Sanitasi Adalah Kewajiban Kita Pada Lingkungan

Sanitasi Adalah Kewajiban Kita Pada Lingkungan - Pernahkah Anda mendengar kata sanitasi? Sanitasi adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menjamin kualitas lingkungan di sekitarnya agar memenuhi syarat-syarat kesehatan. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan yang bisa mempengaruhi kesehatan secara langsung misalnya air, tanah, dan udara. Kegiatan sanitasi meliputi berbagai kegiatan untuk memastikan tanah, air dan udara bersih dan layak digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Kegiatan ini menjadi kewajiban semua orang karena semua manusia memerlukan lingkungan untuk melangsungkan kehidupannya.

Sanitasi Adalah Kewajiban Kita Pada Lingkungan

Sanitasi Adalah Kewajiban Kita Pada Lingkungan

Apa itu sanitasi perlu diajarkan sedini mungkin agar bisa dilakukan secara berkelanjutan. Sebagai contoh, kebiasaan membuang sampah sembarangan, perlu dihilangkan dengan cara menanamkan kesadaran pada semua orang termasuk anak kecil untuk menjaga kebersihan lingkungan. Adapun contoh kegiatan sanitasi lainnya yang bisa dilakukan antara lain:

1. Sanitasi untuk menjaga kondisi air:

  • Tidak membuat pembuangan atau sepitank dekat dengan sumber air.
  • Tidak membuang sampah di selokan, sungai dan laut.
  • Membuat saluran pembuangan air. 

2. Sanitasi pada tanah:

  • Menanam tanaman hijau baik sayuran, buah dan pohon.
  • Mengelola sampah dengan baik agar tidak mencemari tanah.
  • Melakukan pilah sampah.

3. Sanitasi pada udara:

  • Tidak menghasilkan banyak polusi udara seperti mengurangi penggunaan mesin atau alat transportasi.
  • Beralih ke energi terbarukan yang minim polusi udara.
  • Menanam banyak pohon untuk penyerapan karbon.

Kegiatan sanitasi menjadi tanggung jawab bersama baik sebagai individu, masyarakat sebangsa dan masyarakat dunia. Secara internasional, Indonesia menjadi tuan rumah G20 dimana di dalamnya terdapat B20 yang membawahi sustainability dalam bidang kesejahteraan dan lingkungan hidup. Indonesia Sustainability mendorong peranan individu dan kooperasi dalam usaha melakukan sanitasi lingkungan dan mengurangi dampak buruk dari perubahan iklim. Indonesia Sustainability merupakan sebuah program kolaborasi antara Indonesia dengan negara-negara Eropa yang tergabung dalam E20.

Di tahun pertamanya ini, Indonesia Sustainability menggelar ajang penghargaan untuk mereka yang sudah memiliki program dan menjalankannya untuk tujuan sustainability di berbagai aspek lingkungan khususnya pada usaha menyediakan air bersih, pengurangan sampah plastik dan daur ulang sampah. Siapa saja bisa ikut dalam ajang lomba ini yang akan diumumkan hasilnya sebelum pembukaan KTT G20. Anda punya kandidatnya? Segera daftarkan melalui website resmi Indonesia Sustainability sekarang juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel