Pengertian Majas : Lengkap dengan Jenis dan Contohnya

Mediasiana.com - Pengertian Majas lenkap dengan jenis dan juga contohnya. Jika sebelumnya saya sudah membahas tentang Pengertian pantun, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Majas. Tentu di antara kalian ada yang sudah pernah dengar apa itu majas, bahkan dari kalian pasti ada yang sudah mempelajarinya di bangku sekolah.

Untuk memperkuat pemahaman dan ingatan kita, maka pada kesempatan ini saya akan memberikan ulasan tentang Pengertian Majas lengkap beserta jenis-jenis dan contohnya masing-masing.

Pengertian Majas


Majas atau bisa disebut dengan bahasa Figuratif ini adalah bahasa yang digunakan penyair untuk mengatakan sesuatu dengan cara pengisian. Majas digunakan penyair agar terhindar dari keterbatasan kata-kata denotatif. 

Pengertian Majas : Lengkap dengan Jenis dan Contohnya


Berikut ini adalah beberapa macam dari Majas :

1. Smile (perumpamaan atau perbandingan)


Smile yakni kiasan untuk membandingkan aau menyamakan sesuatu dengan yang lain dengan kata pembanding antara lain seperti : bak, laksana, bagaikan, dan sebagainya.

Contoh Majas Simile :

Kecantikanmu laksana bidadari

Wajahmu bak rembulan yang bersinar terang

Tubuhmu bagaikan gitar Sepanyol

2. Metafora


Majas metafora adalah cara pengungkapan yang mengandung makna secara tersirat untuk mengungkapkan acuan makna yang lain selain makna sebenarnya, misalnya "cemara pun gugur daun" mengungkapkan makna "ketidakabadian kehidupan".

Contoh Majas Metafora :

Tombakmu pucuk daun, (tombak yang tidak mempan).

3. Personafikasi


Majas personafikasi adalah majas yang melukiskan suatu benda mati atau ide yang abstrak dengan memberikan sifat-sifat manusia sehingga seolah-olah memiliki sifat seperti manusia atau benda hidup.

Contoh majas personafikasi

Langit tertidur dalam pangkuan malam

4. Hiperbola


Majas Hiperbola adalah sebuah kiasan yang mengandung pernyataan yang berlebih-lebihan dengan tujuan menekankan atau memperhebat.

Contoh majas Hiperbola

Keringatnya mengucur deras

5. Ironi


Majas ironi adalah majas yang digunakan untuk mengungkapkan sindiran halus atau pernyataan yang isinya bertentangan dengan kenyataan yang sebenarnya.

Contoh majas Ironi

Malam begitu cerah dengan hiasan mendung tebal dan gelegar petir

6. Metonimia


Majas metonimia yakni majas yang digunakan untuk mengungkapkan dengan menggunakan suatu realitas tertentu, baik itu nama orang, benda atau suatu yang lainnya untuk menampilkan makna-makna tertentu .

Contoh majas Metonimia 

Pena lebih tajanm daripada pedang 

7. Oksimoron


Oksimoron adalah majas yang menggunakan penggabungan kata yang sebenarnya acuan maknanya betentangan.

Contoh majas Oksimoron

Agar dapat merasakan bahagia, orang harus pernah menderita

8. Litotes


Majas litotes adalah suatu cara mengurangi atau mengecilkan kenyataan yang sebenarnya dengan maksud merendahkan diri.

Contoh majas Litotes

Ini adalah kado yang tidak berharga dari kami, terimalah.

Penutup


Majas-majas yang lain bisa Anda cari di buku-buku ataupun di internet. Dan itulah beberapa majas yang dapat saya tulis, semoga tulisan yang Anda baca tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam mengerjakan tugas sekolah. Janganlupa baca juga artikel yang lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel