6. Tips Mengelola Keuangan Menggunakan Dompet Digital

Tips Mengelola Keuangan Menggunakan Dompet Digital - Era digitalisasi mengharuskan semua orang beradaptasi dengan kebiasan baru yang serba digital, tak terkecuali keuangan. Sejak tahun 2014, BI memulai sebuah program Gerakan Nasional Non Tunai (GNTT). Sebagai bentuk komitmen dan dukungan untuk menghadirkan kemudahan unutk bertransaksi. 

Tips Mengelola Keuangan Menggunakan Dompet Digital

dompet digital

Seiring perkembangan zaman, semakin banyak alat keuangan yang menggunakan system digital, salah satunya mobile banking, dan dompet digital. Sehingga dengan begitu transaksi ekonomi menjadi tanpa menggunakan uang tunai atau dikenal sebagai cashless. Namun, masyarakat masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi akan kebiasan baru tersebut. Hal tersebut tak jarang membuat seseorang terkesan boros, dikarenakan masih banyak yang belum bijak dalam menggunakan dompet digital, 

Dalam penelitian yang dilakukan di Amerika serikat, Yang meyebabkan seseorang menjadi boros saat menggunakan cashless payment ialah, karena kehilangan momen untuk menghitung sisa uang secara fisik tersebut. Padahal sejatinya adanya kemudahan tekonologi dalam transasksi ekonomi, memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam hal bertransaski. Untuk menghindari keborosan dalam menggunakan dompet digital maupun mobile banking, berikut tips mengelola keuangan mengggunakan dompet digital agar tidak boros:

1. Tips pertama 

Memiliki keteguhan dan kesadaran bahwa harta yang kita miliki merupakan titipan Allah yang harus dijaga. Dengan memiliki mindset tersebut, maka segala transaksi yag dilakukan atas dasar kesadaran dan bukan untuk sesuatu hal yang sia-sia.

2. Tips kedua

Melakukan budgeting (alokasi dana) diakhir bulan menggunakan metode yang paling sesuai dengan kondisi keuangan pribadi. Berbicara mengenai budgeting, memang tidak ada aturan baku yang bisa digunakan oleh seseorang. 

Karena sejatinya, budgeting setiap orang akan berbeda-beda mengikuti kebutuhan pribadi seseorang tersebut. Budgeting harus dilakukan sebelum tanggal gajian, dengan pembagian sesuai alokasi. Ada 3 pos alokasi yang mudah untuk dibuat atau dikenal dengan metode simple, yaitu: 50% untuk living (Kebutuhan hidup rutin), 30% untuk saving (tabuangan dan investasi), dan 20% untuk Playing (senang-senang).

3. Tips ketiga

Menggunakan dompet digital untuk pos spesifik tertentu. Cara yang paling efektif dalam menggunakan dompet digital ialah dengan menentukan secara spesifik penggunaanya untuk pos tertentu. Dengan begitu, mengisi saldo dompet digital hanya dilakukan satu kali diawal bulan setelah melakukan budgeting. Dengan harapan akan lebih mudah untuk melakukan tracking penggunaan uang ketika melakukan evaluasi keuangan diakhir bulan. Dan disiplin dalam menggunakan saldo nya selama dana tersebut masih ada.

4. Tips keempat

Menerapkan konsep mindfull shopping yang mana maksudnya adalah melakukan belanja dengan penuh kesadaran dan lebih aware. Berikut cara agar kamu lebih mindful saat shopping, yaitu:

1. Bedakan kebutuhan dan keinginan (Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan)

2. Sebelum belanja, lihat barang yang sudah dipunya

3. Membuat notes belanja, supaya tidak kalap.

4. Ingat lagi tujuan utama dan konsep harta dalam islam

5. Tidak mudah tergiur dengan godaan (Diskon, free ongkir, bahkan Cicilan)

5. Tips kelima 

Manfaatkan promo yang ada, namun tetap harus hati-hati dan bijak ya. Jika dapat berhemat dengan adanya promo, maka uang elebihan tersebut jangan digunakan unutk hal yang sia-sia, sebaiknya digunakna untuk tips keenam.

6. Tips keenam 

Jika ada kelebihan dana, maka jangan dihamburkan. Alokasikan ke dana tabungan/investasi. Sedikit apapun hasil berhemat, jika digunakan untuk menambah pos tabungan atau investasi maka akan memberikan dampak yang besar dikemudian hari. 

Dengan mengikuti beberapa tips tersbeut, semoga tidak ada lagi stigma mengggunakan dompet digital hanya membuat boros. Sejatinya dompet digital memudahkan kita dalam melakukan kegiatan pembayaran selagi kita menggunakannya dengan bijak. Selamat berbijak menggunakan dompet digital !!

Ditulis Oleh: Azmatul Alyaa, AWP (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel