Jadilah Diri Anda Seutuhnya !

Mediasiana.com - Jadilah Diri Anda Seutuhnya !. Ada satu kisah dimana disuatu telaga besar milik seorang saudagar yang kaya raya, hiduplah berbagai bermacam-macam ikan dengan suka citanya. Telaga milik saudagar itu yang ukurannya begitu besar dan dihiasi dengan berbagai macam tanaman air. Dimana di area telaga memberikan sebuah suasana tenang bagi siapa saja yang melihatnya. 

Mengasah Kemampuan Diri

Dan tepat ditengah telaga yang besar tersebut, terdapat air mancur kecil yang indah, yang mana air mancur tersebut menghasilkan gelembung-gelembung udara didalam air. Ikan-ikan yang berada didalam telaga tersebut terlihat senang sekali sehingga ikannya berenang kesana kemari dengan gembira sambil bermain-main dengan gelembung yang ada di air mancur tersebut.


Sang saudagar yang kaya raya sangat mencintai ikan-ikannya ini, sehingga dengan rajin setiap harinya, dirinya memberi makanan pada ikan-ikan tersebut dengan udang-udang kecil yang sudah dihaluskan. Bahkan ada ratusan ikan yang tinggal didalam telaga tersebut, dengan berbagai macam jenis dan bentuknya. Dari banyaknya ikan sampai ratusan tersebut, terdapat seekor ikan mas yang bertubuh besar dan juga berwarna emas. kalau dilihat dari sepintas ikan ini sangatlah lincah dan juga menarik, namun ketika di perhatikan dengan seksama ada satu sifat jelek yang dimiliki ikan ini, yaitu sifat ketergantungan.

Pada saat menjelang siang hari, ikan-ikan yang ada di telaga tersebut seperti biasa, menanti tuannya untuk memberi pakan ikan, termasuk si ikan mas yang besar tersebut. Namun setelah ditunggu-tunggu, sang saudagar yang kaya ini, dinanti tidak kunjung datang juga. Ternyata, sang saudagar ada suatu kesibukkan yang mana mengharuskan sang saudagar kaya ini untuk keluar kota dengan waktu yang agak lama. Dan akhirnya Ikan-ikan yang ada ditelaga tersebut mulai berinisiatif untuk memakan tanaman yang ada di telaga tersebut, namun hanya si ikan mas yang tetap menunggu dan menunggu kedatangan sang saudagar itu.

Jangan Pasrah dengan Keadaan

"Hai ikan mas, makanlah tanaman yang ada di air ini, kamu hanya tinggal menggigit dan mengunyahnya saja, ini untuk makan siangmu" Teriak ikan-ikan yang lainnya kepada si ikan mas besar itu "Tidak, aku tidak akan bisa memakan dan mengigitnya " tutur ikan mas besar. Saya akan tetap menunggu tuan kita untuk memberi makan saja" Jawab ikan mas itu dengan ketusnya. Suatu hari semakin malam, namun sang saudagar kaya ini, yang ditunggu ikan mas tersebut, tidak juga kunjung datang. Ikan-ikan yang lain sudah kenyang menyantap tanaman air yang ada di telaga ini, hanya si ikan mas saja yang masih kelaparan karena dirinya belum memakan apa pun. Akibat dari menahan lapar yang begitu lama, si ikan mas-pun mulai merasa lemas di sekujur tubuhnya, namun ikan mas ini tetap merasa tidak bisa memakan tanaman air tersebut, karena dirinya terbiasa diberikan makan oleh tuannya.

Singkat cerita sudah 2 hari berlalu, si ikan mas masih saja menahan lapar dan akhirnya tubuh ikan mas ini-pun kaku karena kelaparan, padahal dirinya ini berada di lumbung makanan yang berlimpah, namun malah ikan mas ini mati bukan karena tidak ada makanan, namun karena sifat ketergantungannya terhadap orang lain.

Penutup

Dari kisah diatas, banyak sekali kita menemui dan melihat di kehidupan ini, sifat seorang yang masih suka ketergantungan pada uluran tangan orang lain. Yang berlebih terhadap orang tua, saudara dan terhadap orang lain. Ingat, sifat ketergantungan yang terjadi secara berlebihan akan membuat diri kita menjadi tidak terasah, menjadikan diri kita merasa tidak percaya diri dan tidak mempunyai kemampuan untuk memekpresikan dalam hidup sehari-hari. 

Lakukan yang Terbaik

Kita boleh saja belajar, mengikuti dan juga dimotivasi oleh orang lain, namun hendaknya kita ini harus selalu yakin pada kemampuan diri kita serta jadilah diri kita ini menajdi seorang seutuhnya yang memiliki kemampuan dan skil, karena pada dasarnya setiap orang itu punya kemampuan untuk bisa jadi sukses, hanya pandangan dan perjuanganlah yang dapat membuat kita sukses, karena berdiam diri dan pasrah pada keadaan dan menunggu bantuan orang lain inilah yang menghalangi datangnya kesuksesan tersebut.

Oleh karena itu jadilah diri anda ini seutuhnya!!!~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel