5 Tips Pemasaran Bisnis Awal Tahun untuk Pengusaha Kecil

Mediasiana.com - Bagaimana cara memasarkan bisnis di awal tahun ini? Saat menantikan tahun baru, ini adalah momen yang tepat untuk memikirkan strategi bagaimana mengembangkan bisnis mu. Kamu harus bisa mengatur waktu dan modal untuk diterapkan dalam strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Jadi saat kamu merencanakan tahun depan, pastikan untuk meluangkan waktu meninjau kembali bisnis yang sedang berjalan saat ini.

  tips bisnis terbaru

Kamu butuh beberapa saran dan tips untuk bisa menjadikan bisnis mu berkembang menjadi lebih baik lagi. Kalau kamu adalah pengusaha yang masih pemula, dan bingung hendak menjalankan strategi promosi bisnis seperti apa, silahkan ikuti pembahasan kita kali ini.

Optimalkan Traffic ke situs bisnismu

Situs web mu adalah bagian terpenting dari  pemasaran bisnis yang sedang kamu bangun, jadi pastikan kamu tahu bagaimana strategi pemasaran yang cocok bagi bisnismu. Misalnya, jika Kamu fokus pada upaya mengoptimalkan brand tahun ini, apakah informasi penting yang bisa membawa pengunjung ke situs web mu? Bagaimana dengan SEO? Jika Kamu bekerja keras pada optimasi mesin pencari, apakah itu benar-benar menghasilkan lebih banyak traffic? Kamu bisa memanfaatkan Google Analytics untuk mendapatkan beberapa jawaban, khususnya laporan lalu lintas situs web


Apakah media sosial efektif?

Sangat sulit untuk menilai pengaruh media sosial terhadap perkembangan bisnismu, tetapi bisa kamu perhatikan apakah perlu untuk mencurahkan waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak membuahkan hasil sama sekali? Jika kamu cukup beruntung untuk mendapatkan penjualan langsung dari media sosial, maka kamu bisa menyisihkan sebagian dari anggaran untuk biaya iklan di media sosial, daripada mengukurnya terhadap sumber penjualan lainnya. Jika kamu tidak sering melihat penjualan datang langsung dari jejaring sosial, Kamu perlu mengatur strategi yang mendalam untuk mendapatkan pendapatanmu kembali. Beberapa laporan yang dapat Kamu gunakan untuk menilai efektivitas strategi pemasaran mu meliputi:
  • Apakah akun media sosial mu memberikan lalu lintas ke situs bisnis-mu?
  • Sudahkah jumlah orang di daftar email mu bertambah?
  • Apa jenis keterlibatan yang kamu dapatkan di media sosial?

Baca juga : Coba Peluang Bisnis di Desa yang Menguntungkan

Apakah ada tren penjualan?

Jika penjualan mu mencapai puncaknya di bulan Februari misalnya dan turun di bulan Maret, tahukah kamu alasan atau penyebabnya? Apakah kamu memiliki produk musiman atau adakah alasan lain untuk tren penjualan produk tersebut? Apakah orang membeli produk atau layanan tertentu secara bersamaan? Jika demikian, itu mungkin memberi kamu kesempatan untuk menjual atau hanya membuat blunder Mengidentifikasi tren penjualan adalah bagian besar dari perencaan strategis mu, karena ini membantu mu untuk memahami kapan dan bagaimana memasarkan. Misalnya, ketika bisnis cenderung lambat pada bulan April, akankah Kamu membuat kampanye pemasaran untuk meningkatkan penjualan, atau akankah Kamu meluangkan waktu untuk mengerjakan proyek  internal?


Berapa tingkat ketertarikan bisnis mu?

Menemukan pelanggan baru lebih sulit daripada mempertahankan nya. Jadi pastikan untuk melihat tingkat pengembalian atau loyalitas pelanggan mu. Apakah pelanggan membeli dari mu sekali, atau apakah mereka kembali dan membeli berulang kali? Jika Kamu memiliki layanan atau langganan yang berkelanjutan, berapa lama orang bertahan dengannya? Jika mereka pergi, tahukah Kamu alasan nya mengapa? Kamu mungkin menemukan bahwa begitu fokus untuk mendapatkan pelanggan baru, sehingga kamu meninggalkan orang-orang yang Kamu tidak puas. Jika itu masalahnya Kamu ingin memastikan rencana strategi Kamu mencakup beberapa layanan pelanggan kuno, dan metode untuk berinteraksi kembali dengan pelanggan sebelumnya.


Seberapa baik Konversi Lead?

Katakanlah analisis yang kamu lakukan menunjukkan bahwa setiap kampanye bisnis yang kamu lakukan semuanya sukses. Kamu bisa membuat akun podcast, channel youtube, fanpage facebook dan sebagianya. Kamu membawa lalu lintas ke situs web mu dan banyak pengunjung yang mengunduh produk bisnis yang Kamu tawarkan. Kamu perlu memberikan nilai tambah kepada bisnis yang kamu kembangkan. Supaya semua promosi yang kamu lakukan bisa berfungsi dan memberikan umpan balik yang maksimal.


Kata Penutup

Bagaimana? bila memulai bisnis dianggap sebagai hal yang remeh saja, maka bersiaplah untuk menghadapi kegagalan. Pengusaha kecil sekali pun bisa tetap menerapkan strategi pemasaran profesional untuk memaksimalkan penjualan produknya, menggaet pelanggan baru dan memberikan pelanggan kepuasaan maksimal. Semoga bermanfaa!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Pemasaran Bisnis Awal Tahun untuk Pengusaha Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel