Mintalah, Allah Pasti Memberi

Mintalah, Allah Pasti Memberi - Kita sudah berdo’a meminta kepada Allah, tapi Allah tak kunjung memberikan apa yang kita harapkan? Adakah sesuatu yang terlupa yang lalai kita kerjakan? Manusia selalu menuntut Sang Pencipta untuk memenuhi harapan-harapan mereka secara cepat. 

Mintalah, Allah Pasti Memberi

Mintalah, Allah Pasti Memberi

Namun, sudahkah kita sebagai hamba-Nya bergegas pula memenuhi panggilan-Nya? Allah maha pemberi. Bila kita meminta, pasti Dia memberi karena Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Kita hanya perlu belajar bagaimana cara meminta, bagaimana cara membujuk Sang Khalik agar bersedia memberikan apa yang kita harapkan. Di dalam buku ini kita akan dituntun untuk semakin dekat bersahabat dengan Allah yang Maha Pemberi.

Beberapa sebab dan alasan mengapa do’a kita tak dikabulkan, semua itu kembali kepada diri kita masing-masing, seberapa dekat kita dengan-Nya dan seberapa taat kita menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Konon, ada orang-orang yang do’anya mustajab dan dikabulkan Tuhan karena kedekatan dan kesalehan orang tersebut. Apakah kita tergolong hamba-Nya yang kurang dekat atau kurang taat kepada-Nya, lalu doa-doa kita tak didengar dan dikabulkan oleh-Nya? Mungkin ya, tapi mungkin juga tidak! Di luar semua hal menyangkut syarat-syarat. Syariat yang memungkinkan doa kita dikabulkan, Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Mengabulkan Doa hambanya dan maha segala-galanya.

Doa merupakan ucapan dan perbuatan yang kita panjatkan kehadirat Allah SWT, tentang sebuah keinginan kita. Doa kadang kala bisa menjadi pengharapan terakhir terhadap suatu permasalahan yang manusia kadang tidak tahu apa yang bakal terjadi berikutnya. Tentu dengan doa, usaha, dan penyerahan diri terhadap doa tersebut, kita akan merasa lebih yakin, bahwa cita-cita yang kita inginkan bakal tercapai dan dengan penyerahan diri terhadap doa tersebut kita harus benar-benar yakin bahwa Allah telah tahu apa yang terbaik untuk kita dan akan mengarahkan langkah-langakah kita menuju hal yang lebih baik tersebut.

Pada saat kita sedang mempunyai permasalahan yang harus kita pecahkan dan saat kita mengalami kebuntuan masalah, maka yang kita butuhkan adalah kekuatan dari sebuah doa, cinta, dan keyakinan. Kita harus terus berdoa dengan penuh semangat dan yakin bahwa Allah akan memberikan jalan yang paling baik yaitu jalan yang kita inginkan, yaitu jalan yang penuh cinta dan kasih sayang.  

Sebagai manusia, kita kadang mengeluh mengapa doa-doa yang kita panjatkan tidak kunjung dikabulkan oleh Allah Swt. Hal ini tentu membuat kita resah. Akan tetapi keresehan itu sebenarnya diakibatkan oleh diri kita sendiri yang cenderung tidak sabar dalam berdoa. Kadang kita hanya menganggap doa-doa kita terjawab ketika mendapatkan anugerah yang besar, misalnya berhasil membeli rumah, membeli kendaraan, mendapatkan anak, dan lain sebagainya. Padahal, jika kita mampu menyukuri doa-doa sederhana yang dikabulkan, Allah Swt. dapat memercayai kita dan tentu akan memudahkan kita dalam mendapatkan anugerah yang besar.

Intinya kita harus tetap berdoa. “Orang yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong”, jangan pernah berhenti berdoa kepada Allah, tapi tetap ada usaha. Kita dapat bercermin, ketika permintaan kita tak dikabulkan, memahami bila tak memperoleh apa yang kita pinta karena pastilah Allah SWT memiliki rencana terbaik bagi kita dibalik itu semua.

Ditulis Oleh: Ida Safitri (Mahasiswa STEI SEBI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel