Widget HTML Atas

Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya Lengkap

Mediasiana.com - Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya akan saya berikan lengkap pada kesempatan kali ini. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa teks tanggapan kritis ini biasanya berisi kritikan pedas mengenai suatu hal atau peristriwa tentang kesalahan yang sudah dilakukannya. Agar teman-teman semua bisa lebih faham tentang tanggapan kritikan ini maka saya akan membuatkan sebuah contoh teks tanggapan kritis yang singkat tentang peristiwa kebakaran hutan, pergaulan bebas di Lingkungan Masyarakat lengkap beserta pembahasan strukturnya.


Teks Tanggapan Kritis Singkat

Struktur Teks Tanggapan Kritis


Teks tanggapan kritis ini terdapat 3 struktur dalam penyusunannya, adapun yang menjadi ciri-cirinya ke 3 Struktur itu adalah :
  1. Evaluasi: Dalam hal ini biasanya berisi sebuah pernyataan umum yang masih menyangkut hal peristiwa tersebut, tentunya hal ini mengenai sesuatu yang akan disampaikan kepada orang lain.
  2. Deskripsi Teks: Pada bagian isi teks di dalam tanggapan kritis ini akan memuat sebuah informasi tentang data-data dan juga sebuah pendapat yang mendukung pernyataan ataupun melemahkan pernyataan itu sendiri.
  3. Penegasan Ulang: Pada agian terakhir teks tanggapan kritis ini biasanya akan berisi sebuah penegasan ulang mengenai sesuatu yang dibahas dan tentunya sudah dilakukan ataupun diputuskan.
Nah, jadi jika Anda ingin mempelajarinya  lebih dalam lagi tentang teks tanggapan kritis ini maka silahkan Anda pelajari secara khusus mengenai kaidah kebahasaan dan juga ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis tersebut.


Contoh teks tanggapan kritis tentang Dunia Pendidikan


Ujian Nasional Online itu Perlu atau Tidak ?
  • Evaluasi
Pelaksanaan ujian nasional online ini sudah berjalan di sekolah-sekolah sejak awal tahun 2014. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online ini akan tidak diberlakukan kedepannya di kelas 3.Tetapi dalam Pelaksanaan ujian nasional online ini akan di laksanakan di kelas 2 namun ini baru rancangan dari Mentri Pendidkan yang baru Nadiem Makarim.
  • Deskripsi Teks
Namun ada sebagian Pelajar ataupun guru sekalipun bahwa Ujian Nasional ini diadakan juga tidak menjadi patokan apakah seorang pelajar itu bisa sukses untuk kedepannya. Karena hasil ujian nasional ini juga sebagai titik dalam pengukuran seberapa besar kemampuan seorang pelajar dalam menyerap materi penddikan yang sudah di ajarkan dalam 2 tahun ini.

Namun di sisi lain ada juga negatifnya yaitu anak menjadi terbebani atau stres dan juga dalam fasilitas penunjang Ujian Nasional Online ini membutuhkan arus listrik, koneksi internet dan juga layar LCD entah itu Smarphone ataupun Laptop apalagi servernya kadang suka down dan bisa saja terputus sewaktu-waktu.
  • Penegasan Ulang


Menurut saya, ujian nasional online itu perlu dan juga bisa menghemat anggaran negara dan juga bisa menghemat waktu. Karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan buat para pelajar di Indonesia, tetapi sayangnya harus adanya fasilitas yang mendukung dan teknis pelaksanaannya kalau bisa Ujian Nasional itu bukan menjadi tumpu kelulusan melainkan sebagai bahan pengukuran kemampuan pelajar dalam menguasai materi yang telah diberikan oleh dewan guru selama beberapa tahun ini.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pergaulan Bebas di Lingkungan Masyarakat

  • Evaluasi
Pada zaman sekarang ini memang banyak sekali para remaja yang sudah terjebak dalam pergaulan bebas. Tentunya pergaulan bebas yang dilakukan oleh mayoritas remaja jaman sekarang ini adalah salah satu bentuk perilaku yang sangat menyimpang dengan norma-nroma. Kita pastinya sudah mengetahui bahwa kata “bebas” artinya ini sudah melewati batas, tidak seperti norma orang-orang timur.
  • Deskripsi Teks
Kita selaku orang tua pasti sudah mengetahui bahwa pergaulan bebas ini mempunyai dampak yang negatif bagi remaja itu sendiri maupun bagi generasi bangsa kedepannya, misalnya saja ketika mereka suka melakukan hal yang melanggar hukum (mabuk, berzina di tempat umum dan semacamnya).

Selain itu, pergaulan bebas juga terdapat pula dampak positifnya ya walaupun sedikit, contohnya yaitu mempunyai banyak teman, mudah dalam belajar cara berkomunikasi dengan teman sebaya, belajar mengendalikan diri di tengah masyarakat.

Namun mayoritas malah orang Indonesia ini sering meniru hal kurang baik dari budaya barat seperti berciuman ditempat umum, padahal hal ini biasa sudah dilakukan oleh orang barat namun berbeda dengan budaya asli Indonesia yang khas ke timur-timuran karena kita memang orang Timur.

Pergaulan bebas yang sekarang ini biasanya  timbul karena rasa gengsi yang berlebihan, nafsu tinggi, rasa penasaran, hidup sendiri, faktor keluarga, broken home, galau, kurang iman, dan hal lainnya.

Selain itu, adanya kemajuan teknologi juga dapat berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas, karena akses internet dan juga tayangan televisi yang kurang diawasi atau tidak sehat justru dapat memicu remaja untuk melakukan hal yang tidak baik dalam hidupnya sehari-hari.
  • Penegasan Ulang
Jadi, ketika kita sudah menyadari dan mengetahui hal yang menjadi penyebab pergaulan bebas tersebut, maka alangkah baiknya kita sekaluk remaja ataupun orang tua harus lebih mengawasi dan juga mendidik anak-anaknya, agar mereka tidak terjerumus ke jalan yang salah. Seperti halnya dengan memilih tontonan yang baik dan juga pemanfaatan kecanggihan internet ini sebaik mungkin.

Contoh teks tanggapan kritis tentang Bencana Alam Kebakaran


Kebakaran Hutan yang Luas
  • Evaluasi
Mempunyai Kebun kelapa sawit memang cukup menjanjikan untuk menambah sumber keuangan negara (pemasok devisa) terutama di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Akan tetapi, dengan menanam kelapa sawit untuk efek sampingnya apakah sebanding dengan apa yang diberikan di Indonesia dan Lingkungan di Negara ini ? Tentunya dalam menangani hal ini diperlukan peraturan khusus, agar kedepannya bisa terciptanya keuntungan dua pihak baik itu Negara Indonesia dan juga Perusahaan Asing.
  • Deskripsi Teks
Apalagi kebakaran hutan dimusim kemarau ini sudah menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari, terutama untuk wilayah di pulau Sumatera dan juga Kalimantan.

Bahkan, adanya kebakaran hutan ini sampai menimbulkan bencana kabut asap yang sangat mengganggu dan ini bisa sampai ke negara tetangga. Tentunya dampak dari pencemaran udara dan kerusakan lingkungan ini di akibatkan oleh kebakaran hutan yang sudah tidak bisa dihitung lagi, sangking banyaknya.

Namun, disisi lain dengan adanya perluasan perkebunan kelapa sawit ini akan membuat lapangan pekerjaan semakin luas, tentunya hal ini ada sisi positifnya dari segi lapangan pekerjaan. Akantetapi keduanya masih saja tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dalam menciptakan keuntungan dua pihak.

bahkan banyak ditemukan dari penyelidikan, bahwa salah satu faktor kebakaran hutan ini adalah disebabkan manusia atau ada salah satu oknum yang membakar lahan secara langsung bak itu dari pemilik lahan ataupun oleh pemilik perusahaan sawit, katanya sih dengan tujuan pembukaan lahan baru dengan membakar hutan di musim kemarau akan lebih memudahkan.

Tentunya dalam mengatasi hal in agar tidak terus terjadi dibutuhkan skelai peran pemerintah, bahkan kalau gagal hal ini dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia Internasional, tentunya mengenai kebijakan pemerintah kepada pihak pengusaha perkebunan kelapa sawit tentang eksplorasi hutan di Indonesia.
  • Penegasan Ulang
Dalam hal memberatntas oknum yang tidak bertanggung jawab maka diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan atau aturan hukum yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan juga alam sekitarnya.

Hendaknya penegak hukum mengambil sikap yang tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan yang merusak hutan serta diperlukan pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan kelapa sawit ini, sehingga kedepannya semua bisa berjalan secara seimbang dan juga berkesinambungan.

Penutup

Nah, itulah tadi contoh dari Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya Lengkap. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.