Biografi Kolonel Harland Sanders, Pendiri KFC

Mediasiana.com - Menyimak Biografi Pendiri KFC Sang Kolonel Harland Sanders. Kalau di Kota lain seperti di Jakarta, Bandung, Makassar, Banten, Banjarmasin, Samarinda KFC udah lama berdiri dan untuk di Kabupaten Tabalong baru saja di Tahun 2019 ini KFC didirikan dan diresmikan baru - baru saja pada tanggal 17 November 2019. Untuk itu saya tertarik untuk menulis biografi sang pendiri KFC ini. Semoga dengan tulisan ini dapat memberikan motivasi serta inspirasi bagi para pembaca budiman terutama bagi masyarakat di Kabupaten Tabalong.

Sejarah KFC


Saudara pasti ada yang sudah mengenal salah satu Restoran ayam goreng terbesar di dunia ini,  salah satunya termasuk di Indonesia yaitu ” Kentucky Fried Chicken”. Akan tetapi tidak semua orang tau bagaimana kisah perjalanan hidup tokoh “Colonel Sanders” ini.


Biografi Kolonel Harland Sanders, Pendiri KFC


Ini adalah kisah kegigihan dari Kolonel Sanders, sang pendiri usaha waralaba ayam goreng yang sudah terkenal legendaris, yaitu KFC. KFC didirikan sejak usia Kolonel Sanders ini 66 tahun. Karena setelah dirinya pensiun dari angkatan darat Amerika, dirinya tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, itupun uang yang dimilikinya semakin menipis. Pensiun dari angkatan militer,  dirinya memiliki sebuah keahlian dalam memasak dan juga dalam meracik bumbu masakan ayam goreng. Akhirnya dirinya mencoba untuk menawarkan resep masakannya ke lebih 1.000 restoran di negaranya saat itu, dan barulah restoran yang ke-1008 akhirnya mereka mau menerima resepnya. Sang Kolonel Harland Sanders adalah seorang pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang sudah tumbuh menjadi salah satu usaha ayam goreng terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia.

Sosok Kolonel Sanders, bahkan hingga kini dirinya menjadi simbol dan juga semangat bagi para wirausahawan. Kolonel Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, namun dirinya baru mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis usaha ayamnya tersebut di usia 65 tahun. Pada sejak kecil saat dirinya berusia 6 tahun, ayahnya meninggal dan Ibunya juga sudah tidak mampu untuk bekerja lagi, sehingga Harland Sanders muda harus menjaga adik laki-lakinya yang masih berumur 3 tahun. Dengan kondisi inilah ia harus rela untuk memasak bagi keluarganya. Di masa kecil inilah dia sudah mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam memasak.


Masa Kecil Kolonel Harland Sanders, Pendiri KFC


Pada usia 7 tahun Harland Sanders sudah pandai dalam memasak di beberapa tempat. Pada usia 10 tahun Harland Sanders mendapatkan sebuah pekerjaan pertamanya didekat pertanian, saat itu dirinya di gaji 2 dolar sebulannya. Ketika Harland Sanders berumur 12 tahun ibunya kembali menikah, sehingga dirinya meninggalkan rumah tempat tinggalnya untuk bisa mendapatkan pekerjaan di pertanian, di daerah Greenwood, Indiana. Selepas itu, dirinya berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun.

Pertama dia mulai melakukan pekerjaannya sebagai tukang parkir di usia 15 tahun di New Albany, dan Indiana,  kemudian Harland Sanders menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan ke Kuba. Setelah itu dirinya menjadi petugas pemadam kebakaran dan juga belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, serta asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan juga operator bengkel.

Saat usia 40 tahun Kolonel Harland Sanders mulai memasak untuk orang yang bepergian yang mereka singgah di bengkelnya di daerah Corbin. Kolonel Sanders ini belum punya sebuah restoran pada saat itu. Kolonel Harland Sanders menyajikan makanan di ruang makan di bengkel yang ia miliki. Dan ternyata semakin banyak orang yang datang ke bengkelnya untuk makan, akhirnya ia memutuskan untuk pindah ke seberang jalan, di dekat penginapan dan juga restoran, di sana bisa menampung 142 orang.

Selama hampir 9 tahun Kolonel Harland Sanders menggunakan resep yang dibuatnya dengan teknik dasar memasak hingga saat ini. Citra Sanderpun semakin baik, Gubernur Ruby Laffoon memberi sebuah penghargaan Kentucky Colonel pada tahun 1935 atas kontribusinya bagi negara bagian Cuisine. Dan pada tahun 1939, dirinya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating.”

Pada awal tahun 1950-an pembangunan jalan raya baru antar negara bagian mulai direncanakan melewati kota Corbin. Melihat akan berakhir bisnisnya ini, Kolonel Harland Sanders akhirnya menutup restorannya. Setelah membayar sejumlah uang, dirinya mendapatkan tunjangan sosial hari tuanya sebesar $105.


Perjalanan Kolonel Harland Sanders, Pendiri KFC


Dikarenakan memiliki rasa percaya diri yang kuat akan kualitas ayam gorengnya, Kolonel memberanikan diri untuk membuka usaha waralaba yang dimulainya pada tahun 1952. Kemudian Harland Sanders  pergi jauh menyeberangi negara bagian ini dengan sebuah mobil dari salah satu restoran ke restoran lainnya, untuk memasak sejumlah ayam di pemilik restoran dan juga para karyawannya. Jika reaksi yang terlihat bagus dari sang pemilik restoran, dirinya menawarkan perjanjian untuk mendapatkan pembayaran dari setiap ayam yang dimasak oleh Harland Sanders  yang laku terjual.

Pada tahun 1964, Kolonel Sanders ini sudah memiliki lebih 600 outlet waralaba untuk ayam gorengnya ini di seluruh Amerika dan Kanada. Pada tahun itu juga Kolonel Harland Sanders  menjual bunga dari pembayarannya untuk perusahaan di Amerika sebanyak 2 juta dolar kepada sejumlah grup investor termasuk juga pihak John Y Brown Jr, (kelak menjadi Gubernur Kentucky). Pada tahun 1976, sebuah survey independen menghasilkan perolehan bahwa Kolonel Sanders mendapatkan peringkat kedua dari deretan selebriti yang terkenal di dunia.

Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia Kentucky Fried Chicken ini di dalam kepalanya dan juga dirinya terus membawa campuran rempah-rempah di dalam mobilnya. Hari ini, resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky. Hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan karena ini sudah ketat oleh kontrak.

Kolonel mengembangkan sebuah rumus kembali di tahun 1930-an ketika dirinya mengoperasikan Pengadilan Sanders & Cafe restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Disana terdapat perpaduan dari 11 bumbu dan juga rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan oleh pelanggan setianya.

“Pada masa itulah, aku mencampur rempah-rempah dengan tanganku seperti pencampuran semen pada lantai beton yang dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin,” kenang Kolonel Harland Sanders . “Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian aku campur dengan hati-hati dengan bumbu dan rempah-rempah rahasiaku.”

Di bawah pemilik yang baru, perusahaan Kentucky Fried Chicken mulai tumbuh pesat dan kemudian menjadi sebuah perusahaan terbuka pada 17 Maret 1966, dan telah terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 Januari 1969. Lebih dari 3.500 waralaba dan juga restoran yang Harland Sanders miliki, perusahaan ini beroperasi hampir di seluruh dunia. Kentucky Fried Chicken telah menjadi anak perusahaan dari RJ Reynolds Industries, Inc. (sekarang RJR Nabisco, Inc.), semenjak Heublein Inc. diakuisisi oleh Reynolds pada tahun 1982. KFC telah diakuisisi pada bulan Oktober 1986 dari RJR Nabisco Inc oleh PepsiCo Inc, senilai kurang lebih 840 juta dolar.

Pada Januari 1997, PepsiCo, Inc mengumumkan bahwa spin-off restoran cepat sajinya — KFC, Taco Bell dan Pizza Hut – menjadi sebuah perusahaan restoran independen, Tricon Global Restorans Inc. Pada Mei 2002, perusahaan ini telah mengumumkan persetujuan pemilik saham untuk merubah nama perusahaan ini menjadi Yum! Brands Inc. Perusahaan, yang dimiliki oleh A&W All-American Food Restorans, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan juga Taco Bell restorans, adalah sebuah perusahaan restoran terbesar di dunia yang masuk dalam kategori unit system dengan jumlah 32,500 yang tersebar lebih dari 100 negara dan wilayah.

KFC berkembang sangat pesat. Kini, lebih dari satu miliar ayam goreng hasil dari resep Kolonel ini telah dinikmati setiap tahunnya, bukan hanya di Negara Amerika Utara saja bahkan juga tersedia hampir di 80 negara di seluruh dunia. Akantetapi Kolonel Sanders tidak lagi bisa menyaksikannya. Karena pada tahun 1980, di usia 90 tahun, Kolonel Harland Sanders  terserang leukemia. Sehingga dirinya meninggal dunia seusai melakukan perjalanan 250.000 mil dalam satu tahun kunjungannya ke seluruh restoran KFC di seluruh dunia.

“Impian meraih sukses itu tidak harus di masa kecil, Impian bisa juga pada saat usia senja.” Kolonel Sanders, pendiri KFC.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel