Pengertian Variabel Penelitian Menurut Prof Dr Sugiyono

Pengertian Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.

Secara teoritis variabel dapat didefenisikan sebagai atribut seseorang atau obyek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan orang yang lainnya atau obyek satu dengan obyek yang lainnya. Adapun bentuk-bentuk variabel dapat berupa: Tinggi, berat badan, sikap, motivasi, kepemimpinan, disiplin kerja hal tersebut adalah sering disebut atribut dari seseorang. Sedangkan untuk atribut obyek seperti warna, ukuran, bentuk, berat.

Macam-macam variabel
Menurut hubungan antar satu variabel dengan variabel yang lain maka macam-macam variabel dalam penelitian dapat dibedakan menjadi lima variabel yaitu :

1. Variabel Independen
Variabel indepden sering disebut sebagai variabel stimulus, prediktor, antecedent. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai variabel bebas. variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).

2. Variabel Dependen
Sering disebut variabel output, kriteria, konsekuen. Dalam bahasa Indonesia sering disebut variabel terikat. variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena danya variabel bebas.

3. Variabel Moderator
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antar variabel independen dan variabel dependen. Variabel ini disebut sebagai variabel independen kedua. 

4. Variabel Intervening
Variabel ini adalah variabel penyela/antara yang terletak di antara variabel independen dan variabel dependen, sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen.

5. Variabel Kontrol
Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel indpenden terhadap variabel dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang diteliti. Variabel kontrol sering digunakan peneliti bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan.

Sumber : Sugiyono (2013:39-40)

Daftar Pustaka: Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung, 2013.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Variabel Penelitian Menurut Prof Dr Sugiyono"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel