Keindahan Air Terjun Haratai Loksado, Rute jalan dan Spot Foto

Air Terjun Haratai Loksado adalah sebuah air terjun yang sangat indah terletak di Desa Haratai Kec. Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Biasa dikenal Kabupaten ini adalah Kandangan. Loksado tepatnya berada di kawasan pegunungan meratus dengan penduduk asli di huni oleh suku Dayak Loksado. Sebenarnya di wilayah pegunungan meratus ini tedapat beberapa air terjun, namun pada kali ini saya ingin mengulas air terjun Harati. Alasan saya mengulas air terjun ini karena air terjun ini sudah dikenala sebagai air haratai waterfall kabupaten hulu sungai selatan kalimantan selatan yang sangat Indah.

Selain alam sekitar yang indah menyuguhkan panorama Alam dengan Pegunungan dan juga pepohonan yang Rindang, juga ditambah air terjunnya yang waaw sekali. Air terjun ini juga pertama kali dikenal oleh Masyarakat luas dan sudah banyak sekali di kunjungi para turis lokal maupun manca negara.

Air terjun haratai Loksado memiliki 2 tingkatkan dan yang menjadi favorit para pengunjung adalah tingkatan yang paling bawah karena tinggi air terjunnya sekitar 13 meter. Dan sungai yang ada di sini cukup dalam, jadi untuk pengunjung tidak di sarankan mendekati area bagian bawah air terjun. 

Adapun untuk jalan menuju air terjun haratai loksado anda dapat menggunakan kendaraan bermotor ataupun jalan kaki, namun lebih cepat dan mudah menggunakan motor karena jalannya sudah bagus untuk di lintasi menggunakan motor. Disini juga ada jasa penyewaan motor dan bagi yang bawa mobil bisa di parkir di area yang sudah disediakan oleh pengelola wisata.

Jarak tempuh kalau menggunakan motor sekitar 30 - 40 menit saja tergantung kecepatan si pengendaranya. Fasilitas di Air terjun Haratai HSS sudah cukup bagus ada gazebo yang berukuran besar, WC, dan juga jermbatan serta tangga khusus untuk memudahkan pengunjung wisata.

Jalan menuju air terjun haratai :
  • Dari arah Barabai menuju ke kandangan, disini saya akan mulai star dari perbatasan kota barabai-kandangan.
  • Setalah anda sampai di sana maka terus saja menuju arah kandangan melewati desa Bamban Utara lanjut ke Bamban dan Bamban Selatan - Angkinang terus sampai dengan Angkinang Selatan dan sampai di Pakumpayan lanjut lagi ke Bakarung dan sampai di Gambah Luar.
  • Nah, setelah sampai di pertigaan huruf (Y) silahkan pilih arah ke Kiri
  • Dan terus saja sampai anda menemui waterboom kandangan terus saja lanjut  saja maka Anda akan menemui ada pertigaan ditengahnya di bundaran ketupat silahkan ambil sebelah kiri menuju Loksado dan sambil lihat arah petunjuk jalan.
Adapun untuk tarif masuk wisatanya cukup murah:
  • Harga biaya masuk / orang : Rp. 3.000,-
  • Biaya Parkir Motor : Rp. 5.000,-
Spot Foto Air Terjun Haratai Loksado kandangan Hulu Sungai Selatan:







Bagimana ? apakah Anda tertarik untuk datang ke sini, air terjunnya yang Indah serta alamnya juga tidak kalah eksotis. Mudah-mudahan ulasan kali ini dapat menjadi referensi wisata bagi kalian ya, semoga bermanfaat dan selamat berwisata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel