Pengertian Populasi Dan Sampel Menurut Prof Dr Sugiyono

Hai temen-temen  berjuma kembali di blog aku AnakSDM, kali ini aku akan menyajikan tentang Populasi dan Sampel dalam penelitian menurut Prof. Dr. Sugiyono, mari langsung simak uraiannya di bawah ini..!

1. Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakrteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Jadi populasi itu bukan hanya orang namun juga obyek ataupun benda-benda alam lainnya. populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek/subyek yang dipelajari, tetapi juga meliputi karakteristik / sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek itu sendiri.

Misalnya akan melakukan penelitian disekolah X, maka sekolah X ini merupakan populasi. Sekolah x mempunyai sejumlah orang /subyek dan obyek lain. Hal ini berarti populasi dalam arti jumlah/kuantitas. Tetapi sekolah x mempunyai karakteristik orang-orangnya, misalnya motivasi kerjanya, disiplin kerjanya, kepemimpinannya, iklim organisasinya, dan lainnya. Serta sekolah X ini mempunyai karakteristik obyek yang lain seperti kebijakan prosedur kerja, tata ruang kelas, lulusan yang dihasilkan dan lainnya. Maka populasi bisa dikatakan adalah sebuah karakteristik.

2. Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah karakteristik (populasi). Contohnya total siswa di sekolah X 100  siswa, dan akan di ambil 10 siswa, maka 10 siswa tersebut tadi disebut sampel, karena termasuk dalam populasi yang ada disekolah X tersebut.

Sumber : Sugiyono (2013:80-81)

Daftar Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung, 2013.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Populasi Dan Sampel Menurut Prof Dr Sugiyono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel