Perbedaan Domain dan Hosting Serta Fungsinya Pada Website

Perbedaan Domain dan Hosting Serta Fungsinya Pada Website - Setiap situs yang ada di dunia ini pasti memiliki domain dan hosting. Keduanya memiliki fungsi yang krusial untuk website. Perbedaan domain dan hosting ini perlu diketahui agar tidak mengartikan karena keduanya memiliki fungsi berbeda. 

Perbedaan Domain dan Hosting Serta Fungsinya Pada Website

Saat ini, layanan hosting murah Indonesia bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya pada layanan Niagahoster. Pengertian dan perbedaannya akan dijelaskan pada artikel berikut ini. Selain itu, peran antara domain dan hosting juga akan dijelaskan lebih rinci. 

Pengertian Domain 

Domain adalah identitas dari website yang ada di internet. Jika ditelusuri lebih lanjut, website ini seperti rumah dan domain adalah alamatnya. Oleh sebab itu, tamu yang ingin ke rumah Anda, tentu harus mengetahui alamat agar bisa masuk dan bertemu dengan Anda. 

Ini sama halnya dengan domain yang merupakan pengenal atau ciri khas dari website Anda dibandingkan lainnya. Setiap website menyimpan alamat yang unik yang pada mulanya disebut dengan alamat IP. 

Namun, alamat tersebut sulit diakses oleh pengunjung karena formatnya dalam bentuk angka sehingga sulit dihafal. Oleh sebab itu, dibuatlah nama domain untuk mempermudah pengunjung mengakses website. 

Pengertian Hosting 

Setelah mengetahui domain, lalu apa itu hosting? Hosting adalah tempat menyimpan data dari website yang diibaratkan sebagai lahan dari rumah tersebut. 

Berlangganan hosting menjadi sangat penting terutama bagi pembuat website karena jika tidak ada hosting, website akan kosong karena tidak ada data apapun yang tersimpan. 

Dari hosting tersebutlah Anda bisa mendapatkan berbagai template, foto, sampai dengan video yang ada di website. Jadi, hosting penting untuk menjalankan website secara normal. 

Perbedaan Domain dan Hosting 

Berikut adalah perbedaan domain dan hosting yang mendasar agar Anda bisa memahaminya lebih mudah. 

1.  Dari Segi Format dan Bentuk 

Jika dilihat secara nyata, perbedaan domain dan hosting ini ada di kedua format dan bentuk yang berbeda. Untuk domain sendiri, memiliki elemen alamat website dengan menggunakan link atau URL. 

Selain itu, ada pula banyak jenis domain yang bisa dipakai. Contoh ekstensi domain yang populer seperti .com, .id, .ac.id, dsb. Sedangkan untuk hosting memiliki bentuk yang umumnya dapat berupa perangkat keras yang bisa disentuh maupun perangkat lunak. 

2. Dari Segi Fungsi 

Perbedaan domain dan hosting lainnya yaitu dari segi fungsi. Keduanya memang elemen yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Namun, domain dan hosting memiliki fungsi yang berbeda. 

Domain berfungsi untuk identitas website agar pengunjung bisa masuk ke website yang diinginkan. Sedangkan hosting memiliki fungsi sebagai penyimpanan file dan data yang ada di dalam website.

Hosting juga mempengaruhi kecepatan dari website karena kapasitas server yang baik dan besar membuat website bekerja lebih optimal dan cepat. Salah satunya adalah VPS server yang memiliki kecepatan website yang lebih baik karena sumber dayanya yang besar. 

Peran Domain dan Hosting Pada Website 

Peran domain dan hosting untuk website saling berkaitan karena keduanya dapat membuat situs bisa mudah digunakan dan dikenali dengan baik. Adanya domain memudahkan pengguna untuk mengingat alamat dari situs Anda sehingga mereka akan lebih mudah mengaksesnya. 

Sedangkan untuk hosting berperan sebagai wadah penyimpanan data sehingga pengguna yang masuk ke website bisa melihat konten, desain website, sampai dengan gambar dan fitur yang ada di dalamnya. 

Dengan demikian, pengguna bisa mengakses semua sumber daya yang ada di dalamnya dengan baik. 

Kesimpulan 

Demikian perbedaan domain dan hosting yang mudah dipahami dengan baik. Jadi, yang dimaksud dengan domain adalah alamat website, sedangkan hosting adalah media menampung berbagai data di dalam situs. Silahkan kunjungi Niagahoster untuk mendapatkan domain dan hosting terbaik dengan harga murah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....