Tips Memilih Jurusan di SLTA Yang Tepat Untuk Masa Depan

Mediasiana.com - Tips Memilih Jurusan SLTA Yang Tepat. Memilih jurusan sekolah bukan perkara sulit bagi mereka yang sudah memiliki tujuan yang jelas untuk hidup kedepannya. Namun bagi mereka yang belum memiliki pola pandang kedepan maka akan terasa sulit dan membingungkan.

Ketika seorang Anak yang sudah lulus sekolah dasar maka mereka akan melanjutkan ke tahap SLTP, di sekolah SLTP Anak akan belum merasakan yang namanya Jurusan sekolah, karena jurusan sekolah baru bisa ditemui di bangku SLTA.


Tips Memilih Jurusan di SLTA Yang Tepat


Memilih Jurusan di SMK, STM, ataupun Aliyah Yang Tepat Untuk Masa Depan bukan perkara mudah karena hal ini berhubungan dengan taqir Tuhan. Setelah Anak lulus SLTP maka mereka akan lanjut ke SLTA dan pada fase ini Mayoritas Anak akan mulai berpikir, tentang Sekolah dan juga jurusan yang cocok untuk dirinya dimasa yang akan datang. Akantetapi berbeda bagi mereka yang sudah menyusun program dari SD-SLTP maka ketika lulus SLTP dan akan lanjut ke SLTA mereka akan sudah mantap dan tahu sekolah dan jurusan mana yang harus mereka Ambil untuk mewujudkan impiannya.


Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi beberapa tips Cara Memilih Jurusan Sekolah Yang Tepat Untuk Masadepan Anda. Jadi bagi Anda yang masih bingung ingin memilih sekolah dan juga jurusan sekolah sebaiknya simak artikel ini sampai selesai, berikut ulasannya!

Tips memilih Sekolah dan Jurusan Sekolah Yang Tepat Untuk Masa Depan


1. Buat Satu Program dan Target


Sebelum Anda menjajaki dunia SLTA ada baiknya ketika Anda sudah duduk di bangku sekolah dasar ataupun saat di Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) menyusun Program. Program tersebut seperti Alur sekolah contohnya: SD Islam Terepadu => MTs di PonPes => MA di PonPes => Jurusan PAI

Maka kedepannya bisa sekolah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir atau di Tarim.

Contoh yang lainnya: SD => SMP => STM => Jurusan Teknik Sipil

Maka lulus dari STM bisa lanjut ke Politeknik dan jadi Arsitektur

2. Susun Cita-cita Sejak Dini


Tips yang kedua adalah susun Cita-Cita yang ingin di wujudkan kedepannya, cita-cita tidak harus satu boleh juga 5 sampai 10. Akantetapi agar bisa lebih fokus maka pilihlah 3 Cita-Cita yang ingin diwujudkan sisanya sebagai selingan.

Dengan Anda menyusun Cita-Cita pada lembar kertas maka Anda itu akan memudahkan Anda untuk tetap bersemangat dan memiliki arah tujuan hidup yang jelas.

3. Pilih Jurusan Yang di Sukai


Tips yang ketiga adalah memilih jurusan saat dibangku SLTA. Hal ini sebenarnya klasik terkadang seorang Anak memilih jurusan bukan kehendak dirinya sendiri melainkan ikut-ikutan trend dari temen-temennya, dan jurusan itu bukan yang ia kehendaki setelah Anak tersebut masuk sekolah dan baru mendapatkan 1 lamanya sekolah biasanya akan mengeluh, karena tidak paham dan lain sebagainya.

Tentunya hal tersebut masih wajar karena sudah jelas jurusan yang ia ambil bukan pilihannya melainkan hanya karena pengaruh teman-temannya.

Maka dari itu, saya sarankan dalam memilih jurusan pilihlah jurusan sesuai bakat dan hobi Anda, karena dengan ini hidup Anda akan lebih bahagia dan Anda bisa beraktualisasi diri dengan baik,

4. Pilih Jurusan Yang Menjanjikan dimasa Depan


Kalau sudah duduk dibangku SLTA maka mayoritas Anak-anak akan mulai berpikir matang dengan yang namanya jurusan. Apalagi bagi mereka yang sekolah di SMK dan STM. Karena di sekolah tersebut memang sekolah spesialis untuk membangun bakat Anak-anak.

Nah, agar tidak salah mengambil jurusan maka sebaiknya sebelum mendaftarkan diri ke sekolah SMK atau STM pilih jurusan yang tepat untuk masa depan. Baik itu jurusan arsitektur, tata boga, Akutansi, Multi Media dan lainnya.

5. Pilih Sekolah Yang Baik dan Lengkap Fasilitasnya


Semua siswa juga menginginkan bersekolah yang baik dan dan Lengkap Fasilitasnya, namun buat kalian yang sekolah di kampung jangan minder atau putus asa. Sesungguhnya sekolah yang baik itu bukan hanya lengkap fasilitasnya melainkan baik juga budi pekerti sang gurunya.

Karena guru inilah yang nantinya menghantarkan murid-muridnya menjadi orang yang sukses dimasa depan. Walaupun di sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas yang bagus namun gurunya berjiwa kesatria itu menurut saya cukuplah.

Akantetapi tidak ada salahnya kita juga memilih sekolah yang baik, meliputi baik fasilitasnya dan juga baik akhlak guru-gurunya dan murid-muridnya. Kenapa saya bilang seperti itu?

Karena lingkungan pergaulan itu mempengaruhi lebih dari 50% akhlak suatu pelajar. Apabila lingkungan di suatu sekolah itu tidak bagus maka kita selaku pelajar akan sulit untuk menjadi pelajar yang baik, karena pergaulan ini secara tidak sadar membentuk karakter hidup kita.

Penutup


Itulah ke 5 tips yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Semua akan kembali lagi pada diri kita masing-masing. Karena itu semua hanya sebagai penunjang dan kesuksesan kembali pada tekad kita. Karena orang sukses itu dia yang tidak menyerah waluapun sudah 1000 kali gagal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Jurusan di SLTA Yang Tepat Untuk Masa Depan"

Post a Comment