POS UAMBN MTs dan MA Tahun 2020

POS UAMBN Tahun 2020 untuk MTs dan MA Tahun ajaran 2020 - 2021 atau Prosedur Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional untuk Mts dan MA Tahun 2020 - 2021 telah rilis. Jadi POS UAMBN ini adalah suatu pedoman bagi sekolah Madrasah maupun pemangku kepentingan yang masih terkait dalam penyelenggaraan UAMBN di Tahun 2020 - 2021. Baik itu UAMBN-BK ataupun UAMBN-KP. 

POS UAMBN MTs dan MA Tahun 2020/2021


Sesuai dengan Surat Keputusan Direktur  Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama No. 5791 Tahun 2019 tentang POS UAMBN Tahun 2020. Tentunya keputusan ini diteken secara langsung oleh Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin pada 15 Oktober 2019 yang lalu.

POS UAMBN 2020


Jadi untuk sistematika POS UAMBN tahun 2020 ini meliputi diantaranya :
  1. Pendahuluan
  2. Peserta UAMBN
  3. Penyelenggaraan dan Kepanitiaan UAMBN
  4. Bahan Ujian
  5. Pelaksanaan UAMBN baik itu (UAMBN-BK maupun UAMBN-KP
  6. Pemeriksaan Hasil Ujian
  7. Biaya Penyelenggaraan UAMBN
  8. Pemantau UAMBN
  9. Evaluasi dan Pelaporan UAMBN
  10. Penutup

Ketentuan UAMBN MTs dan MA Tahun 2020/2021


Serta juga tidak kalah penting yaitu lampiran yang berisikan Jadwal UAMBN-BK untuk MTs dan MA serta juga jadwal ujian susulan.

Adapun untuk UAMBN ini akan diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia, untuk tingkat Madrasah Aliyah pada tanggal 09-11 Maret 2020 dan untuk MTs ujiannya di selenggarakan pada tanggal 16-18 Maret 2020.

1. Pendaftaran Peserta UAMBN Tahun 2020


Untuk persyaratan peserta UAMBN di Tahun 2020 ini sebagaimana yang sudah tertera di Bab II POS UAMBN bahwa syarat untuk peserta adalah pelajar yang sudah di jenjang MTs dan MA serta memiliki Laporan hasil Belajar (Nilai Rapot) yang lengkap dari semester 1 tahun pertama dan hingga sampai semester 1 pada tahun terakhir.

Dan tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah, hal ini tentunya sudah seperti tahun-tahun sebelumnya bahwa untuk calon peserta harus sudah di daftarkan oleh pihak sekolah Madrasah melalui Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM).

2. Mata Pelajaran yang di UAMBN di Tahun 2020


Adapun untuk Mata Pelajaran yang di Ujiankan di Tahun 2020 kali ini tentunya seperti tahun sebelumnya yaitu ada tiga mata pelajaran. Adapun untuk ketiga mata pelajaran tersebut  diantaranya adalah :
  1. Fikih
  2. Al-qur'an Hadits
  3. SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)
Untuk materinya masih tetap mengacu pada sistem KMA Nomor 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah tahun 2013 PAI dan Bahasa Arab.

3. Ketentuan UAMBN-BK dan UAMBN-KP

  • UAMBN-BK :  Berbasis Komputer
  • UAMBN-KP :  Berbasis Kertas dan Pensil
Tujuan diadakannya UAMBN ini tiada lain adalah untuk meningkatkan mutu, reliabilitas, efesiensi, integritas dan kredibilitas bagi para pelajar Madrasah yang ada di Indonesia. Jadi dengan adanya UAMBN ini sekolah madrasah juga di tuntut untuk meningkatkan standar mutu yang sudah ditentukan serta mempersiapkan sarana prasarana agar dalam pelaksanaan UAMBN nantinya bisa berjalan baik dan lancar. 

Tentunya dalam hal ini penyelenggara UAMBN harus menetapkan prktor dan teknisi dengan demikian dimohon untuk mengusulkan seorang teknisi ke Panitia UAMBN di tingkat Kabupaten/Kota.

Meskipun ditiap sekolah Madrasah diwajibkan untuk menyelenggarakan UAMBN-BK namun bagi sekolah yang masih terdapat keterbatasan fasilitas baik itu jaringan dan Komputer maka bisa menyelenggarakan UAMBN-KP yang berbasis Kertas dan pensil. Adapun bagi sekolah yang tidak bisa melaksanakan UAMBN-BK dan ingin menyelenggarakan UAMBN-KP maka diharuskan mengajukan permohonan dulu ke Kanwil Kemenag Provinsi selambat-lambatnya yaitu pada tanggal 31 Januari 2020.

Adapun untuk aturan yang sekolah madrasahnya bisa menyelenggarakan UAMBN-KP sebagaimana yang tertulis di dalam Bab VI POS UAMBN tahun 2020 maka itu untuk Sekolah Madrasah yang berada di kategori wilayah 3 T atau rawan gangguan keamanan.

4. Unduh POS UAMBN 2020


Bagi sekolah MTs dan MA yang ingin menyelenggarakan UAMBN di sekolahnya bisa mempelajari dulu POS UAMBN Tahun 2020. Dengan adanya POS UAMBN 2020 ini nantinya akan mempermudah dalam pelaksanaan UAMBN dan juga menjadi acuan serta mempermudah dalam proses UAMBN di sekolah Madrasah masing-masing.

Bagi Saudara teknisi, Panitia maupun Bapak Ibu Guru bisa mengunduh Filenya dibawah ini. Semoga file yang saya sediakan ini dapat bermanfaat bagi suadara/i semuanya.


Unduh File POS UAMBN Tahun 2020 : UNDUH DI SINI

Tentunya dengan adanya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama No. 5791 Tahun 2019 tentang POS UAMBN atau Prosedur Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2020/2021 bisa menjadi pedoman dan diharapkan pelaksanaan UAMBN MTs dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021 akan berjalan lancar dan lebih sukses dibanding pelaksanaan di tahun yang sebelumnya. Demikian yang dapat saya sajikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel