7 Manfaat Makan Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Mediasiana.com - Manfaat makan tahu setiap hari ternyata dapat mencukupi asupan kebutuhan gizi pada tubuh kita. Manfaat makan tahu mentah maupun tahu goreng ternyata sangat bagus untuk anak-anak terutama pada masa pertumbuhan. Tahu adalah makanan yang berasal dari sari kedelai ini kaya akan kandungan zat besi, magnesium, kalsium, kalium, zinc, tembaga dan juga fosfor ini bagus untuk kesehatan tubuh kita.


Manfaat Tahu Bagi Kesehatan


Manfaat dari tahu ini dapat memberikan asupan gizi bagi tubuh manusia, oleh karena itu makan tahu mentah ataupun tahu yang sudah di goreng itu bagus sekali. Apalagi tahu mentah ini belum digoreng tentunya kaya akan kandungan gizi yang masih utuh berbeda dengan tahu yang sudah di goreng dimana kandungan gizinya sudah tercampur dengan minyak goreng dan menguap.

Maka tidak heran kalau di lestoran jepang, tahu akan disajikan dalam bentuk mentah yang masih berwarna putih. Karena mereka yakin dengan tahu yang belum di goreng kandungan gizinya lebih kaya dibanding tahu yang sudah digoreng.


Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat dari makan tahu, namun pada kesempatan ini saya akan mencoba merangkum 7 manfaat dari makan tahu untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, buat kalian yang sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui ragam manfaat dari tahu ini, yuk simak ulasannya berikut ini...!


7 Manfaat makan tahu bagi kesehatan tubuh

Berikut ini 7 manfaat makan Tahu bagi kesehatan Tubuh kita :

1. Dapat Menurunkan Kolestrol


Tahu yang rendah lemak dengan kaya protein ini dapat membantu Anda dalam melancarkan proses metabolisme tubuh, selain itu tahu yang memiliki kadar asam lemak jenuh yang lebih rendah ini dapat membantu Anda untuk membasmi kolestrol jahat yang mengendap di dalam tubuh Anda.

Kadar asam tak jenuh pada tahu ini tinggi, jadi buat teman-teman yang sekarang mau diet, bisa menjadikan tahu sebagai asupan makan cara diet sehat Anda. Karena tahu ini rendah lemak dan juga kaya akan protein.


2. Dapat Menurunkan Risiko Terkena Kanker Prostat dan Payudara


Tahu adalah makanan yang mengandung isoflavon dimana isoflavon ini dapat mencegah terjadinya kanker prostat dan kanker payudara. Kandungan antioksidan dalam selenium yang cukup tinggi pada tahu ini dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


3. Dapat mencegah terjadinya Menopause Sejak Dini


Menopause adalah suatu hal yang terjadi pada wanita disebabkan karena tidak seimbangnya hormon estrogen dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi tahu secara rutin maka wanita akan dapat mencegah terjadinya menopause dini. Karena tahu ini mengandung isoflavon yang bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh manusia. Kandungan kalsium dalam tahu ini yang nantinya merawat tulang wanita hingga usia lanjut.


4. Dapat Menyehatkan Otak


Tahu yang mengandung lesitin ini dapat menghasilkan asam fosfolipid fosfastidat (PA) dan fosfatidilserin (PS) ini dapat membantu neuron bekerja secara normal sehingga otak manusia akan lebih sehat. Untuk itu dengan kita mengkonsumis tahu secara rutin setiap hari secara tidak kita sadari juga sudah membantu untuk menjaga kesehatan otak yang kita punya.


5. Dapat Menurunkan risiko terjadinya Kerusakan Hati


Kandungan zat anti oksidan yang cukup tinggi pada buah tahu ini dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan pada hati kita. Karena biasanya kerusakan hati terjadi karena adanya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan menyerang pada bagian hati manusia.


6. Dapat Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung


Tahu juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, hal ini dikarenakan tahu dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah pada tubuh manusia. Sehingga kolestrol jahat akan berkurang dengan seiringnya mengkonsumis tahu secara rutin setiap hari dan hal ini sangat bagus untuk menrawat jantung kita agar lebih sehat.


7. Dapat Menurunkan Risiko Terkena Anemia


Tahu yang kaya zat besi ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya anemi pada diri kita. Karena ketika seorang yang kekurangan zat besi maka mereka itu kekurangan sel darah merah dan mereka akan rentan terkena anemi secara tiba-tiba. Tentunya dalam hal ini kita tidak menginginkan anemi terjadi pada diri kita. Maka dari itu mulai sekarang rutinlah mengkonusmis tahu setiap hari.


Penutup

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi tahu bagi tubuh manusia. Artikel ini saya sadur dari situs doktersehat.com. Semoga dengan adanya ulasan seperti ini dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat dari tahu bagi tubuh kita. Apabila ada salah kata dalam penulisan saya mohon maaf dan janganlupa baca juga artikel seputar dunia kesehatan dibawah ini. Sampai bertemu kembali di pembahasan yang selanjutnya.

Sumber: https://doktersehat.com/ini-manfaat-kesehatan-yang-bisa-didapatkan-andai-mengkonsumsi-tahu/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Manfaat Makan Tahu Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel