Objek Wisata Tahura Sultan Adam Mandangin

Objek wisata Tahura Sultan Adam yang exsotis. Pesona Puncak Tahura Sultan Adam Mandangin. Bukit Tahura Sultan Adam merupakan bagian wilayah hutan dalam bentuk perbukitan. Udaranya disini juga sejuk dan berangin. Pada nagian puncaknya, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan dan juga sebuah telaga yang berada di dekat area Tahura Sultan Adam. Saat memasukinya, Anda akan disuguhi jejeran pepohonan rindang nan lebat.

Spot wisata Tahura Sultan Adam Mandangin


Di objek wisata ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya. Di Tahura Sultan Adam Mandiangin ini memiliki banyak sekali spot-spot yang dapat Anda jelajahi, dari Air Terjunnya yang mempunyai treking yang cukup menantang, serta Benteng Belanda, Kolam Belanda, Bukit Tirai Hujan, hingga pemandangannya yang wajib Anda nikmati ketika menuju puncak Tahura Mandangin.

wisata Tahura Sultan Adam Mandangin

Lokasi Tahura Sultan Adam Mandangin


Untuk area bukit Tahura mandangin Sultan Adam ini terletak di Jalan Ir. Pangeran Mohammad Noor, tepatnya di Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Tahura Sultan Adam Mandangin


Kalau Anda dari kota Banjarmasin, maka Anda menuju Tahura Mandiangin dapat ditempuh sekitar -+2 jam perjalanan namun kalau Anda dari Tabalong maka jarak tempuh bisa 4 - 5 jam perjalanan, setelah Anda melewati gerbang masuk Tahura, maka Anda akan disambut jalan beraspal yang sedikit rusak namun tidak panjang, dan selanjutnya aspalnya lumayan mulus kok. Di tepi jalannya, juga ada rumah-rumah warga desa setempat walaupun tidak padat, namun kalau Anda ragu rute jalannya maka bisa Anda bertanya dengan warga sekitar.

Setelah sampai di sini, objek wisata pertama di Tahura Mandangin setelah pos retribusi adalah area kolam pemandian Belanda, kalau Anda lapar sesampai di sini tenang aja ya, karena disekitar sini ada beberapa warung warga yang menjual aneka makanan dan minuman, untuk area parkir kendaraan di sini juga sudah ada. Anda bisa singgah sejenak dan beristirahat serta belanja atau main air di Kolam Belanda tersebut.

Bagi Anda yang masih kuat, Anda bisa melanjutkan perjalanan, kemudian terus naik lagi dan ikuti jalan beraspal yang ada, dalam waktu sekitar 15-20 menit, maka Anda akan menjumpai sebuah warung tepat di sebelah kanan jalan, di warung tersebut juga menyediakan jasa parkir. Di sini Anda akan bisa melihat sebuah papan petunjuk menuju puncak bukit Tahura Sultan Adam Mandangin.

Parkirkan saja kendaraan Anda, lalu ikuti papan petunjuk yang ada. Untuk jalan menuju puncak bukit tahura adalah jalan setapak, jadi hanya berupa anak buah tangga dari semen. Dan kiri kanan jalan banyak ditumbuhi pepohonan, sehingga suasananya ASRI dan teduh. Sekitar 15 menit Anda menanjak, maka sampai di titik puncak bukit Tahura Mandangin Sultan Adam.

wisata Tahura Sultan Adam Mandangin

Jam Buka Tahura Sultan Adam Mandangin


Untuk melayani kebutuhan para pengunjung wisata, Tahura Mandangin Sultan Adam buka selama 24 jam louh. Hal ini karena, tempatnya yang ramai di kunjungi para camping dan juga pengunjung wisata di siang hari, di lokasi bukit tahura ini juga da area perkemahan, yang tentu berkegiatannya selama 24 jam.

Tiket Tahura Sultan Adam Mandangin


Adapun untuk tarif tiket masuk wisata Tahura Mandangin Sultan Adam, pengunjung diminta membayar biaya tiket masuk senilai Rp 10.000 saja.

Fasilitas Tahura Sultan Adam Mandangin


Bukit Tahura sebagai kawasan Taman Hutan, yang mana fungsinya salah satunya adalah untuk mendekatkan masyarakat ini dengan hutan dan menjadikan masyarakat bisa memahami pentingnya hutan bagi kehidupan, maka pengelola Tahura Mandangin Sultan Adam berusaha membuat pengunjung yang datang merasa nyaman selama berada di kawasan ini.

Pihak pengelola untuk bisa memenuhi kebutuhan rasa nyaman maka di sediakan beberapa fasilitas wisata seperti:  Mushola, tempat parkir, Kamar mandi dan WC, dan juga arena bermain. Bahkan pihak pengelola untuk menjamin kenyamanan pengunjung maka disediakan Rumah makan di area Bukit Tahura ini.

Aktivitas Menarik di Tahura Sultan Adam Mandangin


1. Kolam Belanda


Satu di antara objek menarik yang ada di sini adalah Kolam Belanda. Ketika Anda memasuki wilayah Tahura Sultan Adam Mandiangin, maka Anda akan melewati jalan yang menuju kelokasi Wisata Kolam Pemandian Belanda. Kolam Belanda ini berukuran 30 x 50 meter, kolam ini tepat berada di pinggir jalan. Kolam ini memang indah.

Keunikan kolam renang Belanda di Mandiangin ini adalah air nya yang khas yaitu mengalir dari sumber mata air pegunungan. Bagian lantai dasarnya yang sangat alami dan juga kesegaran suasana dan air nya yang sangat terasa. Kondisi di sini ternyata juga sama dengan kolam renang peninggalan Hindia Belanda, yaitu di Kolam Renang Tirta Kencana di daerah Banyumas, di sana dibangun tahun 1900-an.

Diperkirakan bahwa, bangunan kolam ini adalah kolam renang tempat pemandian untuk melayani tamu-tamu dari Eropa dari BJ Haga yang mana rindu dengan suasana kampung halaman mereka. Tentunya orang-orang dari Eropa ini enggan berenang di sungai, karena sungai yang biasa dipakai kaum pribumi untuk mandi dan segala aktivitas. Jadi kolam renang ini disediakan secara ekslusif untuk orang Eropa saja.

Adapun untuk arsitek yang membangun Pesanggrahan Mandiangin dan juga fasilitasnya, seperti kolam renang dan juga lapangan tenis tersebut, diperkirakan dibangun oleh A.W. Rynders pada tahun 1939, tercatat sebagai architect bij de Landsgebouwendienst. A.W, Rynders jadi dialah yang bertanggung jawab untuk gedung-gedung pada masa pemerintahan di zaman afdeeling Zuid en Oost Borneo.

2. Benteng Belanda


Belasan benteng juga pernah berdiri, sisa bangunan tersebut pada masa kolonial, bentuknya seperti rumah sakit, rumah, kolam pemandian, pos pantau dan juga dalam bentuk benteng pertahanan tentara Belanda, untuk benteng tepatnya berada di puncak perbukitan Mandiangin, pada kawasan Tahura Sultan Adam. Area di sini memiliki ketinggian hampir 1.000 mdpl.

Walau bangunan-bangunan yang ada dan bersejarah ini sudah roboh serta tidak utuh lagi, namun untuk bentuknya masih tergambar jelas, kemegahan bangunan pemerintah kolonial Belanda tersebut. Akses menuju ke tempat ini juga beraspal yang dibangun pemerintah daerah, area beraspal sudah sampai puncak Tahura. Maka membuat lokasi benteng Belanda ini menjadi obyek wisata favorit baru. Selain bisa untuk berwisata, Anda juga bisa belajar sejarah, bahkan tidak sedikit pengunjung yang datang suka mengunjungi benteng ini, bahkan untuk tujuan mistis dan supranatural.

Untuk sampai ke lokasi benteng ini, para wisatawan juga harus melewati jalur berliku mengitari tepi bukit yang sangat curam. Meski demikian, untuk sepanjang jalan menuju puncak Tahura Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, dimana terlihat dari kejauhan sebuah perkantoran Pemprov Kalsel, Kota Banjarbaru dan beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Banjar.

3. Bukit Tirai Hujan


Salah satu tujuan wisata yang menjadi daya tarik populer dari kawasan Tahura Sultan Adam adalah Bukit Tirai Hujan. Karena kecantikan bukitnya, maka bukit ini sering dijadikan sebagai spot foto prewedding. Yang menjadi Keunikan Bukit Tirai Hujan ini adalah keberadaan sebuah pohon besar yang berada tepat di tengah tengah bukit. Pohon besar ini dikelilingi ilalang-ilalang yang menjulang.

Bukit Tirai Hujan ini termasuk bukit yang berukuran lebih pendek dari bukit yang lain di sekitarnya. untuk datang ke sini para pengunjung hanya perlu membayar tiket pada pintu masuk Tahura saja, jadi tidak perlu bayar lagi saat akan berkunjung ke Bukit Tirai Hujan ini.


4. Camping


Bukit Tahura Sultan Adam Mandiangin memang menjadi tempat favorite untuk camping. Lokasi disini mempunyai area yang lumayan luas dan  mempunyai 3 lokasi area perkemahan terpisah, akantetapi untuk jaraknya tidak terlalu jauh dengan pemandangan yang asri. Karena Spot camping favorit ada di puncak.

Jadi untuk berkegiatan camping di sini di Puncak Tahura Sultan Adam saat weekend bukanlah sebuah ide yang sangat buruk, melainkan ide yang sangat brilian. Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandangin Kalimantan Selatan ini menawarkan banyak sekali spot menarik untuk bersantai maupun berfoto dan tentunya Instagramebel. Di sini ada air terjun, view perbukitan yang berjejer indah, dan juga kolam Belanda untuk berenang.

Wisata alam ini juga jadi objek wisata unggulan di Banjarbaru, terutama di wilayah Kalimantan Selatan, biasanya saat weekend pasti ada banyak yang camp di puncaknya, organisasi kemahasiswaan sering melakukan kegiatan di kawasan Tahura ini, ada juga yang sekedar refreshing sampai yang hanya jalan jalan semata.

Pemandangannya yang cantik tentunya tidak boleh dilewatkan saat berkemah di kawasan ini. Pada puncak Tahura Mandiangin pada malam hari terdapat pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Banjarmasin, Martapura, Banjarbaru dan sekitarnya. Biasanya para peserta Camping menikmati suasana ini sambil main gitar, bakar jagung dan juga nyeduh kopi, dll.

Menikmati suasana malam di puncak Mandiangin tentunya tidak akan mengecewakan, apalagi kalau bersama sahabat dan juga orang terkasih.

Dan tidak lupa pula dengan pemandangan pagi hari, di isi dengan sunrise hangat, yang masih diselimuti awan tipis yang bercampur embun. Moment matahari terbit, menandakan awal sebuah hari baru yang penuh pengharapan dan hidup baru, mirip sekali di Bromo. Moment ini tentunya jadi moment yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Karena Area puncak Tahura Sultan Adam Mandiangin ini cukup luas namun tidak terlalu datar. Maka Puluhan tenda bisa didirikan di puncaknya yang bertanah merah ini.

5. Air Terjun


Di kawasan Tahura Sultan Adam tidak hanya memiliki 1 air terjun saja, namun pada kawasan ini memiliki 3 air terjun.

Air Terjun yang pertama ada air terjun Mandin Putri. Air terjun Mandin Putri ini mempunyai ketinggian sekitar 12 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Air terjun ini cocok sekali bagi kalangan orang tua yang mau bawa anaknya main air atau mandi disini. Karena disini sudah dilengkapi dengan kolam renang yang airnya dialirkan dari air terjun, sehingga anak-anak sangat aman mandi dan bermain di sini.

Saat anak-anak sedang mandi di kolam air terjun Pandin Putri, bagi para orang tua tidak perlu khawatir kalau anaknya jatuh di bebatuan, karena disini sudah ada kolam khusus. Lebih-lebih kesegaran air terjun di sini juga sejuk sekali.

Untuk Air terjun yang kedua adalah Air Terjun Mandin Putri Kembar. Air terjun Mandin Putri Kembar ini mempunyai keunikan yang khas, karena pada bagian dasar air terjun ini terdapat sebuah danau yang cukup besar, dengan ukuran 10 x 10 meter waw mantap sekali buat berenang. Ternyata kolam ini adalah sebagai tumpahan air yang jatuh dari bagian atas. Jadi para pengunjung bisa mandi dengan puas, ditambah dengan airnya yang segar dan menyejukkan.

Adapun untuk Air terjun yang ketiga, adalah air terjun Mandin Tirai Hujan, yakni air terjun yang bentuknya paling unik dari air terjuan yang lainnya. Disebut unik karena air terjun ini mempunyai 3 tingkatan aliran air yang jatuh dari bagian atas gunung dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Air terjun tersebut membuat pengunjung takjub, di tambah suasana keindahan alam Tahura. Bagi kalian yang suka adventure sangat rekomended berkunjung ke air terjun ini. Dijamin saat Anda pulang dari sini tubuh Anda bakalan segar dan siap beraktivitas kembali.

Penutup

Nah, jadi bagaimana sobat siana ? apakah kalian penasaran dan ingin berkunjung ke Bukit Tahura Sultan Adam, Pesona Puncak Tahura Mandangin ini. Jadi jangan buang-buang waktu lagi ya, susun program dan rencanakan waktu libur Anda dengan baik, karena di Bukit Tahura Sultan Adam, Pesona Puncak Tahura Mandangin ini sangat indah dan rugi kalau tidak di kunjungi. Yuk liburan..!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel