Bagaimana Makna Bahagia Dalam Pandangan Islam ?? Berikut Penjelasannya!

Berikut Makna Bahagia Dalam Pandangan Islam - Pembahasan ini paling banyak terjadi diantara kalngan anak muda zaman sekarang,apa itu bahagia dan bagaimana agar bisa bahagia ?. Pada tahun 2015 ada penelitian  berapa banyak orang-orang yang stress di daerah Ibu Kota Jakarta, penelitian itu mengatakan bahwa sepertiga orang Jakarta  itu strees karena segala macam kehidupan yang mereka jalani dan 2/3 nya depresi ,karena  di dunia ini hampir gak ada orang yang merasa depresi dan stress dalam kehidupan.  

Makna Bahagia Dalam Pandangan Islam

Makna Bahagia Dalam Pandangan Islam

Berdasarkan hasil survei Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) pada bulan oktober 2022 , sebanyak satu dari tiga remaja berusia 10-17 tahun di Indonesia memiliki masalah kesehatan mental dalam 12 bulan terakhir. Jumlah itu setara dengan 15,5 juta remaja di dalam negeri. Karena  kebanyakan orang itu akhirnya mereka mencari kebahagiaan yang akhirnya mereka  tidak mendapatkanya. 

Makanya   zaman sekarang  terutama selama pandemic covid -19 itu paling banyak di sorot di social media itu tentang mental health ( kesehatan mental ) . Banyak orang merasa dirinya itu tidak bahagia,tidak mendapatkan kebahagiaan sama sekali,makanya fokus orang zaman sekarang adalah bagaimana caranya mencari bahagia. 

Makna Bahagia Dalam Islam

Ada banyak sekali konsep kebahagiaan yang ditawarkan oleh orang-orang, ada yang bilang bahwa kebahagiaan itu ada pada materi dan juga ada yang membahas bahwasanya happiness itu ada pada relationship,yang menjadikan konsep manusia berpikir bahwasannya tidak mempunyai uang tapi  mempunyai relationship bisa membuat merasa bahagia dan terdapat banyak teori lainnya , maka teori-teori di atas bisa jadi benar dan  bisa jadi salah,karena jikalau membahas tentang kebahagiaan,kebahagiaan itu nggak pernah ada pada materi. 

Karena kalau kebahagiaan itu ada pada materi maka orang kaya pasti semua masalahnya beres,nyatanya terdapat  banyak  orang kaya yang  bunuh diri. Pada tahun 2020 diadakan penelitian ada dua hal yang kata anak muda generasi z dan milenials mereka sebutnya zenials mengatakan bahwa kalau mereka punya dua hal ini mereka pasti bahagia,pertama yaitu Wells,yang kedua Famous. Yang menjadi pertanyaan 'ada nggak orang-orang terkenal dan kaya bunuh diri' ?? ada,bahkan sangat banyak sekali. 

Makna Bahagia

Artinya kebahagiaan itu tidak selalu terdapat  pada harta,kalau ada orang merasa bahwasanya dirinya  akan lebih bahagia,jikalau menjadi orang terkenal atau lebih bahagia ketika mempunyai uang, bisa dipastikan orang itu  belum pernah punya uang atau belum pernah terkenal sebelumnya. Pada salahsatu kajian Ustadz Felix,beliau membahas tentang “PURSUIT OF HAPPINESS” beliau menyampaikan dalam kajian tersebut ,seorang Jim Carrey seorang komedian,artis kanada-amerika  itu pernah  mengatakan “saya berdoa semoga  semua orang di dunia kaya raya, supaya mereka semua tahu bukan di situ letak kebahagiaan yang mereka cari”. 

Artinya kebahagiaan bukan terletak pada fisik / harta , begitu pula relationship ( suatu hubungan ) juga bukan tolak ukur bahagia, makanya Allah swt, sampaikan di dalam Alquran ada banyak yang seolah-olah manusia mengira kebahagiaan  ada pada istri ,suami, anak-anak, harta perniagaan , emas perak ,barang-barang tunggangan,ternak-ternak lalu kemudian, ladang-ladang dan segala macam dan  semua itu hanyalah fatamorgana kehidupan. Islam punya konsep yang sederhana. Bahagia itu bukan mindmade ,bahagia itu bukan buatan manusia dan bukan barang yang bisa diambil dan ditemukan . 

Dalam  pandangan Islam sederhananya kebahagiaan itu adalah pemberian Allah pada hambanya dan tidak akan mungkin hamba itu merasa bahagia kecuali kalau Allah yang  kasih kebahagiaan terhadap dia ,makanya ketika Allah sampaikan di dalam Alquran salah satu rasa bahagia itu ada pada ketenangan ,beda antara senang beda antara tegang sama tenang , kebahagiaan itu salah satu konsepnya ada pada ketenangan Allah sampaikan di dalam Alquran berkali-kali di dalam Alquran kalau ada kalimat  sakinah yang artinya adalah ketenangan dan Allah selalu pakai kalimat  kami menurunkan atau  kami turunkan ketenangan kebahagiaan di hati orang-orang mukmin. Lihat lawan kata daripada kebahagiaan, lawan katanya adalah takut dan merasa khawatir ,khawatir sama takut itu beda. Khawatir Itu dari luar seperti  khawatir musuh nyerang. 

Sedangkan takut itu dari dalam diri bayangan kita sendiri. Maka Allah turunkan Sakinah di dalam dan  di luar hati kaum muslim untuk menghilangkan khawatir ,takut dan sedih, Allah memberitahu ketika  seorang hambanya  merasa kebahagiaan ada pada selain-Nya, maka allah akan kasih peringatan. 

Perlu kita ketahui bahwasannya setiap hati manusia itu pasti  terkoneksi  dengan Allah, terkadang  orang yang  tidak mengerti bahwa dia itu terkonek sama Allah, manusia akan  mencari kebahagiaan pada yang lain padahal ada pada sisi Allah kebahagiaan itu.  Kebahagiaan itu akan Allah kasih ketika manusia itu taat, karena dengan ketaatan manusia akan mendapatkan kebahagiaan,ketenanangan dalam hidupnya. Inti konsep bahagia menurut islam adalah ketika kita tidak punya keresahan ketakutan,karena lawan kata dari bahagia itu ketakutan dan kesedihan. 

Sumber : https://youtu.be/JfOn-8bZ6ac

Ditulis Oleh: Shofi Hanifa Fauziah (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel