Analisis SWOT: Pengertian, Unsur, Faktor dan Contoh Analisis SWOT (Lengkap)

Pengertian Analisis SWOT - Biasanya ketika kita hendak memulai suatu usaha ataupun itu pekerjaan tertentunya akan menjadi lebih baik jika kita sudah melakukan riset atau analisa terdahulu sebelum kita memulai usaha tersebut. Analisa ini bisa juga berupa analisa produk, analisa pasar, maupun hal lain yang masih berhubungan dengan usaha atau suatu pekerjaan yang nantinya akan kita lakukan.

Pengertian Analisis SWOT


Analisis SWOT adalah salah satu cara analisis yang bisa kita gunakan untuk menganalisa dan sekaligus sebagai evaluasi semua hal yang masih berkaitan dengan usaha ataupun pekerjaan kita, nantinya agar usaha dan pekerjaan tersebut untuk kedepannya bisa lebih lancar dan sukses. Nah kali ini Mediasiana ingin berbagi ilmu pengetahuan yang membahas tentang Analisis SWOT ini. Di dalam artikel yang berjudul Pengertian Analisis SWOT, Manfaat SWOT, Unsur, Faktor Analisis SWOT, dan juga Contoh Analisis Swot. Untuk itu silakan sobat semua simak artikelnya di bawah ini dengan baik dan benar ya!.

Pengertian Analisis SWOT


Secara umum, pengertian analisis SWOT adalah suatu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis perencanaan yang biasanya digunakan dalam kegiatan bisnis ataupun sebuah usaha. Kata SWOT ini berasal dari kata turunan yaitu : strenghs, weaknesses, opportunity, dan juga threat dimana untuk memudahkan kata tersebut, maka disingkat menjadi SWOT.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

  • Philip Kotler : Pengertian analisis SWOT menurut Philip Kotler adalah suatu kegiatan evaluasi dari semua segi yang ada di setiap individu ataupun di organisasi mulai dari kekuatan, kelemahan, peluang, hingga ancaman. 
  • Pearce dan RobinsonPengertian analisis SWOT menurut Pearce dan Robinson adalah salah satu dari bagian strategi proses manajemen yang dilakukan oleh suatu kelompok usaha ataupun organisasi yang bertujuan dan juga berguna untuk mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan yang ada dari usaha tersebut. Setelah ditemukan kekuatan dan juga kelemahannya maka hal tersebut akan dibandingkan dengan peluang sekaligus sebuah ancaman yang ada pada usaha tersebut, sehingga perusahaan tersebut nantinya bisa menghasilkan strategi bisnis baru yang tentunya lebih efektif dan tepat.
  • Freddy Rangkuti : Pengertian analisis SWOT menurut Rangkuti adalah suatu usaha yang dijalankan dengan berdasarkan logika manusia. Karena hal itulah kita bisa memanfaatkan kekuatan peluangusaha secara maksimal, kita juga bisa meminimalisirkan adanya kelemahan dan juga ancaman yang terjadi pada usaha kita, agar nantinya bisa berjalan lancar.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

Di atas tadi Mediasiana sudah sedikit menjelaskan bahwa analisis SWOT ini dari empat unsur, yaitu SWOT = S (strenghs), W (weaknesses) – O (opportunities), T (threats). Nah untuk memperjelasnya lagi masing-masing unsur tersebut, di bawah ini akan saya berikan sedikit pembahasan mengenai 4 unsur analisis SWOT.

Unsur SWOT = (S) / Kekuatan (Strenght)


Strenght merupakan sebuah unsur pertama yang ada di dalam analisis SWOT ini, sudah jelas dari namanya saja, unsur (S) ini memiliki arti yaitu kekuatan. Unsur yang satu ini berisi suatu kekuatan dari suatu usaha atau pekerjaan yang sedang di jalankan. Artinya dengan adanya unsur (S) ini kita bisa memberikan kekuatan sebanyak-banyaknya kepada usaha atau pekerjaan yang sedang kita lakukan tersebut, supaya sesuatu yang dihasilkan nantinya juga lebih berkualitas dan menjadi lebih kuat untuk dapat bersaing di market atau pasar.

Unsur SWOT = (W) / Kelemahan (Weakness)


Weakness adalah unsur yang kedua dalam analisis SWOT. Unsur (W) ini adalah kebalikan dari unsur yang pertama, unsur yang kedua ini memiliki sebuah arti, yakni kelemahan. kelemahan disini juga mempunyai makna yaitu kelemahan dari sebuah usaha atau pekerjaan yang akan kita lakukan, kita juga diharuskan bisa meminimalkan sebuah kelemahan yang ada di dalam usaha atau pekerjaan yang akan kita lakukan tersebut.

Unsur SWOT = (O) / Peluang (Opportunity)


Opportunity adalah unsur yang ketiga dalam analisis SWOT. Unsur yang satu ini memang memiliki arti bagus, yaitu peluang. Peluang di sini yakni dapat bermakna sebagai peluang pasar, peluang produksi, ataupun peluang lainnya. Semakin banyaknya dan semakin tingginya peluang dari usaha maupun pekerjaan yang akan kita lakukan, maka kemungkinan usaha kita tersebut bisa berjalan sukses dan semakin besar.

Unsur SWOT = (T) / Ancaman (Threats)


Unsur yang terakhir atau yang ke empat dalam analisis SWOT adalah Threats. Unsur ini memiliki sebuah arti yang cukup menantang, yakni Ancaman. Sebagai seorang pembisnis maka sudah biasa kalau ada ancaman dari usaha atau pekerjaan yang kita jalani. untuk itu kita harus bisa meminimalisir kelemahan pada usaha atau pekerjaan yang sedang kita jalani. Tentu saja kalau hal ini kita lakukan agar usaha yang kita laksanakan dapat berjalan sukses dan lancar.

Faktor Analisis SWOT


Analisa SWOT ini dipengaruhi oleh dua faktor, yakni ada faktor internal  atau faktor yang berasal dari dalam, dan juga faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar. Dibawah ini Mediasiana akan berikan sedikit pembahasan tentang dua faktor analisis SWOT tersebut.

Faktor Internal Analisis SWOT


Faktor internal dari analisis SWOT adalah suatu faktor yang ditimbulkan dari dalam usaha pekerjaan yang telah di analisa atau di teliti. Untuk faktor internal analisis SWOT ini bisa berupa strenght / kekuatan dan juga weakness / kelemahan. Di bawah ini merupakan beberapa contoh faktor internal dari analisis SWOT :
  • Teknologi yang bisa digunakan untuk usaha atau kerja bersifat cenderung canggih ataupun kuno.
  • Kredibilitas dari usaha ataupun pekerjaan yang sedang kita lakoni tersebut bagus / buruk / standar.
  • Modal yang digunakan untuk mengembangkan usaha ini sebenarnya kurang / lebih / cukup.
  • Sumber daya yang telah digunakan untuk menjalankan usaha tersebut berkualitas / tidak berkualitas. Bisa juga dari segi sumber daya bahan baku ataupun sumber daya dari manusia itu sendiri.

Faktor Eksternal Analisis SWOT


Faktor eksternal dari analisis SWOT adalah suatu faktor yang bisa timbul dari luar usaha atau pekerjaan yang di analisa ataupun di teliti tersebut. Faktor internal analisis SWOT ini bisa berupa opportunity atau peluang dan juga threats atau ancaman. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari faktor eksternal analisis SWOT :
  • Adanya persaingan dari perusahaan lain.
  • Tingkat konsumtif dari masyarakat atau pasar yang kita target.
  • Budaya dan juga kebiasaan yang dilakukan masyarakat.
  • Kebutuhan dari pasar itu sendiri.
  • Peniruan produk dari usaha kita yang dilakukan oleh pihak lain sehingga menjadi pesaing.

Contoh Analisis SWOT


Supaya sobat bisa lebih paham dan lebih mengerti apa itu analisis SWOT, berikut ini akan saya berikan contoh dari analisis SWOT singkat dan lengkap.

Analisis SWOT Bakso Daging Sapi


Faktor Internal Analisa SWOT Strengths (kekuatan) :

  • Produk sudah terkenal luas di target / konsumen / masyarakat.
  • Menggunakan sistem pemasaran sudah berbasis secara online, sehingga lebih modern dan mudah menjangkau masyarakat luas.
  • Harga yang di tawarkan juga bisa dibilang terjangkau / murah.
  • Bahan yang digunakan untuk produksi baso ini juga sudah terbukti sebagai bahan yang aman dan sehat di konsumsi oleh manusia.

Faktor Internal Analisa SWOT Weakness (kelemahan) :

  • Keuntungan yang di dapatkan dari usaha penjualan bakso daging sapi cukup minim.
  • Harga bahan baku yang digunakan cenderung mahal, terutama pada bahan utama yaitu daging Sapi.
  • Masyarakat Bisa Bosan dengan rasanya itu-itu aja

Faktor Eksternal Analisa SWOT Opportunity (peluang) :

  • Produk yang dihasilkan juga cukup unik, sehingga akan menarik minat banyak masyarakat.
  • Akan timbul banyak orang yang ingin mencoba rasa dari makanan baso tersebut.
  • Akan memberikan kesan penasaran terhadap masyarakat yang mengetahui nama produk tersebut.

Faktor Eksternal Analisa SWOT Threats (ancaman) :

  • Produk ini juga bisa dengan mudah untuk ditiru oleh orang lain.
  • Bisa dibilang produk ini sudah mulai langka dan harganya mahal untuk mendapatkan bahan baku utama dari makanan baso tersebut, karena Sapi di Petani susah di Cari.

Nah seperti itulah cara kerja Analisis SWOT. Disni sudah saya berikan informasinya mulai dari Pengertian Analisis SWOT, Manfaat SWOT, Unsur, Faktor Analisis SWOT, dan juga Contoh Analisis SWOT. Mudah mudahan artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat untuk sobat semuanya.

Jika ada sesuatu yang ingin di sampaikan atau di tanyakan, bisa sobat tuliskan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya yang ada di Mediasiana ya!. Mohon maaf apabila dalam artikel ini ada kesalahan kata ataupun kalimatnya, terimakasih telah berkunjung sampai jumpa diartikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel