Perbedaan Setan, Jin dan Iblis

Perbedaan Setan, Jin dan Iblis - Pada kali ini kita akan membahas tentang perbedaan setan, jin dan iblis, sebelumnya apakah kalian udah pada tau perbedaannya? 

Perbedaan Setan, Jin dan Iblis

Perbedaan Setan, Jin dan Iblis

Nahh kalau belum tau yuk di simak penjelasan berikut ini:

1. SETAN

     Satu prinsip yang harus dipegang: Jin itu makhluk dan Setan adalah 'sifat' untuk menyebut setiap makhluk yang jahat, membangkang, tidak taat, suka maksiat, suka melawan aturan & semacamnya. Karena Setan itu sifat maka kata ini bisa melekat pada diri 'manusia dan jin'. Sebagaimana firman Allah ta'ala bahwa ada setan dari golongan jin dan manusia.

"(setan yang membisikkan itu) dari golongan jin dan manusia." (QS. An-Nas: 6)

2. JIN

     Jin adalah salah satu jenis makhluk Allah yang memiliki sifat fisik tertentu, Jin diciptakan dari bahan dasar api.

Allah ta'ala berfirman, "Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Dan Dia menciptakan jin dari nyala api." (QS. Ar-Rahman: 14-15)

     Jin memiliki kesamaan dengan manusia, seperti memiliki akal dan nafsu, dan juga mendapatkan beban perintah dan larangan syariat. Oleh karena itu, Ada jin yang muslim dan ada jin yang kafir dsbnya. Makhluk ini dinamakan jin, karena memiliki sifat 'ijtinan' artinya tersembunyi dan tidak kelihatan.

Allah ta'ala berfirman, "Sesungguhnya ia (iblis) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu di suatu keadaan yang kamu tidak bisa melihat mereka." (QS. Al-A'raf: 27)

3. IBLIS

     Iblis adalah nama salah satu jin yang menjadi gembongnya para pembangkang. Allah ta'ala berfirman,

"Ingatlah ketika Kami berkata kepada para malaikat 'Sujudlah kalian kepada Adam!' maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah." (QS. Al-Kahfi: 50)

     Iblis juga memiliki keturunan, sebagaimana umumnya jin lainnya. Allah ta'ala berfirman, "Iblis itu dari golongan jin, dan dia membangkang terhadap perintah Rab-nya. Akankah kalian menjadikan dia & keturunannya sebagai kekasih selain Aku, padahal mereka adalah musuh bagi kalian..." (QS. Al-Kahfi: 50)

Nah, In syaa allah sekarang kalian udah pada tau kan perbedaannya, semoga bermanfaat ya dan bisa menambah pengetahuan kita semua.

Ditulis Oleh: Hasna Hasanah mahasiswi STEI SEBI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....