Mengapa Perlu Pakai Sunscreen Setiap Hari? Berikut Jawabannya!

Mengapa Perlu Pakai Sunscreen Setiap Hari? - Apabila Anda rutin beraktivitas di bawah sinar matahari setiap hari, maka penting bagi Anda untuk mengaplikasikan produk pelindung kulit seperti sunscreen. Semua ahli dermatologis sepakat bahwa pemakaian sunscreen sangat penting untuk mencegah berbagai masalah pada kulit. Meskipun demikian, pemakaian produk tabir surya mungkin masih terkesan asing bagi sebagian orang. 

Pentingnya Pakai Sunscreen Setiap Hari

Mengapa Perlu Pakai Sunscreen Setiap Hari?

Oleh karena itu, berikut telah kami sajikan beberapa alasan utama mengapa perlu memakai sunscreen setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli dan memakai sunscreen secara rutin. Produk sunscreen terbaik sendiri bisa Anda dapatkan rekomendasinya di situs Pickybest.id yang menyajikan berbagai merek sunscreen disertai review-nya.

1. Kurangi Risiko Kulit Terbakar Sinar Matahari 


Ketika Anda berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama namun tidak mengaplikasikan sunscreen, maka risiko kulit terbakar menjadi semakin tinggi.  Jika Anda terus-menerus mengalami sengatan matahari di kulit dalam waktu lama, itu dapat menyebabkan kerusakan yang parah hingga memicu kanker kulit, kerutan dini, dan banyak masalah kulit lainnya.  
Sebagian orang masih memiliki pandangan yang keliru bahwa risiko kulit terbakar karena sinar matahari hanya akan terjadi pada orang dengan warna kulit tertentu saja. 

Padahal, masalah kulit terbakar bisa terjadi pada siapa saja, tak peduli warna kulitnya. Namun apabila Anda terlanjur mengalami sengatan matahari yang parah hingga muncul lepuh di kulit, segera hubungi dokter kulit untuk menilai luka bakar Anda dan menyarankan produk untuk membantu mengatasi rasa sakit dan meminimalkan efek lanjutan.

2. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan 


Paparan sinar matahari secara terus menerus tanpa diiringi dengan perlindungan kulit yang cukup dapat menyebabkan kerusakan pada elastin, kolagen dan sel-sel kulit Anda.  Seiring waktu, ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini termasuk perubahan warna, kerutan, garis-garis halus, dan permukaan yang kasar.  Penuaan dini, atau yang disebut sebagai photoaging, umumnya terjadi pada mereka terutama berusia 20 sampai 30-an yang menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tanpa tabir surya. Untungnya, penuaan dini pada kulit dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen setiap hari.  

3. Mengurangi Risiko Kanker Kulit 


Menggunakan sunscreen terbaik setiap hari, bahkan ketika cuaca sedang tidak panas, adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker kulit.  Statistik menunjukkan bahwa pada usia 70, satu dari lima orang di Amerika Serikat berisiko terkena kanker kulit.  Anda dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini dengan menggunakan sunscreen minimal kandungan SPF 30 beberapa kali setiap hari.  Untuk perlindungan lebih lanjut, Anda dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang lebih tinggi.  Jika Anda menghabiskan waktu lama di luar ruangan atau sedang berenang, Anda harus mengoleskan kembali sunscreen setiap dua jam.

4. Mencegah Perubahan Warna Kulit 


Perubahan warna kulit merupakan salah satu masalah kulit yang sering muncul, terutama pada usia lanjut.  Area perubahan warna ini sering disebut "sun spot" dan biasanya berwarna kecokelatan.  Sun spot sering timbul di wajah, kepala, tangan, dan lengan, dan bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita.  Menerapkan sunscreen secara berkala sepanjang hari Anda dapat membantu mencegah bintik-bintik ini muncul di kulit Anda.  

5. Mengurangi Peradangan 


Ketika kulit kita terkena sinar UV secara terus menerus, hal ini dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan yang terasa perih.  Ini bisa menjadi masalah serius terutama bagi orang dengan masalah kulit seperti psoriasis atau rosacea.  Mengenakan sunscreen setiap hari membantu mencegah peradangan dari sinar matahari yang berbahaya.  Jika Anda memiliki kulit sensitif yang rentan muncul kemerahan, carilah sunscreen dengan bahan lembut seperti zinc oksida atau titanium dioksida.  Anda juga harus menghindari tabir surya semprot karena mengandung formula yang keras, termasuk alkohol yang dapat membuat kulit kering. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai alasan penting untuk memakai sunscreen setiap hari. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemakaian sunscreen merupakan hal yang cukup penting untuk mencegah berbagai macam masalah serius pada kulit Anda. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk rutin memakai sunscreen sejak dini untuk mendapatkan perlindungan kulit yang maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel