Peran Mahasiswa Dalam Mengembangkan Pendidikan di Kalangan Desa Terpencil

Peran mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan di kalangan desa terpencil - Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. 

Peran mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan

Peran mahasiswa dalam mengembangkan pendidikan

Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Indonesia merupakan negara yang masih minim akan pendidikan. Masih banyak desa desa kecil yang belum mendapatkan sebuah pendidikan, padahal pendidikan sangatlah di butuhkan apalagi terkhusus nya anak remaja. Dengan pendidikan para remaja akan mendapatkan masa depan yang cerah dan terjamin. Dengan pendidikan juga anak remaja tidak akan terjerumus kepada hal hal yang buruk. 

Mahasiswa merupakan salah satu SDM ( Sumber daya manusia ) yang di butuhkan dalam mengembangkan pendidikan terkhusus nya pada kalangan masyarakat yang masih minim mengetahui akan teknologi zaman sekarang. Dengan ilmu ilmu yang dimiliki mahasiswa maka mereka dapat merealisasikan ilmu tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Misalnya dengan mengadakan KKN ( Kuliah Kerja Nyata) atau pengabdian masyarakat dan lain sebagainya. Dengan acara acara seperti ini mahasiswa dapat mengajarkan berbagai hal dalam pendidikan agar anak anak yang ada di desa juga dapat berkembang mengikuti perkembangan zaman sekarang.

Masih banyak anak anak yang pintar di kalangan masyarakat akan tetapi otak yang mereka miliki masih jarang diasah dan mereka sudah mendoktrin bahwasanya mereka tidak butuh akan pendidikan. Mereka mengira bahwa bekerja yang menghasilkan uang lebih baik dari pada mengejar pendidikan yang menghabiskan banyak uang. 

Maka dari itu, sebagai mahasiswa harus dapat mengubah stetemen ini dan menjelaskan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi mereka dimasa depan kelak.  Apabila pendidikan mereka meningkat dengan baik pada bidang masing masing. Maka, tingkat kesulitan dalam ekonomipun akan menurun karena angka pengangguran akan turun. Apabila ekonomi membaik maka tingkat kematian pun akan berkurang dan masih banyak hal positif lainnya yang terjadi. 

Jadi untuk para mahasiswa jangan pernah mengeluh dalam mengembangkan pendidikan dikalangan masyarakat. Jika bukan mahasiswa maka siapa lagi?

Ditulis Oleh: Syifatiani Kurnia (Mahasiswi STEI SEBI) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel