7 Obat Alami untuk Mengobati Nyeri Gigi yang Berlubang

Obat Alami untuk Mengobati Nyeri Gigi yang Berlubang - Kerusakan gigi adalah masalah gigi yang paling umum di Indonesia. Jika tidak diatasi dengan benar, rasa sakitnya bisa tak tertahankan seiring waktu. Selain minum obat penghilang rasa sakit sambil menunggu dokter, Anda juga bisa menggunakan obat alami. Apabila Anda yang mengalami gusi bengkak maka dapat menyimak ulasan penyebab gusi bengkak.

Obat Alami untuk Mengobati Nyeri Gigi yang Berlubang

Obat Alami untuk Mengobati Nyeri Gigi yang Berlubang

Pasalnya, kesadaran penduduk Indonesia terhadap kesehatan gigi masih sangat rendah. Hal ini juga yang mendasari adanya program edukasi untuk kebersihan mulut di sekolah, karena kebiasaan membangun harus dilakukan sejak dini. Jika kesadaran ini belum tumbuh, risiko mengembangkan gigi berlubang meningkat.

Kerusakan gigi disebabkan oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini dapat merusak gigi.

Jika tidak diobati dengan baik, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Anda dapat pergi ke dokter gigi, dokter akan melakukan pemeriksaan sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menangani karies. Anda pasti pernah mendengar tentang mengisi gigi Anda, bukan?

Prosedur ini terdiri dari mengebor gigi berlubang dan kemudian mengisinya dengan bahan yang aman untuk mengisi gigi - seperti campuran perak, emas. Tapi, jika giginya selaras, tetapi Anda tidak bisa langsung pergi ke dokter. Maka cara alami bisa menjadi pilihan Anda.

Pilihan obat alami untuk gigi berlubang

Kabar baiknya adalah Anda dapat menemukan bahan-bahan di rumah sebagai pengobatan untuk rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan gigi. Dikutip dari Medical News Today, beberapa solusi alami atau tradisional dapat mencegah dan menghentikan munculnya pembusukan sebelum lubang terbentuk.

Berikut adalah beberapa bahan dan cara untuk mencobanya:

1. Bawang putih

Bawang putih dapat memiliki efek antibakteri dan sangat direkomendasikan sebagai obat alami dan tradisional untuk kerusakan gigi. Selain itu, bawang putih juga dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan gigi dan membuat gusi dan gigi lebih sehat.

2. Garam

Ya, Anda bisa menggunakan garam sebagai obat alami, serta rongga tradisional. Garam mengandung antiseptik dan agen antibakteri. Anda dapat menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, mengatasi infeksi, dan mencegah perkembangan bakteri di mulut.

3. Akar Kayu Manis

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Natural Products of the American Chemical Society, licorice, juga dikenal sebagai akar manis, diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan gigi. Ada senyawa licoricidin dan licorisoflavan A yang memiliki efek antibakteri dan berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Tidak hanya itu, licorice sebagai naturopati juga tradisional dan juga dapat mengurangi plak pada gigi. Anda bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan batang lunak secara langsung sebagai sikat gigi.

4. Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C, yang memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah berupa kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi akibat infeksi bakteri.

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan kunyit dalam bentuk bubuk, atau Anda dapat mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air hangat.

Atau, campurkan 1/2 bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard dan kemudian oleskan saat memijat gigi dan gusi. Biarkan meresap selama 10 menit dan kemudian ludahkan campurannya.

5. Cengkeh

Sifat antiinflamasi, analgesik dan antibakteri menjadikan cengkeh sebagai salah satu bahan penting untuk mengatasi masalah gigi. Tidak hanya itu, cengkeh sebagai obat sakit gigi alami juga secara tradisional mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah penyebaran kerusakan gigi.

Inilah cara Anda dapat mencobanya:

Larutkan 2 hingga 3 tetes minyak cengkeh dengan 1/4 sendok teh minyak wijen. Celupkan kapas ke dalam larutan dan ketuk pada rongga. Lakukan perawatan ini di malam hari sebelum tidur.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mengunyah seluruh cengkeh hingga diekstraksi menjadi minyak. Biarkan cengkeh di bawah lidah selama beberapa menit.

6. Oil Pulling

Oil Pulling adalah teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdian – berasal dari budaya India – digunakan berabad-abad yang lalu. Manfaat yang ditawarkan obat alami untuk kerusakan gigi ini adalah dalam bentuk detoks oral. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak wijen atau minyak zaitun. 

7. Lidah Buaya

Biasanya, lidah buaya digunakan sebagai perawatan wajah sekaligus perawatan rambut. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk menenangkan juga mampu menebalkan rambut.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat alami, serta rongga tradisional.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, gel lidah buaya dikatakan dapat membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Namun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan pada apakah lidah buaya dapat membantu mineralisasi enamel gigi di gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....