Cara Cek Akreditasi Kampus di BAN-PT Secara Online, Mudah Sekali !

Cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi di BAN-PT secara online, berikut Tutorialnya. Cara Cek Status Akreditasi Universitas di BAN-PT dengan mudah secara Online. Nah, buat temen-temen calon Mahasiswa ataupun Mahasiswa yang ingin mengetahui status Akreditasi Kampusnya masing-masing maka Anda bisa mengeceknya di website resminya BAN-PT. Sebelum saya berikan tutorialnya maka dalam kesempatan kali ini saya akan berikan paparan tentang apa itu BAN-PT, Fungsi BAN-PT dan juga bagimana dampaknya bagi kalian apabila Kampus kalian tersebut tidak terdaftar di BAN-PT.


Pengertian BAN-PT

Apa itu BAN-PT ?

BAN-PT adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi disingkat dengan BAN-PT. Jadi BAN-PT ini adalah badan akreditasi yang sudah memperoleh wewenang dari  Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Negara Indonesia (RISTEKDIKTI).

Apa tujuan dari adanya BAN-PT ?

Dengan adanya BAN-PT maka di harapkan dapat meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi dalam memperkenalkan serta meluaskan mengenai "Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi" dan juga meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi serta meningkatkan efesiensi secara berkelanjutan di perguruan tinggi.

Apa Fungsi Utama dari BAN-PT ?

Jadi dengan adanya BAN-PT ini memiliki fungsi yang penting, selain tidak lepas dari tujuan adanya BAN-PT fungsi Utama BAN-PT menurut aturan perundangan yang ada yaitu UU No. 20 tahun 2003, PP No. 60/1999, SK Menteri Pendidikan Nasional No. 118/U/2003, pada dasarnya adalah untuk membantu Menteri Pendidikan Nasional dalam melaksanakan salah satu kewajiban perundangannya yaitu, mengenai penilaian mutu perguruan tinggi baik itu Perguruan Tinggi Negeri, Keagamaan ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Bagaimana jika Kampus Tidak Terdaftar di BAN-PT ?

Dan perlu saya ingatkan kepada mahasiswa ataupun calon mahasiswa silahkan cek kembali apakah kampus kalian atau kampus yang ingin kalian tuju sudah terdaftar di BAN-PT ?, kalau tidak terdaftar maka saya sarankan cari kampus yang sudah terdaftar di BAN-PT. Kalau kalian kuliah di Kampus yang tidak terdaftar di BAN-PT maka kampus tersebut mempunyai Tanda tanya yang besar, bisa jadi Ijazah kalian akan tidak di akui nantinya apabila kalian kuliah di kampus yang tidak terdaftar di BAN-PT ini. Dan solusinya jika kampus tidak terdaftar di BAN-PT, segera daftarkan agar statusnya legal secara Hukum.

Dan untuk mengecek status Akreditasi Kampus ataupun Daftar Kampus yang sudah terdaftar di BAN-PT, silahkan Anda simak tutorialnya berikut ini..!

Cara Mengecek Akreditrasi Kampus di BAN-PT secara Online Dengan Mudah

1. Silahkan Anda kunjungi webiste resmi BAN-PT, klik alamat ini : https://banpt.or.id/
2. Silahkan Anda Scroll kebawah pada bagian menu Direktori => Pilih Institusi
3. Kalau Anda ingin melihat akreditasi prodinya silahkan pilih Direktori  => pilih Program Studi

  • Lihat gambar dibawah ini !



4. Ketik Nama Institusi atau nama kampus yang ingin kalian ketahui Akreditasinya, silahkan Anda Lihat Gambar dibawah ini...!

Nah, dengan hasil yang ditampilkan pada layar, maka kita akan dapat mengetahui Akreditasi kampus dan juga dapat mengetahui bahwa kampus tersebut sudah terdaftar di BAN-PT. Anda juga dapat mengetahui Peringkat Kampus tersebut, No SK Akreditasinya, Tahun Peneribitan SK-nya, juga Tanggal Kadaluarsanya serta Status Kadaluarsanya. 

Bagimana dengan cara ini ? cukup mudah untuk di coba bukan?, semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat buat kita semua terutama bagi calon Mahasiswa ataupun Mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliahnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, sampai jumpa di tutroial yang lainnya, tetap simak dan kunjungi situs Mediasiana.com. Karena istus ini akan terus update menyajikan tutorial yang unik dan juga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Badan_Akreditasi_Nasional_Perguruan_Tinggi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel