Adsense Right Sidebar

10 Bahaya Sering Ngupil Yang Tidak Kita Sadari

Mediasiana.com - Bahaya sering ngupil bagi kesehatan. Aktivitas ngupil adalah kegiatan yang nikmat sekali, apalagi sambil duduk dan mata memandang ke atas sambil berhayal kalau emas satu kilo akan jatuh dari langit, hehe yang bener aja :(

Ngupil sudah menjadi rutinitas dari sebagian orang, bahkan secara tidak sadar aktivitas ngupil ini susah sekali untung di lewatkan. Apalagi bagi kaum hawa, yang ingin selalu tampil cantik dan menawan, tentunya tidak mau donk, hidungnya muncul Upilnya, maka secara tidak sadar kaum hawa membersihkan upilnya setiap hari :(


Dampak Sering Ngupil bagi Kesehatan

Tau gak sih, ternyata Ngupil terlalu sering bisa berdampak buruk bagi kesehatan, ada sampai-sampai ingin terlihat cantik sampai-sampai berdarah hidung wanita demi upil yang tidak nempel di rongga hidung. Tentunya kalau sudah over seperti ini tidak bagus, bahkan bisa berdampak serius bagi kesehatan organ pernapasan kita sendiri.

Oleh karena itu, agar kita semua bisa terhindar dari penyakit berbahaya dari sering Ngupil maka dalam kesempatan kali ini Mediasiana akan merangkum beberapa dampak buruk dari sering Ngupil. Ets, sebelum saya uraikan dampak buruk Ngupil, kalian udah tau donk ya, Ngupil itu ngapain ?

Nah, bagi kalian yang masih belum tahu apa itu Ngupil akan saya jelaskan secara singkatnya. Jadi Ngupil itu adalah aktivitas membuang kotoran yang ada pada rongga hidung.

10 Bahaya sering Ngupil


Pakar kesehatan juga menyebut bahwa sering Ngupil ini bisa berbahaya dan menimbulkan banyak dampak, contohnya sebagai berikut:

1. Bisa Infeksi pada lubang hidung


Nah, buat kalian yang sering Ngupil, ada akibat keseringan ngupil yang pertama adalah dapat menyebabkan infeksi pada hidung gengs. Hal ini terjadi disebabkan oleh jari kalian yang dipakai mengupil biasanya itu masih kotor dan penuh dengan bakteri apalagi kukunya panjang-panjang. Bakteri yang ada di kuku akan bisa pindah ke dalam lubang hidung kalian sehingga bisa memicu infeksi. Apalagi Ngupilnya dilakukan terlalu sering.

2. Ngupil Juga Bisa menyebabkan Bisul


Bahaya yang kedua adalah, selain bisa menimbulkan infeksi, bakteri-bakteri yang ada pada kuku menjalar ke hidung juga bisa memicu munculnya bisul di dalam hidung. Meskipun bisulnya agak kecil namun kalau di pencet rasanya tetep sakit, bisul Ini bisa muncul karena bagian dalam hidung cenderung sensitif apalagi di tambah adanya bakteri tersebut.

Bakteri yang biasa memicu datangnya jerawat atau bisul di dalam hidung adalah staphylococcus aureus, kalau hal ini sudah terjadi tentunya akan membuat hidung terasa sangat tidak nyaman.

3. Sering Ngupil Juga Bisa Memicu Mimisan


Mengupil yang terlelu bersemangat juga bisa menyebabkan hidung berdarah-darah atau mimisan. Marak kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang masih berusia 4 -7 tahun. Karena mengupil juga akan merusak pembuluh darah kalian, karena kuku kalian yang tajam ini menggaruk rongga hidung dan menyebabkan luka pada area hidung.

4. Ngupil Dapat Menyebarkan Bakteri


Sebenarnya, ngupil ini tidak higienis, namun diam-diam banyak saja orang yang suka Ngupil. Apalagi setelah mengupil, jari tangan Anda pasti akan penuh kuman, sehingga tangan Anda akan terpaparkan sinar matahari dan udara, ketika mana pun Anda menyentuh suatu benda. Maka sebaiknya Anda harus mencuci tangan hingga bersih untuk menghilangkan kuman yang nempel.

Ngupil Jjuga dianggap aktivitas yang tidak sopan, apalagi mengupilnya di depan orang dan sambil bicara didepan orang lain. Kebiasaan Ngupil ini juga bisa memalukan Anda sendiri secara sosial.

5. Terjadinya Perforasi septum


Apa itu Perforasi Septum ? , jadi Perforasi septum adalahn suatu kondisi yang membuat luka pada area sekat antara lubang hidung pada bagian kanan dan kiri, hal ini terjadi karena keseringan ngupil. Jika kondisi seperti ini sudah cukup parah, bisa-bisa tidak ada sekat lagi dan hidung jadi terbuka, sehingga tidak ada lagi deh pembatas antara kedua lubang hidung kiri dan kanan. Kalau sudah terjadi seperti ini sebaiknya Anda menghubungi dokter terdekat dan bisa segeralah untuk melakukan operasi kalau memang sudah parah sekali.

6. Sering Ngupil Bisa Meningkatkan risiko flu


Bahaya sering ngupil yang ke empat adalah, bisa meningkatkan Anda terkena flu. Karena saat Anda mengupil dan mengorek-ngorek lubang hidung maka akan membuat rambut-rambut halus di dalam hidung rontok. Padahal, rambut-rambut yang ada di hidung ini sangat berfungsi dalam menyaring berbagai macam kotoran dan bakteri yang bisa memicu datangnya flu atau pilek.

7. Sering Ngupil Juga Meningkatkan risiko meningitis


Penyakit meningitis yang muncul akibat keseringan ngupil, memang jarangsih, bahkan hampir tidak ditemukan pasiennya, namun secara teori tentunya hal ini sangat memungkinkan untuk bisa terjadi.

Apalagi ngupilnya terlalu dalam, bisa jadi jari kalian akan menyentuh bagian sinus atau tulang ethmoid, tentunya ini cukup berisiko. Karena bakteri yang ada di jari tangan ini bisa jadi akan berjalan mencapai pada bagian tersebut dan pada akhirnya menjalar sampai ke dalam otak, bisa-bisa bisa menyebabkan radang selaput di dalam otak atau meningitis'hiih sungguh mengerikan.

8. Ngupil Dapat Menyebabkan luka


Vestibulitis hidung adalah sebuah peradangan pada lubang dan pada bagian depan rongga hidung, hal ini terjadi disebabkan oleh infeksi ringan dengan jenis Staphylococcus. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan luka, dan luka tersebut dapat menimbulkan keropeng  yang menyakitkan.

Demikian juga, bahaya bagi orang yang sering ngupil, sampai-sampai bisa mencabut bulu hidung dari folikelnya, alhasil memicu bisul dan jerawat pada area hidung.

9. Ngupil Dapat menyebabkan Rusaknya Rongga Hidung


Telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahwa bahaya sering ngupil ini dapat merusak rongga hidung. Ada satu studi yang menemukan bahwa, orang yang sering mengupil secara kompulsif (rhinotillexomania) akan dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan pembengkakan pada jaringan hidung. Dengan seiring waktu, kondisi ini akan dapat mempersempit lubang hidun diri sendiri.

10. Ngupil Juga Bisa Menularkan Penyakit


Lendir yang ada pada hidung ini akan menjebak debu, bakteri, virus, dan juga kotoran yang dihirup kalian setiap hari. Jika Anda biasa mengupil maka Anda bisa menularkan kuman-kuman. Ada satu studi yang menemukan bahwa orang yang sering mengupil ini dapat menularkan bakteri yang menyebabkan sakit pneumonia.

Penutup


Nha, itulah dari ke 10 bahaya dari keseringan Ngupil. Meskipun mengupil ini adalah aktivitas yang manusia, tentunya kalau dilakukan terlalu kesringan akan tidak bagus dan menimbulkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu sebaiknya mulai saat ini kalian yang suka sekali Ngupil baik saat sendirian ataupun saat berkumpul denga teman, kurangi kegiatan ngupil ini.

Dan demikian saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Janganlupa baca artikel tentang kesehatan lainnya di bawah ini, sampai jumpa di artikiel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel