7 Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua

Mediasiana.com - Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua. Halo sobat semua kembali lagi di situs mediasiana.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah tips bagi para wanita yang sedang hamil terutama wanita yang hamil di usia 7 bulan. Biasanya kalau ibu hamil sudah beranjak 7 bulan maka dalam posisi tidurpun agak susah karena perutnya yang sudah besar dan juga bawaan bayi agak suka yang aneh-aneh bahkan bayi di dalam kandungan suka meronta-ronta yang mengakibatkan ibu sang bayi kesakitan.


Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua


Cara mengatasi susah tidur saat ibu hamil tua, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan ibu hamil agar bisa tidur nyenyak. Namun disini sebelum saya jelaskan lebih lanjut akan saya ingatkan kepada para wanita ibu hamil sebaiknya menggunakan cara-cara yang sehat, karena disini kalian harus menjaga kondisi bayi yang ada di dalam kandungan agar tetap dalam keadaan baik-baik saja.

Pada sejatinya ibu yang sedang hamil diharuskan untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Karena istirahat yang cukup akan membuat ibu hamil tetap sehat dan juga perkembangan bayi bisa berjalan normal.


Inilah Penyebab Ibu Hamil Susah Tidur


Berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat ibu hamil susah tidur, terutama bagi mereka yang sudah dalam masa trisemester ketiga, yaitu:
  1. Kondisi Perut yang semakin membesar
  2. Adanya perubahan metabolisme pada ibu hamil
  3. Adanya perubahan Hormon pada ibu hamil
  4. Kaki akan mudah kram
  5. Perut mudah Mulas
  6. Mudah sakit Punggung
  7. Mudah mendadak lapar di tengah malam
  8. Sering buang air kecil di malam hari lebih meningkat
  9. Adanya rasa khawatir sebelum lahiran
  10. Mata tidak Ngantuk
Dari 10 faktor yang saya sebutkan diatas secara tidak langsung ada sekitar 3 -5 faktor yang turut serta memberikan pengaruh pada ibu hamil, maka tidak heran kalau ibu hamil mengalami beberapa faktor diatas akan susah tidur.

Nah, untuk mengatasi faktor-faktor diatas, maka akan saya berikan beberapa tips cara mengatasi susah tidur disaat hamil 8 bulan.

Kerap ibu hamil juga mengalami insomnia karena hal ini bterjadi disebabkan hormon yang meningkat dalam tubuh. Dan berikut ini adalah ketujuh tips cara mengatasi susah tidur saat hamil di usia 8 bulan.

1. Tenangkan Pikiran


Cara mengatasi susah tidur yang pertama adalah, berusahalah untuk menenangkan pikiran Anda. Sebaiknya Anda memikirkan hal yang positif saja. Karena dengan memikirkan hal positif maka akan membawa diri Anda kedalam zona yang nyaman. Berpikir saja bahwa proses lahiran Anda nantinya berjalan lancar dan normal.

Karena kalau Anda berpikir yang negatif maka hal ini akan menjadikan Anda semakin terpuruk dan menjadi sebuah beban hidup. Maka untuk mengatasi agar Anda bisa tidur nyenyak mualailah dari sekarang berpikir yang postif saja.

2. Buat Kebiasaan Yang Baik Sebelum Tidur


Apabila Anda hendak tidur, maka biasakan Anda membuat kebiasaan yang baik seperti mandi dengan air hangat, memutar musik yang menenagkan, membaca buku yang positif, latihan yoga dan melakukan meditasi. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda bisa lebih rileks dan tenang, sehingga ketika berbaring Anda bisa tidur dengan mudah dan nyenyak.

3. Matikan Lampu Saat Ingin Tidur


Mematikan lampu saat ingin tidur hal ini juga sudah dicontohkan Rasulullah SAW, matikanlah lampu-lampu kalian ketika ingin tidur, tutup semua becana air kalian dan tutup juga jendela serta pintu-pintu rumah kalian dengan rapat.

Dengan Anda mematikan lampu sebelum tidur maka ankan dapat membuat Anda lebih tenang, karena hal ini dapat membantu menekan zat melatonin atau hormon yang mengatur jam internal Anda karena zat tersebut bisa mengatur siklus suasana malam.

Anda juga tidak dianjurkan menggunakan TV, Ponsel atau perangkat eletronik ketika hendak tidur, karena hal ini tidak bagus.

4. Atur Suhu Ruangan Senyaman Mungkin


Pasti kalau suhu ruangan terlalu panas dan juga terlalu dingin akan membuat Anda tidur menjadi tidak nyaman dan nyenyak. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tentunya tidak enak. Jadi bagi kalian yang kamar tidurnya memakai AC maka bisa mengatur suhu ruangan dengan baik sesuai dengan selera masing-masing.

Namun bagi kalian yang kamar tidurnya tidak terdapat AC maka Anda bisa menggunakan kipas Angin disaat kondisi ruangan panas. Dan kalau kondisi ruangan dingin maka Anda bisa menggunakan selimut.

5. Buatlah Suasana Ruangan Yang Nyaman


Agar Anda bisa mendapatkan suasana ruangan tidur yang nyaman maka Anda bisa menghias kamar tidur sesuai kesukaan Anda, serta sprei, bantal dan kasur bisa Anda setting senyaman mungkin. Kalau perlu di ruangan tidur ada pengharum ruangan yang Anda suka.

Dinding kamar tidur bisa Anda hias dengan warna atau corak kesukaan Anda, sehingga ketika Anda didalam kamar tidur pikiran Anda semakin nyaman dan Anda semakin betah berlama-lama di kamar tdiur tersebut. Dengan hal ini Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

6. Pastikan Perut Anda terisi makanan yang cukup 


Agar Anda bisa tidur nyenyak pastikan Anda sebelum tidur mengisi perut terlebih dahulu. Karena disaat tidur dengan perut keroncongan akan membuat Anda gelisah dan tidurpun tidak nyenyak.

Maka dari itu, sebaiknya Anda mengisi perut dengan makanan yang cukup, tidak kenyang dan tidak lapar. Dengan demikian nantinya Anda akan bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman. Sangat dianjurkan untuk makan lebih awal sebelum Anda tidur, jaraknya satu jam sebelum Anda tidur hal ini bertujuan agar perut Anda tidak begah. 

7. Buang Air Kecil Sebelum Tidur


Biasanya orang yang susah tidur apalgi ibu hamil, karena belum buang air kecil sebelum tidur, sehingga waktu tidur baru berselang beberapa menit, perut rasanya ada sesuatu yang bereaksi dan ingin sekali buang air kecil. Kalau hal ini ditahan tentunya akan membuat tidur tidak nyaman.

Maka dari itu, sebelum Anda tidur, pastikan Anda sudah buang air kecil agar kantong kemih tidak menampung banyak urin, sehingga tidurpun tidak khawatir ada yang mengganggu. Dengan hal ini Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Penutup


Itulah beberapa tips untuk mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan. Dalam posisi tidur saat hamil tua juga bisa Anda coba dengan mengganti posisi tidur hingga Anda mendapatkan rasa nyaman. Apabila Anda telah melakukan ke 7 tips diatas masih saja susah tidur atau Insomnia saya sarankan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kedokter kandungan di wilayah terdekat Anda.

Demikian yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat selamat mencoba ke 7 tips diatas dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Tua"

Post a Comment