15 Kue-kue Lebaran: Khas dan Ikonik yang Harus Ada di Rumahmu!

Berbagai Macam Jenis Kue-kue Lebaran: Khas dan Ikonik yang Harus Ada di Rumahmu! - Rasanya bulan suci Ramadhan tidak akan berakhir, menandai hari raya Idul Fitri tahun 2023 atau 1444 H segera tiba. Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk berdoa di atas sumpah ke rumah kerabat dan kolega. Sayangnya, di tengah pandemi ini, kita harus tinggal di rumah untuk mengurangi tingkat penularan virus, dan situasinya membaik dengan cepat. 

Kue-kue Lebaran

Kue-kue Lebaran

Untungnya, Anda masih bisa memberi orang-orang terdekat Anda kue lezat dan lezat untuk diingat. Di antara berbagai jenis kue kering Lebaran yang ada saat ini, ada beberapa jenis yang digemari banyak orang dan sudah menjadi ikon bahkan saat liburan.

Berikut adalah berbagai varian kue kering Lebaran

Jika Anda mencari kue paling lezat untuk menyambut orang-orang terdekat Anda. Berikut rekomendasi jenis kue kering Lebaran yang wajib ada, ya guys:

1. Kue Putri Salju

kue putri salju

Sepertinya bulan sabit terkena "badai salju". Kue lebaran ini memiliki tekstur yang padat, namun ketika sampai di mulut, adonan hancur, dicampur dengan gula rafinasi. Perapian kue, ditambah dengan tekstur lembut gula manis, memikat siapa saja yang memakannya.

2. Kue Sagu

kue sagu

Keju sagu adalah kue khas Lebaran yang tidak akan terlupakan. Teksturnya padat dengan rasa manis dan gurih. Variasi rasa kue Lebaran populer ini termasuk sagu keju, sagu cokelat kacang tanah, dan kue sagu cokelat Oreo yang terlihat kekinian.

3. Kue Nastar

Kue Nastar

Kue kering Lebaran Nastar sangat populer di Indonesia. Selain nanas, ada juga yang menggunakan selai stroberi, cokelat dan blueberry sebagai isian. Olesi keju di bagian atas agar kue nastar terasa lebih hangat di lidah.

4. Kue Semprit

kue semprit

Kue jarum suntik dalam bentuk mawar juga matahari, sehingga banyak yang menyebutnya kue mawar. Tekstur dan rasanya mirip dengan kue sagu, namun terasa lebih kering saat digigit dan tidak mudah hancur di mulut.

5. Kue Kastengel

Kue Kastengel

Anda tidak boleh melupakan rasa lezat keju panggang dalam adonan kue gel kotak, yang selalu ada di hampir setiap rumah Indonesia setiap hari libur.

Kue khas Lebaran ini menggunakan keju sebagai bahan utamanya, sehingga rasa yang dihasilkan asin dan gurih serta membuat nagish.

6. Biskuit mentega

Biskuit mentega

Seperti namanya, bahan dasar kue ini adalah mentega dan gula. Kue Eropa ini memiliki tekstur renyah. Biasanya, orang membuat kue ini dengan rasa vanila dan cokelat. Jika di Indonesia biasanya disajikan saat Lebaran, di Eropa sendiri biasanya dikonsumsi saat perayaan hari raya lainnya.

7. Kue kacang

Kue kacang

Kacang tanah tidak hanya digoreng, mereka juga bisa dijadikan kue kering khas Lebaran. Siapa yang tidak mengenal kue ini dengan rasa kacang yang manis dan gurih. Untuk membuat kacang tanah, Anda membutuhkan oven karena adonan perlu dipanggang sampai mengering.

8. Nastar Kurma

Nastar Kurma

Seiring waktu, inovasi kue menjadi lebih beragam. Berbeda dengan Nastar biasa dengan isian nanas, Nastar ini diisi dengan kurma.

Rasa manis kurma dan banyak khasiatnya tidak akan membuat Anda merasa bersalah karena membuat kue ini banyak selama Lebaran.

9. Cokelat Chip Cookies

Cokelat Chip Cookies

Siapa yang tidak suka cokelat? Kue yang satu ini tidak hanya ada saat lebaran, tetapi biasanya dimakan saat teh diminum.

Dengan menaburkan keripik cokelat, Anda menjadi kecanduan dan tidak bisa berhenti makan!

10. Kue bawang

kue bawang

Kue bawang juga sering disebut sebagai keripik bawang. Daun seledri pada keripik ini menambah rasa dan mengeluarkan aroma yang lezat. Bentuk chip juga dalam bentuk tongkat, kotak atau persegi panjang. Sangat tepat untuk mengisi gelas Lebaran Anda di rumah karena rasanya seperti itu membuat Anda nagih.

11. Akar Kelapa

kue Akar Kelapa

Kue-kue akar kelapa adalah kue tradisional yang terbuat dari Betawi. Akar kelapa biasanya disajikan saat lebaran, disertai rengginan dan kacang-kacangan. Bahan dasar kue ini berasal dari kelapa dan sagu. Perpaduan rasa gurih dan manis pasti membuat Anda ketagihan dengan kue lebaran ini.

12. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membuat kue kering, biji ketapang perlu dicoba di rumah! Kue khas Betawi Lebaran ini terbuat dari kelapa, sehingga memiliki rasa gurih dan manis. Proses pembuatannya juga digoreng sedemikian rupa sehingga tidak butuh waktu lama untuk membuatnya.

13. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Kue bunga goyang adalah kue tradisional Betawi. Ini disebut bunga goyang karena digoreng dengan bentuk berbentuk bunga dan dikocok sampai adonan terlepas dari cetakan. Kue khas Lebaran ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

14. Kue Keciput

Kue Keciput

Kue ini mirip dengan Onde-onde karena bagian luarnya dibungkus dengan kacang wijen, hanya saja kecil dan memiliki rasa yang hangat. Persiapan dilakukan dengan menggoreng, agar teksturnya renyah.

15. Kue Lidah Kucing

kue Lidah Kucing

Lidah kucing sudah lama menjadi kue yang wajib dimiliki saat Lebaran. Bentuknya yang panjang dan rata menyerupai lidah kucing, maka kue ini disebut lidah kucing. Proses pembuatan kue khas Lebaran ini bisa dilakukan dengan cara yang unik. Yakni, dengan cara dipanggang dengan bentuk yang rata membuatnya renyah, namun saat digigit, ada rasa manis susu yang meleleh di mulut.

Akhir Kata

Itu adalah berbagai kue kering Lebaran yang perlu Anda sediakan pada liburan Idul Fitri untuk menyambut tamu dan orang-orang terdekat dengan kehangatan penuh di rumah Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel