10 Tips Puasa Sehat Agar Tubuh Bugar yang Perlu Kalian Ketahui!

Tips Puasa Sehat Agar Tubuh Bugar - Tips puasa untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh tentu sangat dibutuhkan di bulan Ramadhan. Jika tubuh tidak makan seperti biasa, cobalah untuk menjaga kebugaran tubuh Anda dengan mengikuti berbagai tips puasa ini.

Tips Puasa Sehat

Tips Puasa Sehat

Puasa bukanlah alasan untuk malas, apalagi melupakan makan sehat. Orang yang berpuasa cenderung melahap segala sesuatu ketika Magrib Beduk tiba. Bahkan, ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, kenali tips puasa sehat yang berbeda ini untuk tubuh yang lebih bugar dan kuat di bulan Ramadhan.

1. Jangan lupa minum air yang cukup

Anda memiliki dua pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda selama bulan Ramadhan. Dua kesempatan yang dimaksud adalah Sahurstunde dan berbuka puasa. Selama dua kali ini, cobalah untuk memukul asupan air Anda untuk menjaga tubuh terhidrasi dan sehat selama puasa.

Cobalah untuk minum 2 liter air selama jam berbuka puasa, Sahur atau di malam hari setelah Tarawih. Hal ini juga berguna untuk mengatasi kelemahan selama berpuasa.

2. Jangan malas - malasan

Bagi Anda yang berpuasa di rumah, jangan melakukan puasa sebagai alasan untuk duduk kembali. Para ahli bahkan menyarankan untuk tinggal di dalam rumah dengan berjalan kaki atau bermeditasi untuk menjaga puasa tetap fit.

Tak hanya baik untuk tubuh, aktivitas fisik yang tidak terlalu berat bisa membantu Anda melupakan kelaparan, lho. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menggunakan energi selama aktivitas fisik untuk berpuasa berat sampai magrib tiba.

3. Jangan banyak makan saat berbuka puasa

Banyak orang cenderung melahap segala sesuatu yang ada di depan mata mereka ketika mereka berbuka puasa. Bahkan, kebiasaan ini dapat menyebabkan perut terasa kembung dan Anda kelelahan. Tak jarang, rasa kantuk setelah makan juga menyebabkan.

Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah makan cukup sehingga tubuh Anda tidak "kaget." Anda harus menerapkan tips puasa sehat ini untuk setiap Iftar.

4. Makan makanan yang mengandung protein 

Asupan kalori tubuh biasanya berkurang selama berpuasa. Hal ini dapat menyebabkan otot-otot tubuh Anda menyusut.

Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai tips puasa. Karena mengonsumsi makanan kaya protein saat sahur dan berbuka puasa dapat meminimalisir otot yang menyusut saat berpuasa.

Ada banyak makanan kaya protein yang bisa Anda makan selama puasa, seperti edamame (9 gram protein per cangkir), dada ayam (27 gram protein), sampai ke yogurt Yunani (11 gram protein).

5. Jangan lupa makanan yang sehat dan herbal seperti sayur

Tips puasa sehat selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah dengan banyak mengonsumsi makanan alami saat Sahur dan Berbuka Puasa. Bahkan, mengonsumsi makanan alami dipercaya dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Makanan alami adalah makanan yang belum diproses seperti buah-buahan, sayuran hingga daging sapi atau ayam yang belum diproses.

6. Lakukan latihan ringan

Olahraga adalah aktivitas sehat yang masih perlu dilakukan selama berpuasa. Namun, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu sulit, seperti berjalan kaki, yoga atau sekadar mengerjakan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, menyirami kebun).

Olahraga ringan adalah kunci untuk tetap bugar selama puasa. Buatlah tips puasa ini agar Anda bisa lebih kuat dan sehat dalam berpuasa.

7. Hindari makanan dan minuman manis

Gula dapat memberikan energi untuk Anda, tetapi energi yang diberikan hanya sementara.

Misalnya, Anda makan banyak kue kering atau minum es teh manis selama suhor. Diperkirakan energi yang Anda dapatkan dari asupan ini hanya bisa bertahan 2 jam. Ketika gula darah mulai turun, Anda mungkin merasa lapar dan lesu.

Lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti nasi, kentang atau pasta untuk mengatasi kelemahan selama berpuasa. Demikian juga, makanan kaya protein seperti daging dan kacang-kacangan.

8. Hindari makanan yang mendung minyak berlebihan

Gorengan merupakan salah satu takjil yang sangat mudah didapat. Sayangnya, makanan ini sangat tidak sehat bila dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, batasi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Cobalah teknik memasak lain untuk membuat menu berbuka puasa yang sehat.

9. Tidur yang cukup

Banyak orang cenderung mengantuk selama berpuasa. Hal ini tidak benar-benar disebabkan oleh kurangnya asupan makanan di siang hari. Rasa kantuk yang terjadi karena Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Pola tidur orang yang berpuasa akan sedikit berubah. Anda akan bangun lebih awal untuk sahur. Oleh karena itu, bahkan waktu tidur malam akan sangat rendah.

Nah, cobalah untuk beristirahat pada waktu-waktu tertentu. Dapatkan tidur malam yang baik untuk menjaga tubuh tetap bugar. Jika benar-benar ada waktu untuk tidur siang, jangan sia-siakan juga, ya.

10. Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda memiliki kondisi tertentu dan sedang menjalani perawatan kesehatan, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Kondisi medis tertentu yang memerlukan perawatan, seperti mengkonsumsi obat untuk kejang, masih harus dilakukan untuk mencegah masalah terjadi (jika dokter meresepkannya kepada Anda). Demikian juga antibiotik yang biasanya perlu diminum setelah makan.

Ketika Anda berpuasa, Anda secara otomatis tidak dapat mengkonsumsinya. Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan masalah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Ingat, tips puasa ini tidak boleh dilupakan.

Berbagai jenis tips puasa di atas dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Mari kita cintai tubuh kita dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi, tetap aktivitas fisik ringan dan menemui dokter jika kita masih dalam proses pemulihan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel