Pengertian Mukjizat dan Macam-macam Mukjizat

Mediasiana.com - Pengertian mukjizat dan macam-macam mukjizat yang Allah turunkan pada Rasul-Nya. Mukjizat terjadi karena Allah menghendaki kejadiannya, sehingga mukjizat tidak direncanakan dan tidak pula dipelajari. Kejadian luar biasa yang datangnya tidak dari Allah melainkan dari syaitan disebut dengan sihir.

Pengertian Mukjizat

Mukjizat menurut bahasa berarti sesuatu yang melemahkan atau mengalahkan. Menurut istilah mukjizat adalah sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada dalam diri Rasul atas kehendak Allah untuk membuktikan bahwa dirinya sebagai Rasul utusan Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 174, yang artinya : Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu (Muhammad dengan mukjizatnya) dan kami turunkan kepadamu cahaya yang terang-terangan.

Mukjizat merupakan kejadian luar biasa yang menunjukkan kekuasaan Allah, sehingga sudah sepantasnya jika manusia mengakuinya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.




Fungsi diberikannya Mukjizat bagi Para Rasul Allah SWT

  1. Untuk melemahkan dan mengalahkan usaha dan segala alasan orang kafir yang menentang seruan para Rasul Allah
  2. Sebagai kekuasaan dan kebesaran Allah SWT
  3. Sebagai bukti bahwa Rasul memang benar-benar dipilih dan diutus Allah sebagai penyampai wahyu-Nya.

Macam - macam Mukjizat

Mukjizat ada dua macam, yaitu :

  1. Mukjizat kauniyah atau mukjizat terbatas adalah mukjizat yang tampak, dapat ditangkap oleh panca indra, seperti tongkat Nabi Musa yang berubah menjadi ular
  2. Mukjizat Aqliyah atau mukjizat tak tebatas adalah mukjizat yang hanya dapat dipahami oleh akal pikiran, seperti Al-Qur'an. Karena Al-Qur'an keluarbiasaannya adalah dari segi sastra yang tidak dapat seorang pun menandinginya.

Contoh - contoh Mukjizat Para Rasul

  • Mukjizat Nabi Nuh AS
Untuk menunjukkan kebesaran Allah serta mengazab orang-orang durhaka bagi umat Nabi Nuh AS, Allah menurunkan air bah yang sangat dahsyat. Namun Allah SWT memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat Perahu besar, sehingga para pengikut Nabi Nuh AS dan binatang-binantang ternak dapat selamat dari air bah itu. 

Allah SWT berfirman dalam QS. Hud ayat 37, yang artinya : Dan buatlah bahtera (perahu) dengan pengawasan dan petunjuk wahyu kami, janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang oramg-orang yang zalim itu, sesungguhnya mereka itu akan di tenggelamkan.

  • Mukjizat Nabi Ibrahim AS
Nabi Ibrahim adalah Nabi yang taat kepada Allah, sehingga beliau diberi gelar "Khalilullah" atau kekasih Allah. Nabi Ibrahim di utus Allah untuk mengajak manusia agar menyembah Allah dan meninggalkan menyembah berhala terhadap kaum Raja Namrud saat itu. Hingga pada suatu saat Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala. Hal ini mendapat tantangan dari Raja Namrud dan ayahnya sendiri, bahkan mereka marah. Sehingga raja tersebut memerintahkan untuk membakar Nabi Ibrahim . Dengan ijin Allah Nabi Ibrahim tidak hangus terbakar.

Firman Allah dalam QS. Al-Anbiya ayat 69, yang artinya : Hai api, jadilah dingin dan menyelamatkan diri Ibrahim.

  • Mukjizat Nabi Musa AS
Nabi Musa diutus oleh Allah untuk menyelamatkan kaum bani israil dari kerajaan raja Fir'aun. Untuk menjatuhkan kesombongan para sihir istana Raja Fir'aun Allah memberikan Mukjizat kepada Nabi Musa AS berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular dan memakan ular-ular para sihir Fir'aun. Dan menyelamatkan Nabi Musa AS serta pengikutnya dari Raja Fir'aun.

Allah SWT berfirman dalam QS. Thaha ayat 19 - 21, yang artinya : Allah berfirman : lemparkanlah ia (tongkatmu), hai Musa lalu lemparkanlah tongkat itu, maka tiba-tiba ia pun menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat . Allah berfirman "Peganglah ia dan jangan takut, kami akan mengembalikannya dalam keadaan semula".

Allah SWT berfirman dalam QS. Asy Syura ayat 63, yang artinya : Lalu kami wahyukan kepada Musa : " Pukulah lautan itu dengan tongkatmu", maka terbelah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.


  • Mukjizat Nabi Isa AS
Allah menurunkan mukjizat kepada Nabi Isa AS sebagai berikut :

  1. Dapat membuat burung dari tanah yang kemudian dapat hidup
  2. Dapat menghidupkan orang yang telah mati dengan ijin Allah
  3. Menyembuhkan penyakit Kusta
  4. Menyembuhkan orang Buta
  5. Mengetahui apa yang di simpan orang di rumahnya

  • Mukjizat Nabi Muhammad SAW

 Mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW adalah :


  1. Dari celah-celah jari tangan beliau memancarkan air yang dapat diminum sebagai pelepas dahaga
  2. Melakukan perjalanan Isra dan Mi'raj dalam waktu satu malam. Perjalanan seperti itu tidak mungkin dilaksanakan dalam keadaan biasa walaupun dengan pesawat secanggih apapun
  3. Al-Qur'anul Karim, kitab Suci yang tidak mungkin tertandingi dari segi bahasa maupun dari segi kandungan isinya.

Penutup


Nah, itulah tadi Pengertian Mukjizat dan Macam-macam Mukjizat, semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua, semoga bermanfaat dan janganlupa baca artikel lainnya yang masih satu tema di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Mukjizat dan Macam-macam Mukjizat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel