Widget HTML Atas

7 Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Mudah Cepat Rusak

Cara merawat Komputer agar awet dan tidak mudah rusak, sebenarnya cara yang bisa dilakukan cukup sederhana. Namun kebanyakan kita masih saja mengacuhkan cara-cara sederhana tersebut. Apalagi Komputer inikan barang eletronik yang rentan dengan namanya error. Bahkan kalau kita tidak menggunakannya selama 1 minggu atau 1 bulan komputer bisa mengalami error. 

Nah, tentunya kita semua tidak menghendaki kalau komputer yang kita miliki mengalami error. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya akan menguraikan cara merawat komputer dengan mudah agar tetap awet dan juga tidak cepat rusak.

Cara merawat komputer agar awet dengan baik dan benar bisa Anda simak uraiannya dibawah ini. Namun dalam hal ini saya sarankan kalian semua membacanya sampai habis, agar kalian mendapatkan informasi secara full dan tidak setengah-setengah. Selamat membaca!





Cara Mudah Merawat Komputer dengan baik dan benar serta cara yang Sederhana

1. Pastikan Tegangan Listik Anda itu Stabil

Cara merawat komputer agar tetap awet dan tahan lama sebenarnya adalah bisa di tinjau dari arus listrik yang kita gunakan. Apabila arus listrik atau daya listrik yang kita gunakan tidak stabil alhasil akan membawa pengaruh buruk pada Komputer kita juga. Jadi apabila suatu saat Anda sedang menggunakan komputer dan tiba-tiba arus listriknya jelek atau tidak stabil ada baiknya hentikan dulu pengoperasian komputer Anda, agar komputer Anda bisa terhindar dari yang namanya kerusakan atau Errorisasi.

Jadi untuk mengatasinya, Anda bisa memasang sebuah UPS / Stabilizer. Dengan adanya alat tersebut nantinya akan dapat membackeup apabila sewaktu-waktu arus listrik down secara tiba-tiba, jadi Komputer Anda tidak mengalami goncangan secara tiba-tiba. Diyakini bahwa dengan adanya UPS tersebut bisa menyimpan daya ya walaupun tidak terlalu besar namun Anda dapat menghaluskan dalam proses shutdownnya.

2. Matikanlah Komputer Anda dengan Baik dan Benar

Apabila Anda telah selesai menggunakan Komputer, sebelum mematikan komputer Anda sebaiknya cek dulu Aplikasi yang masih terbuka dan keluarkan aplikasi yang terbuka agar sistem kerjanya tidak terlalu berat dalam proses Shutdownnya. Setelah Aplikasi dikelaurkan semuanya sebaiknya gunakan Menu Shotdown yang ada pada window jangan pada hadware. 

Karena kalau kita mengklik tombol On Off yang ada pada Keyboard masih tergolong rawan dan hal ini akan berdampak pada software di CPU-nya. Jadi ada baiknya jangan sepelekan cara ini.

3. Maksimalkan Fungsi Pendingin Proccesor Komputer

Biasanya kalau kita udah terlalu lama menggunakan Komputer atau menjalankan Aplikasi yang berat Kipas pada Komputer akan berputar lebih cepat dan suaranyapun terdengar nyaring tidak seperti biasanya ketika kita menjalankan aplikasi yang ringan. Jadi sebaiknya agar Komputer kita mampu bertahanlama perhatikan juga Kinerja Pendingin Komputer atau Kipas yang ada pada bagian CPUnya. 

Apabila Kipas pendingin rusak sebaiknya cepatlah di ganti dengan yang baru, karena kipas pendingin inilah yang akan mendinginkan perangkat keras yang ada di bagian CPU agar tidak megalami suhu panas yang berlebihan.

4. Letakan Komputer di Tempat Yang Layak (terjaga dari Air ataupun Paparan Sinar Matahari)

Sebaiknya dalam meletakkan Komputer ini diperhatikan. Jangan kalian menempatkan Komputer di tempat yang rentan terkena air hujan, pastikan kalian menempatkan Komputer di tempat yang kering. Karena kalau perangkat komputer terkena air maka di khawatirkan komputer mengalami konslet. 

Dan juga, jangan meletakkan komputer di ruangan yang terkena paparan matahari secara langsung. Karena komputer ini juga memerlukan suhu yang dingin. Kalau komputer saja sudah terkena paparan matahari di khwatirkan hal ini dapat merusak kompunen perangkat yang ada di dalam komputer tersebut.

5. Bersihkan Hardware secara Rutin

Jadi, dalam merawat komputer ini, sebaiknya Anda melakukan pembersihan pada Hardware setiap 2 bulan sekali atau 5 bulan sekali. Agar nantinya kompunen perangkat keras pada Komputer Anda tidak memuat banyak debu yang menempel di permukaan kabel ataupun bagian perangkat kerasnya.

Apabila hal tersebut tidak di lakukan, maka jangan heran kalau Komputer Anda tidak mampu bertahan lama, karena debu-debu yang mengendap di bagian Hardware ini juga akan membawa dampak buruk pada kinerja komputer Anda.

6. Gunakanlah Perangkat Lunak Yang Original Pada Komputer Anda

Kalau kita tidak hati-hati dalam menginstall atau menggunakan Aplikasi atau perangkat lunak pada komputer, maka hal ini secara lambat laun akan membawa dampak buruk pada komputer ini sendiri. Jadi dalam hal ini saya sarankan Anda semua untuk menginstall aplikasi yang oroginal, kalau perlu dari sang developer resminya dari bawaan Komputer itu sendiri.

Banyak sekali Aplikasi di Internet ini hasil bajakan atau Crackt, namun dalam hal tersebut ada baiknya saya sarankan gunakan yang ori, toh kalau mau menggunakan Aplikasi hasil Crackt maka berhati hatilah dalam menggunakan aplikasi tersebut, siapa tau Aplikasi tersebut memuat Virus yang dapat merusak komputer Anda.

7. Pasang Anti Virus yang Aman dan juga Update

Mayoritas pengguna Komputer biasanya memasang perangkat lunak berupa Anti Virus di Komputernya. Namun dalam memilih Anti Virus jangan asal-asalan. Ada baiknya pasang Anti Virus yang sudah terpercaya aman dan mampu membersihkan virus yang ada di perangkat komputer Anda, seperti Avast. 

Dan saya sarankan sebaiknya dalam menginstall Aplikasi Anti Virus pergunakan yang update secara otomatis. Agar nantinya kalian bisa mendapatkan Anti Virus yang terbaru dengan beberapa kecanggihan yang terbaru tentunya.

Dengan hal tersebut maka data ataupun perangkat lunak kalian bisa terjaga dan aman dari yang namanya virus.

Nah, mungkin cukup sekian saja tips untuk merawat ataupun menjaga komputer agar tetrap awet, tahan lama dan tidak mudah rusak. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca, janganlupa kunjungi situs Gadgetsiana, karena disini akan dibagikan informasi yang lebih menarik dan tidak kalah penting lainnya, sampai jumpa!
.....KLIK 1X (CLOSE).....