Widget HTML Atas

Geografi : Pengertian, Definisi, Struktur, dan Ruang Lingkup Geografi

Mediasiana.com - Pengertian Geografi, Definisi Geografi , Struktur Geografi , dan Ruang Lingkup Geografi. Pada kesempatan ini saya akan menguraikan tentang Pengertian Geografi, Struktur Ilmu Geografi dan Ruang Lingkup Geografi. Bagi kalian para pelajar SLTP, SLTA dan juga anak Mahasiswa biasanya akan mendapatkan tugas untuk mencari pengertian Geografi serta ruang lingkup pembahasan seputar Geografi. Dalam hal ini saya akan membantu kalian dalam mempermudah menemukan bahan materi yang baik dan terpercaya, karena materi ini saya kutip dari buku Geografi langsung yang ditulis oleh K. Wardiyatmoko yang diterbitkan oleh Erlangga.

Oke, teman-teman semua bagi kalian yang sudah tidak sabar lagi untuk mengetahui Pengertian Geografi dan Ruang Lingkup Geografi silahkan simak ulasaanya berikut ini.


 Pengertian geografi dan definisi geografi


Pengertian Geografi


Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani : geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan. Secara harfiah, Geografi yang berarti tulisan tentang bumi. Akan tetapi yang dipelajari dalam geografi tidak hanya hal yang berada dipermukaan bumi tetapi juga benda-benda di ruang angkasa.

Geografi dapat didefenisikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji segala fenomena yang ada dipermukaan bumi., seperti penduduk, fauna, flora, iklim, batuan, air, dan interaksi antara fenomena-fenomena tersebut. Dengan kata lain, geografi adalah studi tentang gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan dalam lingkup interaksi dan keruangan. 


Definisi Geografi Menurut Para Ahli


Preston E. James menyatakan : "Geography has sometimes been called the mother of sciences, since many fields of learning that started with observations of the actual face of the earth turned to the study of spesifice processes wherever the might be located". Yang artinya adalah : Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang di awali dengan pengamatan permukaan bumi yang kemudian berkembang menjadi penelitian proses-proses sesifik pada tempat terjadinya.

Fred K. Schaefer menyatakan : " Geography has to be conceived as the science concerned with the formulation of the laws governing the spatial distribution of certain features on the surface of the earth". Yang artinya : Geografi harus dimaknai sebagai ilmu yang berkaitan dengan perumusan hukum-hukum yang mengatur distribusi keruangan unsur-unsur tertentu dimuka bumi.

Richard Hartshorne menyatakan : "Geography is concerned to provide accurate, orderly, and rational description and interpretation of the variable character of the Earth surface". Yang artinya : Geografi berkepentingan menyajikan deskripsi yang akurat, teratur, dan rasional serta interprestasi berbagai karakter di permukaan bumi.

Yi-Fu Tuan menyatakan : "Geography is the study of earth as the home of people". Yang artinya : Geografi adalah kajian tentang bumi sebagai tempat tinggal manusia.

Hasil seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang tahun 1988 menyatakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan lingkungan dalam konteks keruangan.


Ruang Lingkup Geografi


Secara garis besar seluruh objek kajian geografi dapat dibedakan atas dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan aspek sosial, diantara :
  1. Aspek fisik meliputi : aspek kimiawi, biologis, astronomis dan sebagainya
  2. Aspek sosial meliputi : aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.
Berdasarkan teori lingkungan hidup permukaan bumi dapat dikelompokkan menjadi tiga lingkungan, yaitu sebagai berikut :

1. Lingkungan fisik (physical environment) atau lingkungan abiotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa benda tak hidup, misalnya : Tanah, Udara, Air, dan sinar Matahari.

2. Lingkungan biologis (biological environment) atau lingkungan biotik adalah segala sesuatu disekitar manusia yang berupa makhluk hidup, seperti : Hewan, Tumbuhan, dan manusia itu sendiri.

