7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tak Keteteran

Mediasiana.com - Kuliah sambil kerja. Tips Kuliah Sambil Kerja. Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tak Keteteran adalah suatu cara yang pernah saya lakukan semasa kuliah. Pastinya kuliah itu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan, tidak hanya tugas kampus melainkan juga kegiatan organisasi dan juga aktivitas mencari nafkah atau bekerja. Nah, yang namanya mahasiswa apalagi kalau sudah di semester 4 dan seterusnya bakalan di hadapi yang namanya tugas lapangan bisa berbetuk observasi, praktek kerja, dan juga riset / penelitian.


Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tidak Keteteran

Nah, agar tugas Kuliah bisa Sambil Kerja tidak mengalami Keteteran maka ada beberapa hal yang perlu diterapkan. Dalam hidup saya ada beberapa tips yang pernah saya lakukan walaupun masih banyak yang saya langgar. Sebenarnya tips ini cukup jitu untuk mengatasi kegiatan kampus dan juga pekerjaan kanor atau dunia usaha agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan tidak keteteran.


Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tak Keteteran

Cara agar bisa kuliah sambil kerja adalah melakukan beberapa aturan yang berlaku untuk diri pribadi dulu, agar nantinya bisa memanajemen segala aktivitas dengan baik dan tidak keteteran. Cara ini juga pernah dilakukan oleh beberapa teman saya, nah cara apa saja kah itu ? berikut ulasannya, yuk cek i dot!


7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tidak Keteteran semua bisa jalan dengan balance:


1. Siapkan Mental Baja

Kenapa saya sarankan siapkan mental baja ? karena disaat Anda dalam fase menjadi Mahasiswa kalau tidak mempunyai mental yang kuat maka Anda akan bisa stres, oleh karena itu untuk awal ini siapkan mental baja. Atur niat dengan baik dan tentukan arah tujuan untuk mencapai Goalnya. 

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya dulu kuliah, ikut organisasi dan sambil kerja tubuh ini rasanya pengen retak sampai rasa capeknya luar biasa, namun yang namanya juga ikhtiar ya tetap di jalani. Karena pada fase ini akan banyak tantangan yang datang dari kegiatan yang sehari bisa 2 bahkan 3 kali kegiatan. Apalagi ditambah dengan tugas kampus, belum lagi pekerjaan yang menunggu, pokoknya luarbiasa deh.


2. Harus Pandai Dalam Memanajemen Waktu


Agar kita bisa mengerjakan berbagai pekerjaan dan juga bisa sambil kuliah maka kita harus pandai dalam mengatur waktu. Waktu akan terus berjalan dan kalau tidak di atur dengan sebaik mungkin maka kita akan ketinggalan dengan waktu tersebut, sehingga pekerjaan akan keteteran dan bisa berujung kita sendiri sakit kepala.

Nah, untuk itu saran saya silahkan buat jadwal mingguan, untuk memanajemen waktu Anda dalam setiap hari, apalagi yang punya kerjaannya lebih dari satu kegiatan maka harus pandai-pandai memanajemen waktu. Yang mana waktunya kuliah, mengerjakan tugas dan bekerja serta berorganisasi semua harus di buat skejul dengan baik.


3. Kerjaan yang Paling Mendesak


Kenapa saya bilang seperti ini ? jawabnya adalah kalau kita kerjakan tugas yang masih ada batas waktunya kenapa kita tidak mengerjakan tugas yang sedang deadline ?

Maka dari itu, sebagai mahasiswa harus pandai dalam mengatur strategi. Kerjakan dulu pekerjaan yang memang jadi prioritas yang sifatnya deadline, sisanya bisa besok lagi. Dengan pengaturan pola seperti ini maka akan bisa berjalan secara teratur dan tidak ada pekerjaan yang keketeran baik itu tugas kampus, organisasi maupun pekerjaan untuk mencari duit.


4. Ciptakan Usaha yang FreeLine atau Bekerja secara FreeLine


Nah, semasa mahsiswa saya juga punya usaha kecil-kecilan yaiu jualan makanan. Dan sasarannya anak-anak mahasiswa, jadi dalam hal ini saya juga menciptakan lapangan usaha untuk diri sendiri dulu yaitu usaha Freeline jualan makanan. Jadi bisa bagi waktu antara cari duit dan juga ngampus dan berorganisasi.

Usaha FreeLine itu banyak kok dianataranya : Bisa jadi tukang ketik, jadi makelar, Input database, buat makalah orang, jualan pulsa, Jualkan Produk orang, ngerjakan tugas orang dan masih banyak lainnya.


5. Kerja Cerdas


Nah, mungkin dari temen-temen yang masih awam apa itu kerja cerdas ? kerja cerdas adalah salah satu teknik untuk bisa menghasilkan uang meskipun orang lain yang melakukannya. Contohnya : Jadi makelar Tugas kuliah, jadi makelar barang elektronik dan masih banyak lagi.

Jadi kita hanya bekerja melalui media online, biar nanti orang lain yang mengerjakannya kita yang mengatur manajemen keuangannya dan kita upah lagi orang suruhan kita , selesai.

Nah, dengan pola bekerja seperti itu maka akan menghemat waktu, tenaga dan juga kita tidak keteteran dengan tugas kuliah. Jadi agar kita bisa sukses dalam kerja cerdas maka senangi apa yang kita kerjakan dan juga atur sebaik mungkin jangan sampai lolos dalam menjaring costumer.


6. Tetap Menjaga Kondisi Kesehatan Tubuh


Yang namanya banyak kegiatan maka tubuh juga akan mudah lelah, maka dari itu janganlupa perhatikan kesehaan, berikan waktu untuk istirahat yang cukup dan juga janganlupa minum jamu atau vitamin agar tubuh tetap vit dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

Karena segala kegiatan dan tugas akan terus datang dan itu semua harus diselesaikan dengan tepat, cepat dan akurat, agar kita bisa mudah untuk melakukan pekerjaan yang lainnya.


7. Berkomitmen dan Tetap Fokus


Tujuan kita adalah bisa kuliah dan bisa lulus jadi sarjana atau D3, S2 , S3 maka dari itu jangan terlena dengan pekerjaan. Biarpun pekerjaan nyaman namun kita harus tetap ingat bahwa tujuan awal kita bekerja untuk mencari bekal agar bisa kuliah. Maka dari itu, jangansampai terlena dengan uang hasil bekerja. Dengan fokus dan komitmen maka akan mempermudah target terakhir atau goalnya yaitu jadi sarjana ataupun lulus kuliah dan menyandang gelar sesuai dengan apa yang di inginka pada tujuan awal.

Baca juga : Kecanggihan Drone Buatan Militer Indonesia Dilengkapi Dengan Rudal

Nah dengan seperti itu maka mental dan juga fisik kita akan terlatih dan menjadi orang yang tangguh, tidak gampang menyerah serta lebih kreatif.


Penutup

Nah, itulah 7 Tips Kuliah Sambil Kerja Agar Tak Keteteran yang bisa Anda terapkan, semoga tips kali ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Janganlupa susun niat dengan baik agar nantinya tidak goyah saat ditengah perjalanan, karena godaan dan tantangan akan sangat besar. Bak laksanaka perahu layar baru di tengah perjalanan di terpa badai, maka harus kuat sekuat baja. Dan mungkin hanya ini saja yang dapat saya tulis, janganlupa baca juga artikel yang lainnya dibawah ini, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel