Bersyukur Adalah Kuncinya

Bersyukur Adalah Kuncinya - Sering kali apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harapan yang kita miliki. Lantas bagaimana cara kita menanggapi hal tersebut? Jawabannya ialah bersyukur, karena dengan bersyukur bisa menambah kenikmatan yang kita rasakan saat ini. Terlebih kita harus menerima dan mensyukuri apa yang sudah dikehendaki oleh Allah swt. Pada hakikatnya sebaik-baiknya rencana adalah rencana milik Allah swt. 

Bersyukur Adalah Kuncinya

Bersyukur Adalah Kuncinya

Sebagai seorang muslim harus menanamkan hal tersebut pada diri kita masing-masing, karena apa yang kita lihat baik untuk diri kita belum tentu baik menurut Allah swt. Begitupun sebaliknya, apa yang kita lihat buruk belum tentu buruk menurut Allah swt, bisa jadi hal tersebut adalah baik untuk diri kita. 

Setiap manusia memiliki jalan kehidupan masing-masing, jangan pernah menyamakan proses yang kita jalani dengan proses yang dimiliki oleh orang lain. Karena, proses setiap orang itu berbeda-beda. Mungkin ada yang sekali melangkah langsung berhasil, tetapi ada juga yang sekali melangkah kemudian gagal, bahkan ada yang melangkah berkali-kali tapi tetap gagal terus. Harus kita ingat bersama bahwa kegagalan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, melainkan ialah awal dari perjuangan itu sendiri. Kegagalan bukanlah hasil, melainkan bagian dari sebuah proses untuk menggapai sebuah keberhasilan.

Tugas kita sebagai manusia adalah berdoa dan berusaha untuk menggapai apa yang kita inginkan. Untuk hasilnya, kita serahkan kepada allah swt. Karena Allah lah yang paling tau mana yang terbaik untuk diri kita. Percayalah bahwa, usaha tidak pernah mengkhianati hasil dan sebaik-baik hasil adalah yang diberikan oleh allah swt. 

Karena Allah memiliki rencana tersembunyi untuk setiap hambanya, tinggal kita bagaimana menyikapi rencana yang telah diberikan oleh allah swt tersebut. Akankah kita bersyukur dan menerima dengan ikhlas kemudian terus melangkah maju? ataukah hanya mengeluh dan berputus asa? Itu semua tergantung pada pilihan yang kita ambil!

Pasalnya kita kurang bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini. Kecenderung melihat apa yang dimiliki oleh orang lain dan menginginkan hal serupa. Jika kita tidak merubah hal tersebut maka sampai kapanpun kita tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang kita miliki saat ini. 

Lantas bagaimana cara agar kita bisa lebih bersyukur dengan keadaan saat ini?  Adalah dengan cara kita selalu mengintropeksi diri, ingat baik-baik bahwasannya diluar sana masih terdapat banyak orang yang lebih kurang beruntung dari pada keadaan kita saat ini. Kita harus beryukur masih bisa makan dan minum enak, coba liat di luar sana banyak orang-orang yang makan dengan seadanya, bahkan ada juga yang sudah tidak makan selama berhari-hari. Masih pantaskah kita mengeluh dengan keadaan kita saat ini??

Ingat mengeluh hanya akan membuat hidup kita menjadi semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan dan kebahagiaan. Bukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi dengan bersyukurlah yang akan menjadikan kita bahagia.

Penulis: Muhammad Azam Atsan (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....