Sejarah Facebook dan bagaimana itu diciptakan ?

Mark Zuckerberg adalah seorang mahasiswa ilmu komputer Harvard ketika ia, bersama dengan teman sekelas Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes menciptakan Facebook. Hebatnya, ide untuk situs web, sekarang halaman jejaring sosial paling populer di dunia, terinspirasi oleh upaya yang dirusak untuk mendapatkan pengguna internet untuk menilai foto satu sama lain. 


Bagimana ? Asal-usul Facebook

Pada 2003, Zuckerberg, mahasiswa tahun kedua di Harvard, menulis perangkat lunak untuk sebuah situs web bernama Facemash. Dia menempatkan keterampilan ilmu komputer untuk digunakan dipertanyakan oleh hacking ke dalam jaringan keamanan Harvard, di mana ia menyalin gambar ID mahasiswa yang digunakan oleh asrama dan menggunakannya untuk mengisi website barunya. Situs web pengunjung dapat menggunakan situs Zuckerberg untuk membandingkan dua foto mahasiswa side-by-Side dan menentukan siapa yang "Hot " dan siapa "not. " 

Sejarah Facebook dan bagaimana itu diciptakan ?

Facemash dibuka pada 28 Oktober 2003 — dan ditutup beberapa hari kemudian, setelah ditutup oleh eksekutif Harvard. Setelah itu, Zuckerberg menghadapi tuduhan serius pelanggaran keamanan, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu. Meskipun ia menghadapi pengusiran dari Harvard atas tindakannya, Semua tuduhan terhadapnya akhirnya dijatuhkan.

TheFacebook: aplikasi untuk siswa Harvard
Pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan situs web baru yang disebut TheFacebook. Dia menamai situs ini setelah direktori yang diserahkan kepada mahasiswa untuk membantu mereka untuk mengenal satu sama lain lebih baik. Enam hari kemudian, ia mendapat masalah lagi ketika Harvard senior Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra menuduhnya mencuri ide mereka untuk sebuah situs jaringan sosial yang dimaksudkan disebut HarvardConnection. Penggugat kemudian mengajukan gugatan terhadap Zuckerberg, namun, hal itu akhirnya menetap di luar pengadilan.

Keanggotaan untuk website ini pada awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard. Seiring berjalannya waktu, Zuckerberg mendaftarkan beberapa mahasiswa untuk membantu mengembangkan situs web. Eduardo Saverin, misalnya, bekerja pada akhir bisnis sementara Dustin Moskovitz dibawa sebagai programmer. Andrew McCollum menjabat sebagai situs seniman grafis dan Chris Hughes menjadi juru bicara de facto. Bersama-sama tim memperluas situs untuk tambahan Universitas dan perguruan tinggi.

Facebook: jaringan sosial paling populer di dunia
Pada 2004, pendiri Napster dan investor malaikat Sean Parker menjadi Presiden perusahaan. Perusahaan mengubah nama situs dari TheFacebook menjadi hanya Facebook setelah membeli nama domain facebook.comdi 2005 untuk $200.000.

Tahun berikutnya, perusahaan modal ventura Accel Partners menginvestasikan $12.700.000 di perusahaan, yang memungkinkan penciptaan versi jaringan untuk siswa SMA. Facebook kemudian akan meluas ke jaringan lain, seperti karyawan perusahaan. Pada bulan September 2006, Facebook mengumumkan bahwa siapa pun yang berusia minimal 13 tahun dan memiliki alamat email yang valid dapat bergabung. Dengan 2009, itu telah menjadi layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, menurut sebuah laporan oleh situs analisis Compete.com.

Sementara kejenakaan Zuckerberg dan keuntungan situs akhirnya membuatnya menjadi multi-miliarder termuda di dunia, dia melakukan bagiannya untuk menyebarkan kekayaan di sekitar. Dia menyumbangkan $100.000.000 dolar ke Newark, New Jersey sistem sekolah umum, yang telah lama didanai. Pada 2010, ia menandatangani Ikrar, bersama dengan pengusaha kaya lainnya, untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaannya untuk amal. Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, telah menyumbangkan $25.000.000 ke arah memerangi virus Ebola dan mengumumkan bahwa mereka akan menyumbang 99% dari saham Facebook mereka ke Chan Zuckerberg Initiative untuk meningkatkan kehidupan melalui pendidikan, Kesehatan, ilmiah penelitian, dan energi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel