5 Tips Membuat Judul Blog yang Menarik Pengunjung

5 Tips Membuat Judul Blog yang Menarik Pengunjung. Mungkin Anda pernah memperhatikan suatu artikel-artikel dari website seperti BuzzFeed dan Upworthy mendapatkan banyak klik, views, dan pengunjung websitenya. Apakah Anda tahu kira-kira apa alasannya? Ada satu faktor yang berhasil membantu mereka dalam mendatangkan banyak pengunjung di websitenya, alasannya adalah karena mereka memiliki judul konten atau headline artikel yang sangat menarik dan engaging.


Tips Membuat Judul Blog yang Menarik Pengunjung. Hal pertama yang sering dilihat seseorang disaat melihat suatu konten adalah judulnya. Judul konten adalah suatu faktor yang sangat penting dalam menjual sebuah konten. Bagi Anda yang memiliki sebuah website e-commerce, calon pelanggan Anda akan tertarik dan mendapatkan kesan pertama mereka yaitu tentang brand Anda dari suatu headline yang Anda buat. Tujuan utama kita membuat sebuah judul konten bukanlah hanya semata untuk menjual barang ataupun layanan Anda. Akan tetapi Anda juga harus bisa membuat para pembaca mau membaca artikel Anda sampai selesai.

Tips Membuat Judul Blog yang Menarik Pengunjung. Dalam kegiatan dunia digital marketing, judul atau sebuah headline suatu konten sering digunakan untuk SEO, email marketing, dan juga social media marketing. Oleh karena itu, penting sekali Anda dalam membuat judul konten yang menarik dan engaging karena kini menjadi suatu keharusan.

Ada banyak pertanyaan yang kerap ditanyakan tentang sebuah headline. Seberapa panjangkah sebuah judul yang baik ? Apa ada limit jumlah perkata? Haruskah judul yang  Anda buat hanya dioptimasi untuk SEO?

Di artikel kali ini, saya ingin berbagi tips membuat suatu judul atau sebuah headline yang engaging dan menarik. Kalau Anda ingin tahu, yuk lanjut baca artikelnya.

Gunakanlah Formula 4U Untuk Membuat Judul Konten Anda
Tidak ada sebuah headline yang benar atau salah, tetapi memang benar ada jenis sebuah headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan Anda mengikuti formula yang mirip, judul yang Anda buat akan bisa mendorong orang-orang untuk mengklik konten buatan Anda dan membacanya. Contohnya seperti Melanie Duncan, seorang blogger, membuat formula 4U. Formula ini dia dipercaya dapat mendorong banyak pengunjung website untuk membaca konten buatan Anda sampai selesai.

1. Useful

Coba Anda pikirkan headline seperti apa yang nantinya akan Anda klik ketika Anda sedang melihat suatu news feed Anda. Salah satunya adalah jenis judul artikelnya bukan ?,  yang biasa akan Anda klik  adalah artikel yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri Anda.

Sebenarnya Anda juga bisa melakukan akan hal yang sama; tawarkanlah manfaat kepada para pembaca Anda di judul yang Anda buat. Mulailah dengan mencoba dan mengerti apa yang audience Anda ingin ketahui dan tawarkanlah akan hal itu kepada mereka. Judul yang Anda buat harus mengidentifikasi suatu masalah dan menawarkan solusi. Begitu juga dengan isi artikel kontennya.

Poin ini bisa Anda gunakan baik dalam perusahaan yang menawarkan suatu produk maupun dalam bidang jasa. Kedua-duanya pada dasarnya memang bisa membantu penggunanya untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Biasanya jenis artikel yang mempunyai sebuah headline seperti ini adalah jenis artikel-artikel how-to dan listicles.

2. Urgent

Yang selanjutnya adalah salah satu cara seorang blogger biasa menarik perhatian pembacanya adalah menggunakan metode headline yang membuat nuansa urgent. Dengan nada judul konten yang penting, orang-orang yang biasa akan lebih tertarik untuk klik iklan pada artikel itu. Biasanya mereka tidak mau ketinggalan berita-berita yang sedang ramai dibicarakan, membantu, dan informatif.

Dari 4U, Urgency adalah poin yang paling menurut saya susah untuk dilakukan mungkin karena saya belum tahu dan apakah karakteristik ini sesuai dengan topik artikel yang Anda buat. Poin ini biasanya banyak digunakan di berita-berita TV.

3. Unique

Banyak orang senang membaca sesuatu yang unik. Biasanya sesuatu yang unik-unik dapat langsung menarik satu perhatian seseorang dan membuat mereka penasaran ingin mengklik artikel tersebut. Kebanyakan website sering menggunakan plesetan kata-kata di judul konten mereka untuk menarik perhatian pembaca. Salah satu website yang banyak memiliki judul-judul unik adalah Buzzfeed.

4. Ultra-Specific

Anda pasti sering dan menemukan judul-judul artikel yang menggunakan angka. Nah, judul artikel seperti ini yang dinamakan dengan ultra-specific. Pembaca akan lebih tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan  kalauj mereka mengklik artikel ini.

Dengan memastikan judul yang Anda miliki keempat unsur ini, Anda akan dapat menarik perhatian lebih banyak pembaca. Selain Empat unsur di atas, masih ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat judul yang lebih menarik dan engaging.

Tips Membuat Judul yang Lebih Menarik dan Engaging

  • Pastikan bahwa manfaat dari artikel itu terlihat dari judulnya
Jika judul suatu konten Anda menjanjikan sebuah manfaat, orang-orang akan terdorong dengan sendirinya untuk mengklik dan membaca artikel Anda. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, orang-orang akan lebih mungkin untuk mengklik sebuah artikel  Anda jika mereka tahu apa yang akan mereka dapatkan. Judul yang Anda buat harus bisa meyakinkan para pembaca bahwa mereka akan mendapat sesuatu dengan cara membaca artikel Anda. Agar Anda bisa melakukan ini dengan sukses, Anda perlu mengenal audience terlebih dahulu. Salah satu contohnya seperti judul artikel yang menunjukkan manfaat adalah suatu artikel dari HuffingtonPost yang judulnya “The Best Salmon Recipes For Quick and Easy Dinners”. Dari judulnya saja, orang-orang akan tahu bahwa dari artikel tersebut nantinya mereka akan mendapatkan sebuah resep salmon yang dapat dimasak dengan sangat cepat dan sangat mudah untuk makan malam.
  • Gunakanlah sebuah perbandingan di judul untuk menarik perhatian
Ketika Anda melakukan sebuah perbandingan pada judul konten, orang-orang biasanya akan lebih penasaran apa hubungan di antara kedua hal tersebut. Setiap hari, banyak orang membuat keputusan. Konten yang memuat suatu judul yang mengandung perbandingan akan lebih membuat orang penasaran. Mengapa si penulis konten merasa hal A lebih baik dari hal B? Hal ini akan mendorong mereka untuk membaca artikel Anda sampai habis. Selain itu, artikel perbandingan akan dapat membantu pembaca untuk menentukan mana hal yang bagus atau produk yang tepat untuk mereka.
  • Masukkanlah angka pada suatu judul konten
Salah satu jenis konten yang paling popular di Internet adalah jenis konten yang listicles – yaitu konten yang berbentuk daftar. Bantak orang senang membaca listicles karena hal ini mudah dibaca dan tidak menyita banyak waktu. Oleh sebab itu, memasukkan sebuah angka pada judul konten bisa menarik perhatian para pembaca. Jika Anda mengakses sebuah website Buzzfeed, Anda akan menemukan dan melihat banyak headline yang memiliki angka pada setiap judulnya.

Artikel yang menggunakan angka di setiap judulnya biasanya artikel yang berisi tips dan tricks. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mulai merencanakan dn mencoba membuat artikel-artikel tips dan tricks yang langsung Anda bisa coba oleh pembaca artikel.
  • Gunakanlah keyword pada judul
Jika Anda menggunakan salah satu keyword di seluruh artikel, Anda juga harus memasangnya ke dalam judul. Pembaca akan tahu apa inti dari artikel Anda dan apa yang mereka dapat dan mereka dapatkan dari membacanya; begitu juga dengan mesin pencari. Anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah, dengan contoh judul seperti “Apa yang Membuat (Keyword) Sangat Penting dalam (Keyword).”

Dengan Anda memasukkan keyword pada judul, Anda akan dapat menarik lebih banyak klik dan mendapatkan banyak share dari para pembaca yang di share mereka di social media, peringkat akan lebih tinggi di SERPs, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic website. Ketika ada seseorang mencari keyword tersebut dan Google akan memunculkannya di halaman hasil pencarian, si pengguna akan tahu bahwa postingan Anda memiliki apa yang mereka cari dan mereka butuhkan.

Salah satu hal yang mungkin Anda perlu ingat, judul tidak hanya untuk artikel saja ya. Tetapi judul sering digunakan untuk setiap jenis konten yang Anda buat baik itu berupa; video, podcast, email, dan bahkan postingan social media Anda. Langkah-langkah di atas bisa  Anda terapkan pada semua jenis konten ini.
  • Simpulan
Judul atau sebuah headline adalah hal pertama yang dilihat orang dari merek Anda, sebelum memutuskan apakah akan mengklik konten Anda atau tidak.  Meskipun kita pungkiri tidak ada cara yang mutlak untuk menulis  sebuah judul, ada beberapa formula utama yang dapat Anda simak dan Anda ikuti untuk membuat yang lebih baik. Untuk memulai, Anda wajib menggunakan formula 4U. 

Judul Anda harus useful - (bermanfaat), urgent - (mendesak), unique - (unik), dan ultra-specific-  (sangat spesifik). Buatlah konten Anda menjadi panduan banyak orang, sehingga dapat langsung dilakukan banyak orang.

Cara lasik meyakinkan para pembaca bahwa mereka tidak akan menyesal membaca postingan buatan Anda, sebab ini dapat menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, membuat mereka lebih penasaran juga dapat mendorong pengunjung website untuk membaca artikelnya sampai habis. Bagaimana biasa Anda menulis sebuah judul konten? Kalau Anda memiliki tips dan triks yang belum ada di artikel ini, tinggalkan komen di bawah! Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda!

Jika artikel ini bermanfaat dan banyak membantu banyak orang, mohon sebarkan artikel ini kebanyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel