7 Trik Jitu Dapat Nilai A Buat Kalian Mahasiswa Baru

Mediasiana.com - Cara dapat nilai A di Kampus. Cara mudah dapat nilai A di kampus. Dapat niliai A di kampus. Cara dapat nilai A di perkuliahan atau kampus adalah hal yang diimpikan banyak mahasiswa terutama bagi mahasiswa baru. Apalagi mahasiswa baru yang masuk kuliah berkat nilai yang tinggi atau prestasi dimasa SLTA. Tentunya teman-teman yang lain juga menginginkan hal demikian. Dulu disaat saya jadi mahasiswa ada beberapa trik yang harus saya lakukan agar bisa mendapatkan Nilai A meskipun otak ini pas-pasan. 

Buat kalian para mahasiswa baru atau pun mahasiswa yang lagi on going mendapatkan nilai A adalah salah satu anugerah yang terindah. Apalagi nilai A ini udah diangka 8 keatas. Ada beragam trik yang harus dilakukan dimasa perkuliahan. Jadi walaupun Anda itu dibilang pinter juga kagak tapi yang namanya fenomena kampus dengan fenomena sekolah di SLTA itu beda ya. Terkadang dosen ini lebih subjektif ketimbang objektif ngasih nilainya tapi ada juga dosen yang ngasih nilai Objektif semua tergantung pada dosennya masing-masing.


Trik Jitu Dapat Nilai A saat kuliah

Cara-cara jitu untuk mendapatkan nilai A di dalam kelas saat kuliah adalah ada beberapa langkah, dan buat kalian yang penasaran mari simak dengan seksama trik yang akan saya beberkan dalam kesempatan ini. Sebenarnya trik ini premium sih, namun karena saya baik dan suga berbagi ya udah saya kasih gartis aja buat teman-teman semua.


7 Trik Jitu Dapat Nilai A Buat Kalian Mahasiswa Baru, Rekomended Banget !


1. Perkenalkan dirimu dengan Dosen "Jalin ke akraban"



Langkah awal adalah kenalkan dirimu dengan Dosenmu, apalagi buat kalian yang punya prestasi ata bakat bahkan kelebihan fisik seperti tampan atau cantik. Pikat dosenmu dengan hal-hal kecil, Buat dia nyaman dan perlakukan dia bagaikan orang tuamu dirumah. Hormati dan jakin ke akraban dengan baik. Kalau dosenmu dikelas sudah kenal kamu maka otomatis kamu akan dengan mudah untuk langkah awal mendapatkan nilai A di setiap matakuliahnya.


2. Kerjakan Tugas yang diberikannya



Trik yang kedua adalah, jangan sampai kamu tidak mengerjakan tugas dari dosenmu. Bisa-bisa murka dan muncul tanduk dan taring nantinya. Kalau hubunganmu dengan dosenmu berjalan baik maka sebaiknya jangan kamu rusak hanya karena kamu jadi mahasiswa yang membangkang dan suka melanggar aturannya. Jadi kerjakan juga tugas kuliah darinya walaupun sebenarnya otakmu itu masih pas-pasan. Karena dosen menyukai mahasiswa yang rajin dan suka berusaha walaupun dirinya mempunyai keterbatasan. Yang namanya mahasiswa kan tak harus pandai dalam segala tugas, yang penting dikerjakan walaupun isinya melest-meleset dikit tapi halamannya tebal ;>


3. Jadilah Mahasiswa yang aktif



Nah, ini trik yang akurat, jadilah mahasiswa yang aktif alias kritis di dalam kelas terutama saat diskusi ataupun persentasi, dan saya ingatkan kamu jangan juga selalu jadi Mahasiswa paling sok tau atau sok cerdas. Dosen juga manusia punya rasa punya hati jad,i walaupun kamu pintar atau pandai maka bertuturkata dan berperilakulah yang sopan layaknya orang yang berintelektual. Gunakanlah kacamata Mahasiswamu dalam menyanggah hal yang tidak tepat atau pernyataan yang kurang tepat dari dosenmu.


4. Tuturi Saja Nasehat Darinya



Dosen ini selain jadi guru juga mentor kita selaku mahasiswa, maka dari itu apa yang dikatan dosen baik itu saran atau masukan darinya maka patuhi yang bisa kamu patuhi. Berikan rasa hormatmu padanya. Ketika kamu memakai saran dari dosenmu dan dosenmu melihatmu melakukan apa yang ia berikan padamu maka hatinya akan senang dan hal ini akan jadi langkah untuk kamu mendapatkan nilai A di setiap matakuliahnya.


5. Bantu Dosenmu disaat membutuhkan



Namanya juga mahasiswa, kalau bisa ya bantu dosenmu yang lagi kesusahan, baik itu bisa membawaan barang bawaannya baik itu tas ataupun buku, bahkan lebih-lebih lagi jadi asisten pribadinya bantu mengetikkan materi kuliah :>

Dengan hal demikian kamu akan dapat nilai plus dari dosenmu, meskipun otakmu tidak terlalu cerdas dari mahasiswa lainnya soal materi kuliah tapi kamu cerdas dalam memanfaatkan keadaan ;>


6. Datang Tepat waktu di Jam Perkuliahan



Dosen juga Manusia ya walaupun kadang suka telat karena berbagai keperluan diluar kampus, bahkan kadang suka lupa kalau ada jam kuliah sangking sibuknya kegiatan diluar kampus. Nah dalam hal ini kamu juga bisa memanfaatkan momen, apalagi jatahnya ketua kelas menghubungi dosen apabila lambat masuk. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini agar tidak lambat masuk di mata kuliah dosenmu.

Atau, kalau dosenmu itu orangnya disiplin waktu maka usahakan kamu 15 menit sudah berada di dalam kelas, jadi ketika dosenmu itu mengabsen ataupun tidak, kamu terlihat dari matanya, "oh sianu selalu ada di jam mata kuliahku" :>


7. Jadilah Mahasiswa yang Humoris dan Jangan sering Absen



Yang namanya sering absen atau tidak hadir dalam perkuliahan akan mengurangi nilai, jadi skornya akan kurang dan tidak sampai 100% kehadiran, maka juga akan berpengaruh pada nilai semestermu. Jadi dalam kuliah itu ada beberapa kategor bobot nilai:
  • Nilai Absen atau kehadiran : 10%
  • Nilai Tugas (makalah atau hal lainnya) : 20%
  • Nilai Midle atau Ujian tengah semester : 35%
  • Nilai Final atau ujian Akhir semester : 35%
Contoh  begini :

Jaika nilaimu itu :
  • Absennya : 100
  • Tugas kuliah   :  90
  • Ujian tengah semster (UTS) : 75
  • Ujian akhir semester (UAS) : 86
Maka nilaimu adalah :

Kehadiran : 100% (kamu ini tidak pernah absen). Maka dapat diperkiraan nilai semestermu adalah, 
(86x0.35) + (75x0.35) + (90x0.2) + (100x0.1) = 84.35 maka kamu akan dapat nilai A.

Ya, meskipun Absen bobotnya paling kecil akan tetapi kalau kamu sering absen akan berpengaruh pada nilai lainnya, maka dosen akan menganggap kamu itu mahasiswa yang tidak serius kuliah. Maka dari itu walaupun sekecil apapun hal buruk kalau terus dibiasakan maka akan bisa menimbulkan hal buruk yang berdampak besar oleh karena itu biasakan dan berperilakulah yang baik. Jangan suka absen kuliah ya !

Dan yang terakhir adalah Humoris, dosen juga suka dengan mahasiswanya yang humoris meskipun terkesan bandel ataupun suka telat mengumpul tugas akantetapi kamu mempunyai kesan tersendiri yaitu humoris dan enak diajak bercanda dan bergaul. Karena dosen juga manusia punya banyak persoalan dari tugas profesi, tugas mengampu perkuliahan dan lainnya maka tidak heran kalau seorang dosen juga butuh lawakkan.

Penutup

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya sajikan, semoga tulisan kali ini dapat menambah wawasan bagi teman-teman semua, khususnya bagi mahasiswa baru. Dan semoga bisa membawa manfaat bagi para pembaca sekalian. Cukup sekian dari saya sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel