Tehnik Yang Baik Dalam Memberikan Pujian Pada Anak

Anak-anak pada hakekatnya suka sekali dipuji apalagi orang tuanya membanggakannya dan  menyanjungnya. Namun bagi orang tua ada baiknya jangan terlalu membanggakan anaknya didepan orang lain. Memuji boleh-boleh saja namun janganlah terlalu berlebihan, karena kondisi sikologi anak yang suka di sanjung ataupun dipuji bisa berdampak buruk juga kalau cara orang tua masih salah.


Hendaknya orang tua memberikan pujian pada anak dengan hal sewajarnya, seperti:

1. Berikan pujian dengan sewajarnya

Apabila anak anda berhasil melalukan sesuatu atau meraih prestasi lakukanlah pujian dengan sewajarnya namun jangan juga terus di puji di khawatirkan nantinya anak anda lupa diri dan membanggakan dirinya pada orang lain dan meremehkan teman-temannya, hal ini sanat tidak di sarankan karena tidak bagus bagi psikis anak.

2. Berikan pujian dengan Tulus

Seorang anak-anak suka dipuji orang tauanya dengan tulus tanpa ada dusta. Dengan pujian yang tulus yang di berikan oleh anda selaku orang tua dapat membangun karakter anak dengan baik. Terkadang ada saja orang tua memuji anaknya tidak tulus, karena terpaksa melihat anak orang lain di puji dan terpaksa dia memuji anaknya karena anaknya iri dengan perlakuan orang tua temannya.

3. Berikan pujian untuk mengubah karakter anak

Memuji perbuatan anak juga di anjurkan seperti, anak mami yang cantik tolong bersihkan meja ruang tamu dong, yang mana mainan kamu ada di atas meja iu. Dengan memuji sambil memberikan pendidikan karakter agar anak tidak menjadi anak pemalas nantinya dan bisa menjadi anak yang bertanggung jawab.

4. Memuji anak tidak harus menggunakan kata-kata

Dalam meuji anak tidak harus menggunakan ucapan tapi dengan sorotan mata dan anggukan juga dapat membangun sikap optimisme anak, contohnya saja ketika anak anda sedang berlomba dan anda selaku orang tua memberikan semangat dan pujian melalui anggukan ataupun sorotan mata anda.

5. Hindari juga dalam meuji anak dengan memberi hadiah

Jangan biasakan memberikan hadiah pada anak kalau itu cara anda memberikan pujian, karena niat seorang anak nantinya tidak tulus mencintai orang tuanya. Takutnya nanti anak anda melakukan sesuatu berdasarkan hadiah bukan ini siatif anak anda sendiri.

Pujian sangat penting dan menjadi bagian pada kehidupan setiap manusia, rasa optimisme, semanat dan motivasi seseorang juga dapat tumbuh pada pujian namun berikanlah pujian yang sewajarnya. Demikian ulasan tentang Tehnik Yang Baik Memberikan Pujian Pada Anak, semoga bermanfaat. Selamat mencoba...!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel