perusahaan.

7. Reporter

Seorang reporter adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan langsung suatu peristiwa kepada publik melalui media massa.

Sebagai reporter, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi dan menulis yang baik sehingga audiens dapat mengetahui berita yang Anda sampaikan.

Ada banyak kesempatan kerja untuk menjadi wartawan, yaitu di media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, media online, toppers.

8. Pembuat Konten

Content Creator adalah pekerjaan yang cukup hit-like saat ini. Dengan perkembangan teknologi dan media sosial, Anda dapat menghasilkan uang hanya dengan membuat konten.

Konten yang dibuat oleh pembuat konten dimuat di berbagai platform digital seperti Instagram, YouTube, TikTok dan banyak lainnya.

Saat membuat, Anda bisa memilih tema favorit Anda, mulai dari masakan, kecantikan, mobil, tari, vlog harian hingga banyak lainnya. Untuk menjadi pembuat konten yang sukses, Anda memerlukan sifat dan keunikan dibandingkan dengan pembuat konten lainnya.

9. Penerbit

Editor adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengedit naskah atau artikel di perusahaan atau media. Editor bekerja untuk menemukan, memperbaiki, dan menerbitkan naskah yang dibuat oleh penulis.

Penerbit adalah orang di balik publikasi buku atau artikel yang diterbitkan. Mereka juga bertugas mengembangkan dan mengevaluasi tulisan penulis menjadi lebih baik.

Selain itu, ada juga editor video yang membuat hasil video dari suatu acara, acara, proyek atau acara lainnya untuk mendapatkan hasil yang baik.

10. Layanan Pelanggan

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi dan memecahkan masalah di waktu luang Anda, layanan pelanggan atau layanan konsumen dapat menjadi pilihan. Dalam pekerjaan ini, Anda adalah perwakilan dari layanan konsumen di perusahaan atau produk.

Sebagai CS, Anda membutuhkan komunikasi yang baik dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi berbagai keluhan konsumen. Selain itu, Anda juga perlu memiliki sikap positif, membuatnya nyaman bagi pelanggan dan mencari jalan keluar setelah keluhan.

11. Pemasar Digital

Digital Marketer adalah pekerjaan yang sangat diminati saat ini karena meningkatnya dunia digitalisasi dan teknologi. Seorang pemasar digital akan mempromosikan produk atau layanan melalui berbagai platform digital menggunakan internet dan teknologi seluler.

Mereka meneliti berbagai peluang bisnis untuk perusahaan di media digital seperti media sosial, blog, forum, situs web atau lainnya. Selain itu, pemasar digital bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mitra afiliasi, melaporkan kinerja web, dan merencanakan strategi media sosial perusahaan.

12. Penulis konten

Content Writer adalah karya yang menciptakan karya karya fiksi baik dalam bentuk karya fiksi (novel, cerita pendek, puisi) dan non-fiksi (karya ilmiah, makalah, majalah, artikel). Dalam pekerjaan, topik atau pekerjaan yang Anda buat biasanya perlu mengikuti tema perusahaan atau tren saat ini.

Content Writer sekarang menjadi pekerjaan yang sangat dibutuhkan untuk berbagai platform digital, Toppers. Anda bertanggung jawab untuk mengelola konten Situs, membuat Konten Perusahaan, menulis pesan, dan melengkapi deskripsi produk yang dipasarkan oleh Perusahaan.

Nah itulah 12 prospek dari profesi pekerjaan yang mungkin menjadi pilihan Anda sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan pada ilmu komunikasi. Perlu kalian ketahui bahwa sebuah pekerjaan yang ada di dunia ini tentu terkait dengan kepentingan bakat sendiri. Jadi, dalam hal ini sebaiknya Anda pilih pekerjaan yang di minati dan Anda sukai ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....