3. Lingkungan Sosial (social environment) adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berwujud tindakan atau aktivitas manusia, baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun interaksi antarmanusia.

Ketiga lingkungan itu dapat diilusterasikan seperti gambar dibawah ini :




Berkaitan dengan teori lingkungan, William Kirk telah menyusun struktur lingkungan geografi yang digolongkan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan nonfisik. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini..!


Struktur Ilmu Geografi 


Geografi merupakan bidang ilmu yang memadukan berbagai disiplin ilmu sehingga menjadi suatu kajian yang bersifat menyeluruh. Kajian geografi meliputi aspek alami dan aspek sosial serta dapat dikelompokkan menjadi tiga cabang utama, yaitu sebagai berikut:

1. Geografi Fisik

Geografi fisik merupakan kajian terhadap dinamika planet bumi serta tema-tema dalam ilmu alam dan lingkungan alam, seperti iklim, batuan, tanah, sungai, sumber daya alam, flora dan fauna.

2. Geografi Manusia

Geografi manusia atau geografi sosial merupakan kajian terhadap kehidupan manusia, pengaruh manusia terhadap lingkungan, serta aspek-aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya di dunia.

3. Geografi Teknik

Geografi teknik adalah kajian tentang penggunaan keahlian-keahlian teknis dalam geografi, seperti pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis, untuk mempelajari bumi dan menyelesaikan berbagai masalah.

Daftar Nama-Nama Ilmu Penunjang Geografi

Untuk semakin memperjelas ruang lingkup geografi, berikut adalah beberapa disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan geografi atau merupakan cabang-cabang dari geografi.

1. Geologi

Adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruahn : kejadian, struktur, komposisi, sejarah dan proses perkembangannya.

2. Geofisika

Ilmu yang mengkaji sifat-sifat bagian dalam bumi dengan metode dan teknik fisika, seperti mengukur gelombang seismik, gravitasi, dan medan magnet bumi.

3. Meteorologi

Ilmu yang mempelajari fenomena-fenomenaatmosfer, misalnya : udara, cuaca, suhu dan angin.

4. Astronomi 

Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar angkasa : seperti bulan, bintang, planet, dan galaksi.

5. Biogeografi

Studi tentang persebaran makhluk hidup secara geografis di muka bumi.

6. Geomorfologi

Studi tentang bentuk-bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut

7. Hidrografi

Ilmu yang berhubungan dengan pengukuran serta pemetaan wilayah peraiaran seperti laut, danau dan sungai.

8. Oseanografi

Ilmu yang mempelajari lautan, misalnya sifat air laut, pasang surut, arus laut, dan morfologi dasar laut.

9. Paleontologi

Ilmu yang mengkaji tentang fosil-fosil serta bentuk-bentuk kehidupan dimasa pruba (prasejarah) yang terdapat dibawah lapisan-lapisan bumi.

10. Antropogeografi

Cabang ilmu geografi yang mempelajari penyebaran bangsa-bangsa di muka bumi dilihat dari sudut geografis. Oleh karena itu bidang ilmu ini disebut juga etnogeografi.

11. Geografi Matematis

Ilmu geografi yang berkenaan dengan perhitungan bentuk, ukuran, serta gerakan bumi : lintang dan bujur, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.

12. Geografi Sejarah

Cabang geografi yang mempelajari manusia dan geografi dari sudu sejarah dan perkembangannya.

13. Geografi Regional

Cabang geografi yang mempelajari suatau kawasan tertentu secara khusus misalnya : geografi regional Asia, geografi regional Amerika, geografi regional Australia.

14. Geografi Politik

Cabang geografi yang khusus mengkaji aspke-aspek politik suatu wilayah dari segi geografi.


Penutup

Itulah tadi penjelasan tentang Geografi : Pengertian, Definisi, Struktur, dan Ruang Lingkup Geografi. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca sekalian. Dan mungkin hanya ini saja yang dapat saya tulis, sampai jumpa dalam artikel pendidikan yang lainnya.