7 Dampak Buruk Buang Sampah Sembarangan bagi Hidup Kita

Mediasiana.com - Dampak buang sampak sangat serius bagi kehidupan manusia terutama bagi diri Anda sendiri, kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan akan membawa pengaruh buruk bagi lingkungan sekitar. Namanya juga sampah sebaiknya dibuang ditempatnya dan diperhatikan cara pengelolaannya, karena kalau sampah itu tidak terurai dengan baik maka akan menimbulkan banyak masalah. 

Bencana karena sampah juga sudah banyak terjadi dimana-mana contohnya saja di negeri kita tepatnya di Ibu Kota Indonesia, Jakarta dan sekitarnya. Setipa hari muncul berita problem sampah. Memang inilah faktanya, karena masyarakatnya terbiasa membuang sampah sembarangan apalagi kesungai membuat sampah tidak terurai dengan baik sehingga mengendap dan menimbulkan bau busuk bahkan tempat tinggal saja jadi kumuh.


Nah, pada kesempatan ini saya akan merangkum musibah yang disebabkan karena tumpukkan sampah, bahkan sampah ini adalah salah satu faktor yang menimbulkan beberapa macam bencana, akantetapi faktor utama penyebabnya adalah perilaku manusia itu sendiri. 

Berikut, ulasan 7 Dampak Buruk Buang Sampah Sembarangan bagi Hidup Kita silahkan di simak semoga bermanfaat dan bisa menyadarkan banyak orang terutama diri sendiri.

7 Bahaya Buang Sampah Sembarangan bagi Hidup Kita


1. Lingkungan Jadi Bau, Kotor / Kumuh


Minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya sehingga mereka dengan mudahnya membuang sampah di area-area sepi bahkan di pingggir jalan, di belakang rumah apalagi sampah plastik membuat sampah tersebut menumpuk dan tidak terurai dengan baik sehingga mengendap di dalam tanah bahkan sampai menggunung, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap, serta lingkungan sekitar jadi kotor bahkan suatu kampung kalau masyarakatnya suka buang sampah sembarangan tentunya area lingkungan sekitar jadi kumuh.

2. Timbulnya Berbagai Macam Penyakit


Kalau buang sampah masih sembarangan dan kesadaran masyarakat akan buang sampah pada tempatnya masih minim maka, sampah yang menumpuk tersebut akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Karena bakteri atau kuman-kuman yang berasal dari sampah ini akan menular ke tubuh manusia melalui udara. Ada berbagai penyakit mematikan yang ditimbulkan karena adanya sampah seperti penyakit Demam berdarah, Hipetitis A, Disentri dan lainnya.

3. Bencana Banjir


Sampah selain bisa menimbulkan berbagai macam penyakit juga bisa menimbulkan banjir. Kalau sampah banyak dibuang sembarangan bahkan di sungai ataupun di aliran air tentunya akan menyumbat aliran air tersebut. Dan kalau dibiarkan maka sungai menjadi dangkal tentunya hal ini akan menyumbat aliran sungai sehingga bencana banjir tidak akan terhindarkan. Maka apabila sungai banyak sampah bahkan selokan banyak sampah tentunya baru saja hujan 1 jam maka bisa timbul bencana banjir. Hal ini bukan salah karena sampah tapi manusia itulah yang salah kenapa mereka ini membuang sampah sembarangan dan banjir terjadi karena perbuatan manusia itu sendiri.

4. Udara bersih Berkurang


Banyaknya sampah yang menggenangi sungai, bahkan sampah menggunung serta berserakan di suatu area lingkungan, tentunya hal ini membuat udara bersih menjadi berkurang. Bahkan manuia akan tidak betah tinggal diarea udara yang tidak bersih, karena akan membawa dampak buruk bagi diri sendiri.

5. Air Bersih Jadi Kotor



Sampah juga dapat menyebabkan air bersih menjadi kotor bisa berawrna coklat pekat bahkan berbau busuk. Karena kandungan zat kimia yang ada didalam sampah dan zat lainnya mengendap didalam tanah dan menyatu dengan air, sehingga sumur-sumur warga bisa tercemar dan menjadi kotor. Bahkan air sungai saja kalau sudah banyak sampahnya tentunya airnya akan kotor dan berbahaya jika dikonusmis.

6. Hidup jadi tidak Sehat

Sampah juga membuat hidup jadi tidak sehat, bayangkan saja keluar rumah sudah lihat sampah. Bahkan jalan-jalan terdapat banyak sampah hal ini akan membawa pengaruh buruk bagi kesehatan kita. Mau mandi airnya kotor karena tak ada air lagi terpaksa mandi pakai air kotor dan tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mau makan menyium aroma busuk, tentunya kalau setiap hari seperti ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan.

7. Sungai jadi Penuh Sampah


Pemerintah selalu mengingatkan bahkan petugas kebersihan juga sudah kerap mensosialisasikan "Jangan buang sampah ke sungai" bahkan sampai ada perpu tentang larangan buang sampah ke sungai ini. Namun faktanya masih saja ada oknum yang melanggar hal ini. Mereka malah suka membuang sampah ke sungai, mungkin terlihat simpel dan tidak repot membakarnya atau sampah akan larut ke wilayah lain. Tentunya kalau hal ini terus dibiasakan kapan lagi manusia ini bisa sadara? coba deh, mulai sekarang jangan egois, perhatikan juga dampaknya untuk orang lain bahkan juga bagi lingkungan tempat tinggal kita.

Secara tidak sadar, sampah itu akan mengancam nyawa banyak orang jika tidak ditangani dengan tepat, oleh karena itu mari mulai sekarang jaga lingkungan kita dengan baik, bersih dan rindang, jangan buang sampah sembarangan, kalau konsumtif sampah plastik alangkah baiknya jangan buang sembarangan kalau perlu di hanguskan saja. 


  • Mari jaga lingkungan kita, kalau bukan kita lantas siapa lagi ?
  • Mari berikan alam yang sehat, indah dan rindang untuk anak cucu kita...!
  • Salam sehat, salam bersih dari sampah ! Buang Sampah Sembarangan No WAY!

Penutup

Itulah tadi 7 Dampak Buruk Buang Sampah Sembarangan bagi Hidup Kita, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menyadarkan diri kita masing-masing. Mari kita sadari sejak sekarang ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf, sampai jumpa pada ulasan topik yang lainnya, janganlupa baca juga artikel yang lainnya dibawah ini. ! :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Dampak Buruk Buang Sampah Sembarangan bagi Hidup Kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel