7 Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan, No 5 Paling Menakutkan!

Mediasiana.com - Bahaya mandi malam. Mandi malam adalah aktivitas yang tidak di anjurkan dalam segi kesehatan, karena mandi yang dilakukan pada malam hari bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh. Efek dari mandi malam bagi kesehatan ternyata tidak bagus dan berbahaya.

Terdapat penyakit berbahaya yang disebabkan karena sering mandi malam. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan memberikan informasi macam-macam penyakit berbahaya yang disebabkan oleh mandi malam.


Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan Manusia


Karena padatnya kegiatan, mayoritas orang tidak sempat untuk melakukan mandi di sore hari apalagi kalau orang kantoran yang biasa pulang sampai magrib sampai dirumah, pasti mandinya sering malam hari. Padahal kalau hal ini terus dibiasakan sampai tua maka jangan heran kalau baru berumur 45 tahun banyak mengidap penyakit yang berat.


Meskipun mandi malam ini dapat membuat tubuh menjadi bersih dan tidur jadi nyenyak namun para pakar kesehatan menyebutkan mandi malam bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Terus, apa saja efek dari mandi malam ? berikut akan saya uraikan, silahkan simak ulasannya dibawah ini!

Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan


Meskipun mandi malam ini ini dapat membersihkan badan dan juga menyegarkan tubuh, ternyata mandi di malam hari berbahaya untuk kesehatan tubuh kita, berikut ulasannya:

1. Terjadinya Penyakit Paru-Paru Basah


Tidak disangka, terlalu sering mandi di malam hari ternyata bisa menyebabkan paru-paru basah. Karena keseringan mandi di malam hari membuat tubuh lebih rentan teserang masalah pada pernapasan seperti batuk-batuk dan juga pernapasan lainnya.

2. Terjadinya Penuaan Dini


Mandi malam ternyata bisa menghambat proses metabosime tubuh sehingga proses metabolisme lemak tidak lancar dan bisa mengakibatkan kulit akan cepat keriput. Tentunya Anda semua tidak menghendaki hal ini terjadi pada diri kita sendiri bukan? nah untuk itu sebaiknya hindari keseringan mandi di malam hari.

3. Terajdinya Penyakit Asam Urat


Mandi malam terlalu sering, apalagi mandinya menggunakan air dingin, maka di khawatirkan akan merusak persendian, sehingga sendi akan menjadi nyeri dan berakhir bisa terkena asam urat. Kalau sudah terkena asam urat maka Anda jangan berani-berani mandi di malam hari, kalau melanggar hal tersebut maka penyakit asam urat bisa kambuh dan otot-otot kalian akan terasa nyeri jadinya bisa muncul penyakit lain lagi yaitu Nyeri otot.

4. Bisa memicu Penyakit Rematik


Mandi yang terlalu sering dilakukan di malam hari bisa memicu penyakit rematik. Penyakit Rematik atau Autoimun ini biasanya terjadi karena adanya peradangan pada sendi dan akibatnya sendi kalian akan terasa sakit. Penyakit rematik ini juga bisa disebabkan karena kelainan genetik. Namun biasanya mandi malam terlalu sering juga bisa mnejadi pemicunya.

5. Osteoporosis


Osteoporosis adalah salah satu penyakit dimana tulang Anda akan menajdi lemah dan rapuh, hal ini juga dapat dipicu karena Anda terlalu sering mandi di malam hari. Apabila Anda sudah terkena penyakit osteoporosis maka hidup Anda akan terasa tidak bisa bebas lagi karena Anda sudah mengalami cedera di area tulang pada anggota tubuh.

6. Bisa Memicu Demam atau Masuk Angin


Kalau malam hari suhu udara akan cenderung panas, dan suhu tubuh akan meningkat sehingga pori-pori tubuh terbuka. Jika Anda mandi dengan air dingin sehingga air tersebut bisa masuk ke pori-pori tubuh dan tercampur dengan suhu tubuh yang panas, bisa mengakibatkan badan akan demam dan Anda bisa masuk Angin. Selain itu kekebalan tubuh Anda akan semakin menurun dan tubuh akan mudah terserang virus, akibatnya tubuh akan demam tinggi.

7. Terkan Pilek (Hingusan)


Biasanya setelah pulang kerja sesampai dirumah tubuh akan terasa lelah dan lengket, hal ini biasanya yang membuat Anda ingin segera mandi walaupun kondisinya sudah malam hari. Namun jika suhu tubuh itu sedang tinggi dengan kondisi udara panas maka hal ini tidak disarankan, karena kalau Anda tetap mandi maka Anda bisa pilek atau hidung Anda jadi tersumbat.

Penutup


Nah, bagi Anda yang memang ngotot ingin mandi di malam hari sehabis pulang kerja, maka sebaiknya Anda ketika sampai di rumah jangan langsung Mandi, melainkan diamkan dulu tubuh Anda sekitar 15 menit, agar suhu tubuh bisa turun. Sebaiknya Anda minum air putih terlebih dulu supaya badan lebih segar dan cuci kaki dan tangan baru cuci muka.

Setelah itu, bawalah tubuh Anda ke area depan rumah yang terbuka udara, kalau sudah dirasa cukup, silahkan Anda mandi namun untuk airnya saya sarankan Anda mandi menggunakan air hangat. Agar Anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya yang saya sebutkan diatas.

Demikian, uraian perihal Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel