10 Tips Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima Saat Mudik Ramadhan

Tips dan Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima Saat Mudik Ramadhan - Idul Fitri tinggal menghitung hari dan masyarakat Indonesia juga sudah mulai mempersiapkan mudik Lebaran. Kembali ke kampung halaman saat menjelang Lebaran telah menjadi tradisi liburan bagi masyarakat Indonesia dan hal ini dikarenakan mereka ingin bertemu dengan keluarga yang berada di luar kota. Namun di masa pandemi Covid-19 saat ini, ada baiknya mempersiapkan diri dengan baik untuk mudik agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Tips Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima Saat Mudik

Tips Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima Saat Mudik Ramadhan

Oleh karena itu, Anda dan keluarga perlu menjaga stamina optimal untuk menghindari berbagai masalah kesehatan seperti diare atau infeksi virus corona yang dapat terjadi selama perjalanan pulang.

Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Saat Mudik Lebaran

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat ketika Anda pulang kampung, diantaranya adalah:

1. Siapkan rute mudik dengan baik

Memilih rencana perjalanan yang tepat akan menghemat waktu Anda dan sampai ke tujuan Anda lebih cepat. Apalagi jika Anda mengalami kemacetan di jalan, Anda bisa mencari dan menggunakan jalan alternatif lain dengan persiapan rute yang baik. Faktor keselamatan seperti kondisi kendaraan hingga rute jalan yang dipilih juga harus disiapkan. Jika Anda menggunakan transportasi umum, gunakan transportasi yang aman dan tidak berkutik untuk menghindari penularan penyakit dengan orang lain.

2. Makan Makanan yang Bergizi

Sebelum Anda pulang, Anda dan keluarga Anda perlu makan makanan bergizi dan sehat secara teratur. Tubuh tidak hanya menjadi lebih kuat selama perjalanan pulang kampung, mengonsumsi makanan bergizi juga penting untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus dan adanya udara bebas.

Beberapa jenis nutrisi yang cukup Anda butuhkan adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari berbagai jenis makanan bergizi, mulai dari buah-buahan, sayuran, daging, ikan, telur hingga kacang-kacangan.

Selain itu, Anda juga harus menghindari makan atau minum apa pun selama perjalanan pulang ke rumah. Untuk memastikan lebih banyak kandungan keamanan dan nutrisi, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan sahur atau berbuka puasa.

3. Istirahatlah yang Cukup Sebelum Perjalanan Mudik

Istirahat yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh untuk tetap terjaga selama perjalanan, apalagi jika perjalanan berlangsung berjam-jam, tentu Anda akan merasa lelah dan jenuh, sehingga istirahat sehari sebelum perjalanan, akan sangat bermanfaat, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit seperti flu, demam dan lain-lain.

3. Minum Lebih Banyak Air

Ketika Anda pulang, Anda bisa mencoba untuk tidak banyak minum, karena takut sering buang air kecil selama perjalanan. Bahkan, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda dapat dengan mudah merasa lelah, mengantuk dan kehilangan konsentrasi.

Kondisi ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan Anda dan keluarga, terutama jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan pulang.

Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Selain air putih, minuman sehat lainnya seperti jus buah juga dapat membantu memenuhi asupan cairan serta nutrisi penting bagi tubuh saat mudik.

4. Berolahraga Secara Teratur Sebelum Mudik

Untuk menjaga tubuh Anda tetap fit sampai hari perjalanan pulang, Anda dan keluarga juga disarankan untuk berolahraga secara teratur setiap hari. Selain kebugaran tubuh, olahraga juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Cobalah untuk menghabiskan sekitar 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu berolahraga. Jenis latihan yang bisa dilakukan antara lain jalan santai, jogging, yoga, atau bersepeda.

5. Bawa Bekal Obat Pribadi dan Vitamin Saat Mudik

Ini adalah salah satu hal terpenting sebelum Anda pulang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan, seperti Anda mengalami rasa sakit yang terjadi secara tiba-tiba. Lebih baik untuk membawa persiapan terlebih dahulu, seperti. Obat untuk sakit kepala sebagai obat flu dan obat pribadi lainnya atau Anda bisa membawa redoxon untuk bekal asupan daya tahan tubuh.

6. Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup Sebelum Mudik

Bagaimana Anda dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat selama anda kembali ke rumah, apa yang juga perlu Anda lakukan adalah tidur atau istirahat yang cukup, terutama sebelum bepergian.

Dengan tidur yang cukup, Anda dan keluarga tidak akan rentan terhadap penyakit selama perjalanan pulang. Selain itu, risiko kecelakaan akibat mengemudi dalam keadaan mengantuk dan lelah akibat kurang tidur juga bisa dihindari.

7. Jangan Terlalu Stres Selama Perjalanan Mudik

Tentu saja, perjalanan jauh dapat menyebabkan perasaan kenyang dan lelah untuk menghindari stres, Anda dapat mendengarkan musik selama perjalanan atau mengobrol dengan keluarga Anda atau teman yang kembali. Ini akan mengalihkan perhatian Anda dari perasaan stres dan lebih menikmati perjalanan.

Salah satu fitur perjalanan mudik, seperti Mudik Lebaran, adalah lalu lintas yang padat dan kemacetan panjang. Kondisi ini sering membuat Anda stres dan mudah tersinggung, yang merupakan salah satu pemicu penurunan daya tahan tubuh.

Agar daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik, Anda perlu mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk menghilangkan stres selama perjalanan dengan mendengarkan musik atau menggunakan teknik relaksasi untuk menenangkan perasaan Anda.

8. Berhentilah saat Anda Merasa Lelah dan Mengantuk saat Mudik

Seringkali, pengemudi pribadi berjuang melawan kantuk dan kelelahan untuk sampai ke tujuan mereka dengan cepat, tetapi itu tidak baik karena meningkatkan risiko kecelakaan. Lebih baik berhenti sejenak di rest area atau rest area sebelum melanjutkan perjalanan. Lebih baik menjadi jauh sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, bukan?

9. Menerapkan Protokol Kesehatan

Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan saat mudik di tengah pandemi COVID-19. Hal ini penting agar Anda dan keluarga selalu terlindungi dari ancaman infeksi virus corona dan bakteri serta virus lainnya.

Selalu memakai masker, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, atau menggunakan hand sanitizer saat bepergian.

Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi dosis vaksin COVID-19 juga, bahkan suntikan booster sebelum anda pulang, ya. Dengan cara ini, risiko infeksi dan munculnya gejala parah akibat COVID-19 dapat ditekan.

10. Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dari Makanan Selama Mudik

Seperti disebutkan sebelumnya, mengonsumsi makanan bergizi seperti buah bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus menjaga stamina saat pulang ke kampung halaman.

Untuk menuai manfaat buah, Anda perlu makan sekitar 150 gram atau 2-3 porsi buah setiap hari. Namun, asupan buah segar yang cukup bisa lebih sulit selama pulang ke rumah, terutama jika perjalanan pulang cukup lama.

Oleh karena itu, sebagai alternatif, Anda bisa membawa jus buah kemasan, yaitu ukuran 1 gelas, untuk menutupi bagian asupan buah harian secara praktis selama perjalanan pulang.

Beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk meningkatkan stamina selama mudik adalah buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, dan mangga.

Dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C, Anda dan keluarga bisa tetap sehat selama perjalanan pulang kampung dan tidak mudah terpapar kuman penyebab infeksi, termasuk virus corona.

Akhir Kata

Nah ittulah ulasan tentang Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Prima Saat Mudik Ramadhan. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah wawasan dan menjadi referensi bagi teman-teman semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel