5 Tips Membeli Perhiasan Emas untuk Investasi Agar Tidak Salah

Tips Membeli Perhiasan Emas untuk Investasi Agar Tidak Salah - Investasi telah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang. Di antara banyak kendaraan investasi, emas masih menjadi salah satu yang paling dicari. 

Tips Membeli Perhiasan Emas

Tips Membeli Perhiasan Emas

Ada banyak alasan untuk ini, salah satunya adalah risiko investasi emas, yang dianggap rendah dan masih bisa dikendalikan. Harga emas terbilang stabil bahkan cenderung naik setiap tahunnya. Hal ini tentu akan membuat potensi keuntungan semakin besar. 

Selain emas batangan, emas dalam bentuk perhiasan juga digunakan sebagai pilihan. Tidak hanya mudah didapat, berinvestasi perhiasan emas seperti ini memiliki kelebihan tersendiri. 

Tapi pastikan Anda selalu memperhatikan saat membeli perhiasan emas seperti ini. Hal ini penting agar investasi yang dilakukan dapat berjalan dengan aman dan menguntungkan.

Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diingat saat berinvestasi dalam perhiasan emas: 

Bingung mencari kartu kredit terbaik? Lihat solusinya!

1. Temukan informasi harga emas terbaru

Seperti instrumen lainnya, Anda juga perlu melihat kondisi pasar sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Meski harga emas terbilang stabil di masa pandemi ini, namun juga cenderung fluktuatif, yang menjadikan hal ini sebagai salah satu pertimbangan. 

Namun, pastikan Anda memeriksa harga pasar emas terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. 

Tidak seperti emas batangan, perhiasan emas biasanya hadir dengan berbagai bentuk, beberapa bahkan dengan penambahan batu yang menarik. Akibatnya, harganya juga sangat mungkin bervariasi, karena perhiasan seperti ini biasanya menghabiskan sejumlah biaya produksi. 

Anda dapat memeriksa harga secara online dan membuat perbandingan sehingga Anda bisa mendapatkan perhiasan emas dengan harga terbaik di pasaran. 

2. Jangan lupa untuk mengecek harga

Perhiasan emas terdiri dari beberapa pilihan tingkat yang berbeda, sehingga harganya juga akan berbeda. Di pasaran Anda dapat menemukan perhiasan emas dari 9 karat hingga 24 karat untuk emas paling murni.

Perbedaan harga juga akan sangat signifikan. Semakin tinggi levelnya, semakin mahal harga untuk setiap gram perhiasan emas. Biasanya, emas dengan nilai tinggi akan lebih lembut, sehingga hanya datang dalam bentuk perhiasan sederhana. 

Sebelum membeli, pastikan Anda juga mengetahui harga emas untuk masing-masing level tersebut sehingga Anda dapat merencanakan investasi Anda dengan baik. Anda juga perlu memperhitungkan harga jual kembali perhiasan di masa depan. Emas dengan level tertinggi tentu akan memiliki harga jual yang lebih baik dan stabil, sama seperti harga jual emas batangan. 

3. Periksa kondisi emas secara detail

Perhiasan emas mana yang dibeli dan bagaimana kondisinya? Kedua pertanyaan tersebut harus menjadi sangat penting jika Anda ingin membeli emas dalam bentuk perhiasan seperti ini. Toko emas dapat menjual perhiasan yang telah dibeli kembali oleh pembeli sebelumnya. 

Selalu ada kemungkinan bahwa ada cacat atau bahkan noda pada perhiasan emas dan Anda harus memperhatikan semua ini. Pastikan Anda memeriksa setiap perhiasan emas yang ingin Anda beli secara rinci sehingga Anda tidak menderita kerugian di kemudian hari ketika Anda menjualnya kembali. 

4. Beli emas di toko yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi baik

Hindari membeli emas di toko, terutama jika Anda berbelanja online. Selain kualitas perhiasan emas itu sendiri, berbagai hal lain juga patut dipertimbangkan, seperti hasil penjualan dan lain-lain. 

Jangan biarkan diri Anda dikenakan biaya sejumlah besar potongan ketika Anda menjual emas. Atau Anda akan kesulitan menjualnya di toko emas lainnya. Untuk ini, beli perhiasan emas di toko yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya. 

5. Waspada terhadap emas palsu dan utuh

Lakukan pembelian emas dengan hati-hati, karena risiko pemalsuan atau penipuan emas selalu ada. Jangan tertipu dan beli emas yang hanya terbuat dari logam berlapis emas. Alih-alih untung, kondisi ini akan menyebabkan Anda menderita banyak kerugian. 

Hindari menawarkan harga emas yang murah dan tidak masuk akal, karena ini bisa menjadi indikasi emas palsu atau bahkan emas. Lagi pula, Anda tentu ingin mendapatkan keuntungan dari investasi perhiasan, bukan?

6. Mengurus aset perhiasan emas 

Bagi Anda yang berniat berinvestasi perhiasan emas, jangan hanya memikirkannya saat membelinya. Tetapi Anda juga perlu melakukan perawatan aset perhiasan emas dengan benar dan tepat. Hal ini berfungsi untuk menghindari munculnya goresan, patah tulang atau lainnya yang menjatuhkan nilai emas. Simpan aset perhiasan di dalam kotak dan pastikan Anda tidak mencampur perhiasan untuk mempertahankan warna emas. Dengan cara ini, nilai investasi bisa menguntungkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel