Sejuta Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh - Wortel (Daucus carota L.) termasuk jenis tanaman sayuran umbi semusim, berbentuk semak (perdu) yang tumbuh tegak dengan ketinggian antara 30 cm - 100 cm atau lebih, tergantung jenis dan varietasnya.wortel digolongkan sebagai tanaman semusim karena hanya berproduksi satu kali dan kemudian mati.

Wortel merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang dapat digunakan untuk membuat bermacam-macam masakan seperti sup, capcai, bistik, kari, mie, dan sebagainya. Umbi wortel memiliki rasa enak, renyah, dan agak manis, sehingga disukai masyarakat. Umbi wortel juga dapat digunakan dalam industri pangan untuk diolah menjadi bentuk olahan, misalnya minuman sari umbi wortel, chips wortel matang untuk makanan kecil (snack), manisan, jus wortel, dan lain-lain.


Wortel Sebagai Asupan Gizi Bagi Tubuh

Selain itu, umbi wortel juga dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami (dalam bentuk tepung umbi). Selain umbinya, bagian tanaman lain misalnya daun, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan manakan (sayuran). Sebagai bahan pangan, umbi wortel mengandung nilai gizi yang tinggi. 

Jenis Zat Gizi            Jumlah

  1. Kalori (kal.)   : 35
  2. Protein (g)      : 0,6
  3. Lemak (g)      : 0,1
  4. Karbohidrat (g) : 8,2
  5. Kalsium (mg)   : 32
  6. Fosfor (mg)     : 28
  7. Besi (mg)        : 0,9
  8. Sodium (mg)    : 7
  9. Serat (g)          : 1,8
  10. Abu (g)           : 0,6
  11. Vitamin A (SI)     : 12,000,00
  12. Vitamin B-6 (mg)   : 0,1
  13. Vitamin C (mg)   : 8,4
  14. Vitamin K (mcg)   : 9,4
  15. Niacin (mg)           : 0,60
  16. Air (g)                  : 90,4

Wortel Sebagai Bahan Obat Herbal

Umbi wortel juga memiliki kegunaan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, karena mengandung zat-zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit, antara lain sebagai berikut:
  1. Senyawa β-karoten yang dapat menimbulkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tumor, menghambat penyebaran sel kanker, dan mengaktifkan enzim pelawan kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wortel dapat mencegah semua jenis kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker larynk, kanker esofagus, dan kanker serviks. Selain itu, β-karoten juga bermanfaat untuk menyamarkan flek (noda cokelat) pada kulit
  2. Senyawa karoten (pro-vitamin A) yang dapat mencegah rabun senja.
  3. Enzim pencernaan yang dapat berfungsi diuretik.
  4. Senyawa-senyawa lain yang dapat mengatasi penyakit tertentu, misalnya lemah syaraf, mual-mual pada wanita hamil, radang lambung, tubuh lesu, gangguan empedu, penyakit dalam pencernaan (hyperaciditas), pendarahan gusi, sembelit, bau mulut, mencegah serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah, membersihkan darah, menurunkan kolesterol darah, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi penyakit, serta meningkatkan kesehatan usus besar.
Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, wortel akan dapat meningkatkan energi dan produktivitas kerja, karena umbi wortel dapat memperkuat organ-organ tubuh. Wortel yang diparut juga sangat baik untuk digunakan sebagai campuran nasi tim untuk makanan bayi. Daun tanaman wortel juga berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, misalnya luka-luka dalam mulut, sariawan, dan pendarahan gusi. Pengobatan dilakukan dengan cara mengunyah daun wortel segar. 

Daun tanaman wortel juga dapat memperbaiki pencernaan makanan, mencegah pembentukan endapan dalam saluran kencing, dan memperkuat organ-oragan penting yang lain (jantung, paru-paru, mata, dan hati). Selain itu, daun tanaman wortel juga dapat diolah menjadi sari daun wortel yang sapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, jerawat, dan noda-noda hitam. Untuk mengobati jerawat dan noda-noda hitam, sari daun wortel dicampur dengan bubuk rimpang kunyit.

Wortel Sebagai Bahan Kosmetika Herbal

Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan pengobatan, umbi wortel juga dapat digunakan untuk keperluan kosmetik, yakni untuk merawat kecantikan wajah dan kulit, menyuburkan rambut, dan lain-lain. Karoten dalam umbi wortel bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, dan memperlambat timbulnya kerutan pada wajah. Karoten juga dapat memperkuat jaringan tempat tumbuh helaian rambut, sehingga dapat menyuburkan rambut. 

Untuk merawat kecantikan wajah, umbi wortel digunakan sebagai masker wajah dengan cara memarut umbi wortel lalu ditambah kuning telur dan diaduk hingga rata. Untuk menyuburkan rambut, wortel digunakan sebagai hairtonic. Pemakaian umbi wortel untuk hairtonic sangat dianjurkan terutama untuk jenis rambut kering, karena dapat menjaga kelembaban kulit kepala akibat kekurangan minyak. 

0 Response to "Sejuta Manfaat Wortel Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel