5 Manfaat dari Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Manfaat dari Memiliki Skill Komunikasi yang Baik -  Meningkatkan kepercayaan diri dan dipercaya orang lain. Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, kita akan mengetahui bagaimana cara menyampaikan ide dan pikiran dengan penuh keyakinan dan percaya diri sehingga mampu mendapatkan kepercayaan dari orang lain akan ide dan pikiran yang kita sampaikan.

Manfaat dari Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Manfaat dari Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

1. Solusi pemecahan masalah/konflik

Kita tidak dapat memecahkan masalah dengan saling berdiam. Berkomunikasi adalah kunci penting dalam menyelesaikan masalah. Karena dengan berkomunikasi kita bisa mengetahui akar masalah yang sering kali terjadi hanya karena miss-komunikasi.

2. Skill penting dalam dunia kerja

Semua bidang dalam dunia kerja atau profesional menuntut kita untuk memiliki skill komunikasi yang baik, dalam bentuk verbal maupun non-verbal. Kegiatan yang membutuhkan skill komunikasi yang baik di dunia kerja diantaranya: presentasi, menulis surat dan email, menyampaikan pesan, mendelegasikan tugas menyampaikan laporan, serta berkoordinasi dengan departemen lain.

3. Kunci menjadi seorang pemimpin yang baik

Pemimpin yang baik harus memiliki skill komunikasi yang baik. Karena seorang pemimpin harus mengetahui bagaimana cara memengaruhi anggotanya supaya mau mengikuti apa yang dia instruksikan. Sebagai contoh Presiden Soekarno adalah pemimpin yang memiliki skill komunikasi yang sangat baik, karena beliau dapat memengaruhi seluruh rakyat Indonesia untuk berjuang melawan penjajah.

4. Membina hubungan yang harmonis

Komunikasi yang baik dapat membuat hubungan antar manusia menjadi lebih erat, sehingga akan lebih mudah dalam mencapai tujuan bersama. Misalnya, sebuah keluarga akan lebih harmonis apabila beberapa atau semua anggota keluarganya memiliki skill komunikasi yang sehingga mampu menciptakan suasana yang hangat untuk saling mendukung dalam tujuan anggota keluarganya masing-masing.

5. Salah satu kunci kesuksesan

Apabila kita memiliki ide yang brilian, skill teknis yang baik, produk yang sangat hebat, namun kita tidak memiliki skill komunikasi yang baik, maka apa yang kita miliki tersebut menjadi percuma, karena tidak bisa kita komunikasikan dengan baik. Perlu diingat bahwa hampir semua orang sukses memiliki skill komunikasi yang baik.

Ditulis Oleh: Hasna Hasanah (Mahasiswi STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel