Penderita Cacar Air Tidak Boleh Terkena Udara Luar, BAHAYA !

Mediasiana.com - Penderita Cacar Air Tidak Boleh Terkena Udara Luar bisa berbahaya, apakah ini benar ? nah, untuk mencari tahu informasinya silahkan Anda simak ulasan pada artikel kali ini, saya akan mencoba merangkum kenapa penderita cacar air tidak disarankan pergi keluar rumah. Bulan-bulan ini marak saya temui tetangga saya yang terkena penyakit cacar air, kata orang-orang di lingkungan saya disebabkan karena air hujan yang membawa virus, namun dalam hal ini saya juga tidak begitu percaya. Karena saya dulu pernah juga terkena penyakit cacar namun bukan disebabkan karena air hujan tetapi karena pada waktu itu badan saya lelah, kotor karena disaat itu sedang membantu proses pengecetan rumah, mengecor dan lain sebagainya, jadi untuk mandi saja agak suka telat dan masih meninggalkan kotoran debu di badan. Lambat laun malah tubuh saya terkena virus dan muncullah penyakit cacar.


Cara menyembuhkan cacar air

Nah, itu tadi hanya sekilas pengalaman dari saya, dan mari kita kembali ketopik pada artikel ini. Benarkah orang yang menderita penyakit cacar dilarang keluar rumah ? yuk, mari simak ulasannya berikut ini..!


Penyakit Cacar


Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cacar air ini dipicu oleh virus yang bernama Varicella Zoster. Kata bidang ditempat saya penyakit cacar ini hanya akan muncul sekali se umur hidup, yang berarti kalau kita sudah pernah terkena cacar maka nantinya akan tidak terkena cacar lagi "namun aku juga gk begitu yakin sih untuk hal ini". 

Penyakit cacar biasanya menyerang pada anak-anak dengan gejala menimbulkan kulit gatal, badan lemas dan demam, serta muncul benjolan kecil berair dan kelamaan berubah berwarna hitam di permukaan kulit, sungguh sangat menjijikan dan risih sekali. Kalau tersentuh sedikit saja oleh baju maka rasanya geli dan sedikit rasa perih. Kalau lagi kumat biasanya waktu malam badan rasanya gatal. 

Belum lagi, bau badan jadi amis dan benjolan cacar ini kalau pecah dan keluar airnya bisa menjalar lagi ke bagian kulit lainnya. Bahkan pada saat aku kena cacar ini, mukaku bentol-bentol semua, bahkan dari kulit kepada aja bentol-bentol. Kalau sudah pecah dan kering terutama di bagian kulit kepala rasanya kepala gatal banget tapi kalau di garuk nanti malah bisa mengeluarkan darah, pokoknya serba salah.

Dan sejak saat itu, saya nyesel banget lambat mandi dan menjaga kebersihan tubuh. Karena cacar ini disebabkan oleh virus, orang yang badannya bersih juga bisa terkena penyakit cacar. Maka dari itu, saya sarankan buat kalian teman-teman kalau ada teman kalian yang sedang terkena penyakit cacar ini jangan dekat-dekat, karena virusnya itu bisa nular. 

Apalagi kalau teman kalian yang kena cacar ini jail suka ngolesin air pecahan benjolan tadi ke kulitmu, maka waspada aja kalian bisa tertular. Maka dari itu jauhi dulu orang yang sedang kena penyakit cacar. Tetangga saya aja kakaknya tertular penyakit cacar dari adiknya.


Penderita Penyakit Cacar Air Tidak Boleh Terkena Udara Luar


Kenapa orang yang terkena penyakit cacar tidak boleh terkena udara luar  ?

Kalau dari anjuran bidan atau dokter sangat tidak disarankan orang yang sedang terkena cacar air kelayapan keluar rumah apalagi kena hembusan angin. Alasannya adalah virus yang ada ditubuhnya ini bisa menjalar lagi kebagian lainnya dengan lebih muda dengan bantuan angin tadi. Maka cacar atau benjolan yang ada di tubuhnya bisa makin parah dan makin banyak, bahkan mudah sekali menular ke orang lain.

Biasanya orang yang akan terkena penyakit cacar dia akan mengalami demam, badannya capek semua stelah itu akan muncul benjolan kecil berarir dan semakin waktu akan semakin timbul nyata dan berair. Dan satu persatu akan muncul lagi bencolan di area-area vital bahkan sampai ke ketiak.


Tips agar Terhindar dari Penyakit Cacar Air dan sembuh dari penyakit Cacar Air


Maka dari itu, agar penyakit cacar air ini cepat sembuh dan tidak menular ke orang lain, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh penderita penyakit cacar dan juga orang di sekelilingnya, seperti : 
  1. Jangan berdekatan atau berada dalam satu ruangan dengan orang yang sedang terkena penyakit cacar
  2. Jangan tidur satu ruangan dengan orang yang terkena cacar air
  3. Jangan keluar rumah bagi yang sedang terkena cacar karena bisa berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain " apalagi orang tersebut belum pernah terkena cacar air".
  4. Libur dulu untuk sekolahnya bagi penderita penyakit cacar "selain badan juga lagi sakit takunya nanti bisa nularin temen dan guru di dalam kelas" kan gak etos donk kalo satu kelas plus gurunya cuti karena penyakit cacar" hehe
  5. Rutin mengkonsumsi obat herbal yang kaya anti oksidan 'Searching aja di Google atau tanya sama tetua kampung"
  6. Banyak istrirahat di dalam rumah sampai benjolan cacar mengering
  7. Jaga asupan makanan yang sehat dan jangan makan yang mengandung lemak jenuh seperti ikan ras, juga jangan makan ikan laut dan telur
  8. Pakai Salep yang original jangan yag KW.
  9. Pakai Pupur bayi "karena lebih steril"
  10. Janganlupa ganti pakaian secara ruitin dan juga jangan mandi dulu saat cacaran ya. Karena kalau saat cacaran kamu mandi bakal makin parah nantinya. Jadi mandinya nanti aja setelah cacar kamu udah keringan.
  11. Rutin minum air Putih agar lebih sehat dan tidak mudah dehidrasi "sangat disarankan"
  12. Bagi orang sekitar jangan coba-coba makan sepiring bedua dengan orang yang lagi cacaran
Perlu kalian ketahui, benjolan dari cacar air ini agak sulit juga hilangnya bahkan diwajah saya saat terkena penyakit cacar air hendak kering menimbulkan luka dan berbekas sampai sekarang, tentunya hal ini sangat tida nyaman sekali luka yang disebabkan cacar air ini. Maka dalam hal ini buat kalian yang belum terkena penyakit cacar air hendaknya perhatikan kondisi kebersihan badan Anda, jangan suka tidak mandi ya. Karena bekas cacar air "Kunat" itu lebih susah untuk dihilangkan ketimbang bekas kenangan dengan mantan kekasih "kata tetangga saya "hehehe.

Nah, mungkin itu dulu tips dari saya berdasarkan pengalaman hidup yang pernah terkena penyakit cacar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi bagi teman-teman semua serta untuk kedepannya kita semua bisa menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan kita. Mungkin hanya ini dulu dari saya, dan apabila ada kesalahan dalam kata penulisan saya mohon maaf. Sampai jumpa kembali di ulasan artikel yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel