Widget HTML Atas

Ciri-Ciri dan Karakteristik Wirausahawan

Pengelompokan ciri-ciri dan karakter seorang wirausahawan secara umum dalam buku Kewirausahaan teori dan praktek oleh Dr. H. A. Rusdiana, Drs., M.M. halaman 122-125.

Jadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para wirausahawan muda agar nantinya bisa menjadi seorang Enterprenur yang hebat.  Karena dalam menjadi seorang wirausahawan itu ada banyak tantangan nantinya yang akan di hadapi.


17 Ciri-Ciri dan Karakteristik Wirausahawan

Jadi untuk membekali kualitas diri ada beberapa hal yang mesti di perhatikan dan di laksanakan seperti berikut ini:

1. Percaya Diri

Karakter yang masuk dalam ciri diri adalah memiliki rasa optimis, mandiri, jujur, berintegritas, matang, seimbang, berfokus, pada diri dan bertekad kuat. Dengan karakter tersebut seorang wirausahawan percaya bahwa dirinya memiliki kemampuan-kemampuan tertentu yang dapat digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran yang hendak dicapainya. Ia juga tidak akan goyah menghadapi segala ditengah perjalanan untuk mencapai tujuan,  memiliki harga diri yang tinggi,  tidak mudah menyerah. Pada saat mengalami kegagalan, ia menerimanya sebagai sumber belajar untuk menentukan upaya-upaya selanjutnya.

2. Berani mengambil risiko

Ciri ini meliputi karakter pengambil risiko yang moderat dan dapat diperhitungkan,  mampu belajar dari sebuah kegagalan, toleran terhadap ketidakpastian,  menyukai tantangan dan agresif. Dengan karakter tersebut seorang wirausahawan akan menyadari bahwa tidak semua faktor yang memengaruhi tercapainya hasil berada dalam pengendaliannya. Oleh karena itu dalam setiap usaha untuk mencapai keberhasilan,  kemungkinan untuk gagal dianggap sebagai suatu risiko. Nilai risiko bagi seorang wirausahawan dapat diperhitungkan atau diperkirakan secara intuitif. Apabila nilai kerugian dari risiko terlalu kecil bagi seorang wirausahawan tidak menarik untuk diambil karena kurang menantang. Sebaliknya apabila kemungkinan untuk berhasil terlalu kecil, ia pun tidak akan nekat untuk menghadapinya. Seorang wirausahawan hanya akan mengambil pilihan dengan risiko yang wajar dan realistis.

3. Kreatif - Inovatif

Energik,  banyak akal (resourcefull),  pengetahuan dan keterampilan luas (versatile), berdaya cipta, imajinatif, dan lulus (fleksibel) adalah karakter yang menjadi ciri kreatif dan Inovatif seorang wirausahawan.

Tidak menyukai kerutinan ataupun kemampuan yang menyebabkan seorang wirausahawan selalu kreatif menemukan hal-hal baru (inovatif).  Ia tidak akan menyukai jalan bantu dan akan menghadapi segala situasi dan kondisi dengan sikap fleksibel serta berupaya menemukan sumber - sumber alternatif sesuai dengan dasar wawasan yang yang luas.

4. Berorientasi Tugas dan Hasil

Karakter ini meliputi kebutuhan terhadap prestasi (neraka for achie-vement),  tekun dan teliti,  berorientasi pada sasaran,  efektif dan produktif serta berorientasi laba.  Seorang wirausahawan selalu berusaha mewujudkan setiap ide/gagasannya.

Begitu ia telah memulai tindakan, perhatiannya tertuju pada hasil yang ingin dicapainya.  Dengan Motivasi untuk berprestasi yang tinggi dan persediaan energi yang cukup,  ia akan berupaya untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkannya.

5. Kepemimpinan

Ciri-ciri seorang yang mempunyai jiwa kepemimpinan dapat dilihat dari bagaimana dia mengambil keputusan yang baik,  sistematis, berinisiatif, dan proaktif, dinamis, tanggap, terhadap kritikan dan saran kepribadian yang menarik,  mudah bergaul, kooperarif, bertanggung jawab, sadar pengaruh /kekuasaan serta berorientasi pada pelayanan.

6. Sadar Arus Waktu

Seorang wirausahawan harus sadar arus waktu yang ditandai dengan adanya karakter berupa memanfaatkan waktu dengan efisien, terarah ke masadepan, perspektif.  Dengan hal tersebut seorang wirausahawan akan dapat menggunakan waktu dengan sebaik baiknya.

7. Terobesi Oleh Kesempatan

Seorang wirausahawan selalu mencari dan memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk menciptakan produk atau jasa yang baru atau lebih baik dari yang sudah ada. Kesempatan dapat muncul karena adanya produk baru seperti munculnya telepon seluler,  komputer, digital dan lainnya.

8. Memiliki Motif Berprestasi

Orang yang memulai berbisnis harus mempunyai keyakinan diri yang kuat.  Jika kita akan menemukan uang pada risiko tertentu, kita harus mempunyai keyakinan akan berhasil. Jika mau berwirausaha kita harus mempunyai kebutuhan berprestasi (need for achivement) yang kuat.

Wirausahawan yang berhasil dicirikan oleh dorongan atau motivasi (drive), kemampuan berpikir,  kompetensi hubungan manusia, keterampilan teknis, dan komunikasi.

9. Mampu Mengerjakan Tugas Dengan Lebih Baik

Seorang wirausahawan harus memiliki kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan sebuah tugas dengan lebih baik daripada yang lainnya. Jika dapat memenuhi pekerjaan secara penuh berarti kita berhasil menyelesaikannya.

10. Kesabaran dan Kesiapan

Memulai usaha apapun selalu berisiko gagal, kesulitan dana, dan lainnya. Agar berhasil diperlukan waktu, kesabaran, dan kesiapan dalam menghadapi kendala - kendala yang datang.

11. Tidak Menunggu Semua Ada

Memulai usaha tidak perlu menunggu semua ada. Hal yang harus kita lakukan adalah memanfaatkan yang ada dan melengkapinya sambil berjalan. Perlu di ingat bahwa hal yang paling esensial untuk memulai bisnis adalah ide dan gagasan serta mewujudkannya.

12. Memiliki Hubungan Sosial Yang Baik

Memulai usaha sering memerlukan bantuan orang lain, seperti keluarga, teman, dan bank. Akan tetapi sebelum mencari dukungan dari orang lain harus mulai dari diri sendiri.


13. Menyukai Hal Yang Kita Lakukan

Modal utama menjalani usaha adalah menyenangkan usaha yang kita lakukan. Tanpa minat, kita akan mudah menyerah di tengah jalan saat mengalami berbagai persoalan.

14. Menguasai Ilmu dalam Bidang Usaha Yang Dilakukan

Ilmu adalah segala hal yang menyangkut usaha yang akan dilakukan. Dengan bermodalkan ilmu (skill) yang memadai, usaha yang dihadapi tidak akan tersendiri. Konsumen cenderung membeli barang atau jasa di tempat yang pengelolaan atau pengajian baik.

15. Memiliki Modal Usaha

Wirausahawan yang akan membuka usaha juga memerlukan modal. Modal dapat berupa modal sendiri atau kerja sama dengan orang lain.  Modal juga dapat berupa hubungan baik dan kepercayaan.

16. Amanah dan Jujur

Wirausahawan harus amanah,  jujur, dan teliti.  Seorang wirausahawan harus menepati janji, tidak menipu
Pelanggan dan tetap memegang teguh pendirian.

17. Mengenali Kesempatan

Salah satu upaya untuk mengenali kesempatan adalah mempunyai akses atas informasi dan mampu memanfaatkan sebaik mungkin. Upaya ke arah itu dapat dilakukan melalui pekerjaan yang menyerupai mereka dengan informasi.

Nah,  itulah ke 17 ciri dan karakteristik seorang wirausahawan yang harus kita terapkan akan nantinya kita menjadi seorang wirausahawan yang sukses dunia dan akhirat.
.....KLIK 1X (CLOSE).....