Widget HTML Atas

Pengertian Diksi, Pengimajian dan Konkret

Mediasiana.com - Pengertian Diksi, Pengimajian dan Konkret. Puisi dibangun oleh dua unsur pokok yaitu struktur fisik dan struktur batin. Trsuktur fisik adalah segala sesuatu yang dapat kita lihat dan kita hayati secara langsung dari puisi, sedangkan struktur batin adalah makna yang terkandug dalam puisi yang tidak secara langsung kita hayati.

Struktur fisik puisi terdiri atas diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif (majas) rima, ritma dan tipografi.

Pengertian Diksi, Pengimajian dan Konkret

Pengertian Diksi


Diski adalah pemilihan kata untuk mengungkapkan gagasan. Kata-kata dipilih, dicermati, dan dibuat sepadat dan seefektif mungkin sehingga menghasilkan imajinasi dari suasana tertentu yang ingin diciptakan.

Pemilihan kata mempertimbangkan aspek estetis, sehingga kata-kata yang sudah dipilih penyair bersifat absolut dan tidak bisa diganti dengan padah katanya sekalipun maknanya tidak berbeda. Kata-kata dalam puisi juga bersifat konotatif.

Pengertian Pengimajian


Pengimajian adalah usaha pengaturan atau penyusunan kata sehingga makna yang abstrak menjadi jelas dan dapat mengungkapkan makna imajinasi. Daya imajinasi yang diciptakan penyair membuat kata-kata dalam puisi seolah-olah dapat didengar (imaji auditif), dilihat (imaji visual). ataupun dirasakan (imaji taktil).

Pengertian Kata Konkret


Kata konkret adalah kata-kata yang digunakan penyair untuk menggambarkan keadaan atau suasana batin dengan maksud membangkitkan imaji pembaca. Jika penyair mahir memperkonkret kata-kata maka pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan dari apa yang dilukiskan penyair.

Dengan kata-kata yang diperkonkret, pembaca dapat membayangkan secara jelas peristiwa atau keadaan yang dilukiskan oleh penyair.

Penutup


Nah, itulah Pengertian Diksi, Pengimajian dan Konkret, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Dan buat kalian janganlupa kunjungi terus mediasiana setiap hari, karena kami akan menyajikan artikel yang menarik lainnya. Janganlupa baca juga artikel lainnya dibawah ini, sampai jumpa :)